Pengaruh Pembelajaran Diferensiasi Berbasis Masalah Berdasarkan Kesiapan Belajar Siswa terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Kelas VIII SMP

Authors

  • M. Agus Muhtadi Rohim Universitas Jambi
  • Roseli Theis Universitas Jambi
  • Khairul Anwar Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.37630/jpm.v14i2.1549

Keywords:

Pembelajaran Berdiferensiasi, Kesiapan Belajar, Pemecahan Masalah Matematis, Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini didasari oleh rendahnya kemampuan siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Jambi dalam memecahkan masalah serta terdapat perbedaan yang signifikan dalam kesiapan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pembelajaran diferensiasi yang disesuaikan dengan kesiapan belajar terhadap kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Jambi dalam memecahkan permasalahan. Metode yang digunakan ialah posttest only control group design, dengan sampel terdiri dari dua kelas yang dipilih secara random menggunakan teknik simple random sampling. Data dikumpulkan melalui lembar observasi dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis dalam bentuk soal uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya rata-rata skor posttest kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas eksperimen lebih tinggi daripada di kelas kontrol. Uji-t sampel independen menunjukkan nilai signifikansinya yakni 0,000 < 0,05. Analisis pengaruh penerapan pembelajaran berdiferensiasi berbasis masalah berdasarkan kesiapan belajar menunjukkan angka 15,02%. Berkenaan dengan itu, dapat ditarik kesimpulan bahwasannya penerapan pembelajaran diferensiasi berbasis masalah berdasarkan kesiapan belajar siswa memiliki dampak signifikan terhadap kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Jambi dalam memecahkan permasalahan matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amam, A. (2017). PENILAIAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP. TEOREMA. https://doi.org/10.25157/.v2i1.765

D. Irdhina, I. Rahma Suwarma, Anggraeni, M. Purba, N. Purnamasari, Y. S. (2021). Model Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (M. F. Anggraeni, M. Purba (ed.); 1st ed.).

Fitriani, D., Rahman, F. R., Fauzi, A. D., Salamah, A. U., & Saefullah, A. (2021). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DIFERENSIASI BERDASARKAN ASPEK KESIAPAN BELAJAR MURID DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1–12.

Isrotun, U. (2022). Upaya Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. 2 St Proceeding STEKOM, 2022(1).

Jalaluddin, N. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN P R O B L E M B A S E D L E A R N I N G (PBL) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI SPLDV KELAS VIII SMP NEGERI 1 MATAKALI. Peqguruang: Conference Series, 1(2), 50–54. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.35329/jp.v1i2.551

Kristiani, H., Susanti, E. I., Purnamasari, N., Purba, M., Saad, M. Y., & Anggaeni. (2021). Model Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi.

Mariam, S., Nurmala, N., Nurdianti, D., Rustyani, N., Desi, A., & Hidayat, W. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTsN Dengan Menggunakan Metode Open Ended Di Bandung Barat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 178–186. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.94

Mumpuniarti, Mahabbati, A., & Handoyo, R. R. (2023). Diferensiasi pembelajaran (1st ed.). UNY Press.

Purba, M., Purnamasari, N., Soetantyo, S., Suwarma, I. R., & Susanti, E. I. (2021). Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi ( Differentiated Instruction ).

Rahayu, D. V., & Afriansyah, E. A. (2015). Matematik Siswa Melalui Model Pembelajaran Pelangi Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 29–37. http://www.e-mosharafa.org/index.php/mosharafa/article/view/mv4n1_4/201

Rahima, S., Zulkarnaen, & Chrisnawati, Z. (2020). Analisis Karakteristik Peserta Didik Untuk Mencapai Pembelajaran Bermakna Kelas X-6 Sma Negeri 1 Samarinda. Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 63–68.

Rosidah, R., Wasonowati, T., Redjeki, T. *, Sri, D., & Ariani, R. D. (2014). Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Pada Pembelajaran Hukum - Hukum Dasar Kimia Ditinjau Dari Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Ipa Sma Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia, 3(3), 66–75. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/4244

Siburian, R., Simanjuntak, S. D., Simorangkir, F. M., Kunci Pembelajaran Diferensiasi, K., & Pemecahan Masalah, K. (2019). Penerapan Pembelajaran Diferensiasi dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Pembelajaran Daring. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(2), 1–3. http://journal.uny.ac.id/index.php/jrpmhttps://doi.org/10.21831/jrpm.v7i1.000000

Simatupang, R., Napitupulu, E., & Asmin, A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self-Efficacy Siswa Pada Pembelajaran Problem Based Learning. Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 29–39. https://doi.org/10.24114/paradikma.v13i1.22944

Syamsidah, & Suryani, H. (2018). Buku Model Peoblem Based Learning (PBL). Buku, 1–92.

Yarmayani, A. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Xi Mipa Sma Negeri 1 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 6(2), 12–19.

Yusri, A. Y. (2018). P ENGARUH M ODEL P EMBELAJARAN P ROBLEM B ASED L EARNING TERHADAP K EMAMPUAN P EMECAHAN M ASALAH M ATEMATIKA. 7, 51–62.

Downloads

Published

2024-06-05