Peran Media Pembelajaran Komik Edukasi dalam Pembelajaran IPA: A Narrative Literature Review
DOI:
https://doi.org/10.37630/jpm.v14i2.1551Keywords:
Komik Edukasi, Pembelajaran IPA, Narative Literature ReviewAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengkajian dan menganalisis mengenai peran komik edukasi yang diterapkan pada pembelajaran IPA, sehingga peneliti memiliki referensi yang berkaitan dengan pengembangan dan penerapan komik dalam pembelajaran IPA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode literature review dengan jenis narrative literature review. Pada penelitian ini terbagi ke dalam dua tahapan, yaitu dengan mengumpulkan data dan menganalisis data. Untuk pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan 25 artikel dengan terbitan 10 tahun terakhir dan melakukan seleksi sesuai dengan topik yang dibutuhkan. Analisis data dengan melakukan kategorisasi berdasarkan topik yaitu peran komik edukasi dalam pembelajaran IPA pada jenjang SD, SMP, dan SMA. Hasil narrative literature review menunjukkan bahwa penggunaan media komik dalam pembelajaran IPA di SD memiliki peran yang positif yaitu dapat memudahkan pemahaman konsep pada siswa mengenai pembelajaran IPA dimana komik menggabungkan teks dan gambar sehingga pemahaman konsep-konsep IPA yang mungkin sulit dipahami oleh siswa dapat terbantu dibandingkan jika hanya menggunakan teks saja. Selanjutnya, dengan menggunakan media komik pada pembelajaran IPA di SMP menunjukkan bahwa komik terbukti mampu meningkatkan beberapa kemampuan pada siswa. Kemampuan yang dimaksud seperti berpikir kreatif, berpikir kritis, literasi sains. Selanjutnya, media komik yang digunakan pada pembelajaran IPA (fisika, biologi, dan kimia) di SMA terbukti sangat berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa dan hasil belajar siswa.
Downloads
References
Arsyad. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Akcanca, N. (2020). AN ALTERNATIVE TEACHING TOOL IN SCIENCE EDUCATION : International Online Journal of Education and Teaching (IOJET), 7(4), 1550–1570.
Cholisoh, E. (2021). Penerapan Media Komik Sains untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Gejala Pemanasan Global di SMA Negeri 10 Bandung. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 6(1), 36. https://doi.org/10.33394/jtp.v6i1.3603
Damayanti, K. (2019). Pengaruh komik kimia berbasis pendekatan inkuiri terhadap hasil belajar tata nama senyawa peserta didik SMA. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Damopolii, I. (2017). Membumikan Karya dan Inovasi MIPA untuk Indonesia Maju. PROSIDING SIMPOSIUM NASIONAL MIPA 2017, 134–137.
Damopolii, I., & Nunaki, J. H. (2016). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK IPA TERPADU MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA. Pancaran, 5(3), 61–70.
Fanani, M. A. (2023). The Urgency of Facilities and Infrastructure in Improving the Quality of High School Education. Journal of Insan Mulia Education, 1(2), 38–44. https://doi.org/10.59923/joinme.v1i2.6
Fatimah, F., & Widiyatmoko, A. (2014). PENGEMBANGAN SCIENCE COMIC BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA TEMA BUNYI DAN PENDENGARAN UNTUK SISWA SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 95–101.
Filjinan, S. K., Supeno, & Rusdianto. (2022). PENGEMBANGAN E-KOMIK INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN IPA. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 5(2), 125–129. https://doi.org/10.31764
Hosler, J., & Boomer, K. B. (2011). Are Comic Books an Effective Way to Engage Nonmajors in Learning and Appreciating Science? CBE Life Sciences Education, 10(3), 309–317. https://doi.org/10.1187/cbe.10-07-0090
Johana, M. (2007). Komik Sebagai Media Pengajaran Bahasa Yang Komunikatif Bagi Siswa Smp. Lembaran Ilmu Kependidikan, 36(1), 28–34.
Koutníková, M. (2017). Acta Educationis Generalis The Application of Comics in Science Education Acta Educationis Generalis. Acta Educationis Generalis, 7(3), 88–98. https://doi.org/10.1515/atd-2017-0026
Lubis, H. Z., & Hasanah, R. (2016). PENGGUNAAN MEDIA KOMIK MELALUI METODE LEARNING STARTS WITH A QUESTION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan Dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar), 589–593.
Mutia, D. I. (2020). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA MATERI HUKUM NEWTON DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KOMIK PADA SISWA KELAS X MIPA 1 SMA NEGERI 2 SIGLI TAHUN 2018/2019. Jurnal Real Riset, 2(2), 1–9.
Nengsi, S. N. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM BENTUK KOMIK PADA MATERI FOTOSINTESIS UNTUK SMP KELAS VIII. Jurnal Ipteks Terapan, 11(1), 99. https://doi.org/10.22216/jit.2017.v11i1.490
Ni’mah, S. N., & Noor, F. M. (2023). Development of Ethnoscience-Based Science Learning Module Oriented Science Process Skills of Students. Journal of Insan Mulia Education, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.59923/joinme.v1i1.3
Nugraha, D. A. (2020). PENGEMBANGAN KOMIK KIMIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CET (CHEMO-EDUTAINMENT). Chemistry in Education, 9(2), 1–7.
Nurcahyani, H. (2023). Penelitian Strategi Pengembangan Koleksi Di Perpustakaan Pada Google Scholar: Sebuah Narrative Literature Review. Jurnal Pustaka Budaya, 10(1), 2442–7799.
Nurlatifah, N., Juanda, A., & Maryuningsih, Y. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Sains Yang Disertai Foto Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Smpn 2 Sumber Pada Pokok Bahasan Ekosistem. Jurnal Scientiae Educatia, 5(2), 1–13.
Nurvianti, I. (2018). Penggunaan Komik pada Pembelajaran Fluida Statis di Kelas XI Ipa SMA Negeri 2 Kota Jambi Tahun 2017. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9(1), 59. https://doi.org/10.26877/jp2f.v9i1.2124
ÖZDEMİR, E. (2017). Humor in Elementary Science : Development and Evaluation of Comic Strips about Sound. International Electronic Journal of Elementary Education, 9(4), 837–850.
Pratiwi, D. kartika P., & Sudibyo, E. (2018). Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Komik Pada Materi Gerak Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa SMP Kelas VIII. Pendidikan Sains, 6(02), 290–295.
Purwanto, A., & Widodo, W. (2022). ANALISIS KEEFEKTIFAN KOMIK EDUKASI TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA. PENSA E-JURNAL : PENDIDIKAN SAINS, 10(2), 208–213.
Puspananda, D. R. (2022). Studi Literatur: Komik Sebagai Media Pembelajaran Yang Efektif. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama), 9(1), 85–91.
Putri, D. A., Rohmanurmeta, F. M., & Hadi, F. R. (2023). Manfaat Media Komik Digital Sebagai Upaya Pemberdayaan Keterampilan Berpikir Kritis Abad 21 Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar Peran Pendidikan Dasar Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Era 5., 4, 898–901.
Ramdhani, S. I., Magfirah, N., & Hambali, H. (2020). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOMIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI VIRUS KELAS X DI SMA NEGERI 2 GOWA. L Vol.3 No.1 Maret 2020 PENGARUH, 3(1), 15–25. https://doi.org/10.1016/j.fcr.2017.06.020
Safarati, N., & Marlina, J. (2023). MEDIA KOMIK DALAM PEMBELAJARAN IPA. Jurnal Genta Mulia, 14(2), 369–379.
Saputro, A. D. (2017). Holistik Peran Media Pembelajaran Komik Sains dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Pendidikan Dasar. Holistik, 2(1), 69–80.
Sari, N. (2018). Pengembangan Media Komik Ipa Model Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Aspek Kognitif Peserta Didik Smp. Jurnal Elementary, 1(1), 5. https://doi.org/10.31764/elementary.v1i1.138
Sedana Putra, I. G. A., & Semara Putra, D. K. N. (2021). Komik Pendidikan Berorientasi Children Learning in Science Pada Muatan IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 81. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.32434
Siregar, A., & Irmawati Siregar, D. (2021). ANALISIS EVALUASI PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL PADA MATA PELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR. Jurnal Sistem Informasi, 2(1), 114.
Spiegel, A. N., McQuillan, J., Halpin, P., Matuk, C., & Diamond, J. (2014). Engaging Teenagers with Science Through Comics. NIH Public Access, 43(6), 1–22. https://doi.org/10.1007/s11165-013-9358-x.Engaging
Sumarni, R. A., & Kumala, S. A. (2024). Analysis of Learning Media Needs for Physics of Motion Course Based on Android Platform. Journal of Insan Mulia Education, 2(1), 26–30. https://doi.org/10.59923/joinme.v2i1.92
Syaflita, D., Siregar, H. M., & Arif, M. (2021). Studi Kepustakaan: Peran Komik Dalam Membangun Pengetahuan Bencana Dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 6(2), 235–243. https://doi.org/10.34125/kp.v6i2.638
Tyas, M. W., Wahyuni, S., & Yushardi. (2015). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA BERUPA KOMIK EDUKASI PADA POKOK BAHASAN OBJEK IPA DAN PENGAMATANNYA DI SMP. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 32–37.
Ulhaq, dr. Z. S. (2018). Panduan Penulisan Skripsi : Literatur Review. Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical, 44(8), 32.
Widyawati, A., & Prodjosantoso, A. K. (2015). Pengembangan Media Komik Ipa Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Peserta Didik Smp. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(1), 24. https://doi.org/10.21831/jipi.v1i1.4529
Wulandari, D., Rejekiningsih, T., & Santosa, E. B. (2023). Analisis Kebutuhan Media Komik Digital untuk Meningkatkan Literasi Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar di Bojonegoro. Jurnal On Education, 06(01), 8854–8865.
Zahra, N. A., & Nana. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK FISIKA MODEL POE2WE PADA POKOK PEMBAHASAN HUKUM NEWTON. PREPRINTS, 27(2), 58–66.
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.