Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Berdasarkan Gaya Belajar V-A-K (Visual, Auditori, Kinestetik)

Authors

  • Ayu Andri Yani Universitas Jambi
  • Sofnidar Sofnidar Universitas Jambi
  • Roseli Theis Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.37630/jpm.v14i2.1541

Keywords:

Gaya Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Abstract

Gaya belajar siswa dalam mendapatkan ilmu pengetahuan memengaruhi kemampuannya ketika memecahkan masalah. kemampuan siswa tersebut tentu berbeda, dan siswa mempunyai cara yang berbeda untuk menyelesaikan masalah juga. Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan mengenai kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP berdasarkan gaya belajar V-A-K (Visual, Auditori, Kinestetik). Penelitian ini menerapkan jenis penelitian kualitatif dan pendekatan deskriptif. Serta dilaksanakan di kelas VIII C SMP N 9 Muaro Jambi dengan tahun ajaran 2023/2024 menggunakan sebanyak 6 subjek. Teknik pengumpulan data berupa tes kuesioner angket gaya belajar, tes tertulis kemampuan pemecahan masalah matematis serta wawancara. Penelitian kualitatif mencakup tahapan pra-lapangan, pekerjaan lapangan serta analisis data. Teknik analisis dalam penelitian yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian membuktikan untuk keenam subjek penelitian mempunyai kemampuan pemecahan masalah yang beragam, secara fakta bahwa masing-masing subjek penelitian menggunakan gaya belajar yang berbeda pula. Dimana subjek gaya belajar visual dan auditori mampu memecahkan permasalahan matematika dengan baik daripada subjek gaya belajar kinestetik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, R. R. D., Hendroanto, A., & Hendroanto, A. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII ditinjau dari gaya belajar. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(1), 31–41. https://doi.org/10.26877/aks.v12i1.7047

Asdamayanti, N., Nasution, E. Y. P., & Sari, M. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Madrasah Aliyah pada Materi SPLTV. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1141–1152. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2084

Darmayani, D. P., Ardiawan, Y., & Yudi, D. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 925–936. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6427

Fauziah, N. S., & Kurniasih, M. D. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Spldv Tingkat Smp Ditinjau Pada Gaya Belajar. Sigma, 7(2), 113. https://doi.org/10.53712/sigma.v7i2.1373

Hasanah, R. Z. (2021). GAYA BELAJAR (Learning Stley). Literasi Nusantara.

Imamuddin, M. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 1–154. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/jppm.v3i1.5138

Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakag) di SMPn Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 166–175. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i2.644

Nadia Ikawati, O., & Kowiyah, A. (2021). Visual, auditory, and kinesthetic learning model on the mathematics problem solving ability. Desimal: Jurnal Matematika, 4(1), 13–20. https://doi.org/10.24042/djm

Rahayu, D. V., & Afriansyah, E. A. (2015). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Melalui Model Pembelajaran Pelangi Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 29–37. http://www.e-mosharafa.org/index.php/mosharafa/article/view/mv4n1_4/201

Ramadoni, R., & Dimas, H. (2023). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dengan Gaya Belajar Siswa. Lattice Journal : Journal of Mathematics Education and Applied, 3(1), 25. https://doi.org/10.30983/lattice.v3i1.6327

Rodiah, S. N., & Wahyu, H. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Peluang Ditinjau Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 365–374. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i6.17359

Satori, D. & K. (2017). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF. Alfabeta.

Setiyadi, D. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Sekolah Dasar. JISPE: Journal of Islamic Primary Education, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.51875/jispe.v1i1.10

Sonia, E., Nurjaman, A., Hutajulu, M., Siliwangi, I., Terusan, J., Sudirman, J., Cimahi, J., & Barat, I. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Persamaan Linear Satu Variabel Pada Siswa Smp. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(4), 1087–1094. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i4.1087-1094

Syahril, R. F., Maimunah, M., & Roza, Y. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA Kelas XI SMAN 1 Bangkinang Kota Ditinjau dari Gaya Belajar. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(03), 78–90. https://doi.org/10.22437/edumatica.v11i03.15320

Downloads

Published

2024-06-01