Pengembangan LKPD dengan Heyzine Berbasis Pendekatan STEM pada Materi Jaring-jaring Kubus dan Balok Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.37630/jpm.v14i2.1552Keywords:
LKPD, Heyzine, STEM, Jaring-jaring Kubus dan BalokAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, menguji validitas dan praktikalitas LKPD (Lembar Kerja Siswa) dengan heyzine berbasis pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) pada materi jaring-jaring kubus dan jaring-jaring balok kelas V sekolah dasar. Pendekatan STEM dipilih untuk menanamkan pemahaman siswa melalui pengintegrasian berbagai disiplin ilmu yang relevan. Metode penelitian ini menggunakan penelitian research and develoment (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek penelitian adalah siswa kelas V sekolah dasar di kota Samarinda. Hasil data yang didapat dari validasi ke validator ahli sebesar 90% melalui rincian valiator bahasa 85%, validator materi 94% dan validator media 91% dengan kategori kevalidan “Sangat Valid”. Pengujian kepraktisan LKPD menggunakan angket respon guru dan siswa. LKPD dengan heyzine memperoleh respon yang baik ditunjukkan dengan perolehan persentase anget respon yang diperoleh yaitu 95% dari respon guru dan 92% dari respon siswa. Berdasarkan hasil yang diperoleh, LKPD dengan heyzine berbasis pendekatan STEM pada materi jaring-jaring kubus dan jaring-jaring balok memenuhi kriteria valid dan praktis digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Downloads
References
Auwaliyah, H. M., Sahrina, A., Soekamto, H., & Masruroh, H. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Heyzine Flipbook Materi Mitigasi Bencana Untuk Siswa Kelas Xi Ips Sman 1 Singosari. Jurnal Geografi, 12(1), 40–55. https://doi.org/10.24036/geografi/vol12-iss1/3423
Farhana, F., Suryadi, A., & Wicaksono, D. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Digital Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Di Smk Atlantis Plus Depok. Instruksional, 3(1), 1. https://doi.org/10.24853/instruksional.3.1.1-17
Gumilar, E. B., & Permatasari, K. G. (2024). Application of Games-Based Mathematics Learning in the Preschool-Elementary Transition. Journal of Insan Mulia Education, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.59923/joinme.v2i1.78
Guspatni, G. (2019). Pengenalan Dan Pengembangan E-Modul Bagi Guru- Guru Sman 2 Padang Panjang. Pelita Eksakta, 2(2), 130. https://doi.org/10.24036/pelitaeksakta/vol2-iss2/56
Hanan, M. P., & Alim, J. A. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar Pada Materi Geometri. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 2(2), 59–66. https://doi.org/10.58917/ijme.v2i2.64
Hasanah, H. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis STEM Pada Materi Bangun Ruang. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(1), 91–100. https://doi.org/10.31960/ijolec.v3i1.582
Hidayati, P., Safrizal, S., & Fadriati, F. (2023). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 46–58. https://doi.org/10.19109/limas_pgmi.v4i1.15855
Karmila Nur Safitri, Tri Wahyuningsih, Erna Suhartini, Yudo Dwiyono, & Andi Asrafiani Arafah. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis STEM Materi Siklus Air pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(4), 1031–1037. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i4.729
Kosasih. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Bumi Aksara.
Mahjatia, N., Susilowati, E., & Miriam, S. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis STEM untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Inkuiri Terbimbing. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(3), 139. https://doi.org/10.20527/jipf.v4i3.2055
Manzil, E. F., Sukamti, S., & Thohir, M. A. (2022). Pengembangan E-Modul Interaktif Heyzine Flipbook Berbasis Scientific Materi Siklus Air Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 31(2), 112. https://doi.org/10.17977/um009v31i22022p112
Nabila Nur Annisa, Erna Suhartini, Muhammad Ramli Buhari, & Andi Asrafiani Arafah. (2023). Pengembangan LKPD IPA Berbasis STEM pada Tema 1 Indahnya Kebersamaan Materi Bunyi Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(1), 170–176. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i1.800
Nuraisyah, N., & Nurjannah, N. (2023). Supervision of Class Visits By The Principal in Developing Teacher Competencies at SDIT Makassar Islamic School Baruga. Journal of Insan Mulia Education, 1(2), 65–74. https://doi.org/10.59923/joinme.v1i2.50
Pebriani, C., & Zainil, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Powtoon Pada Materi Penyajian Data di Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 5(1), 2250–2253.
Rachmat Rizaldi, Syahwin, S., & Uswatun Hasanah. S. (2023). Praktikalitas e-Modul Praktikum Fisika SMA Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(4), 1030–1037. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i4.1275
Rachmat Rizaldi, Syahwin, S., & Uswatun Hasanah.S. (2023). Validitas E-Modul Praktikum Fisika SMA Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(2), 322–328. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i2.931
Shofiyah Qonitah, Liska Berlian, & Lulu Tunjung Biru. (2022). Validitas E-LKPD Berbasis PBL Tema Energi dan Makanan dalam Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(3), 443–454. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.636
Sudarsono. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika melalui Pembelajaran STEM. Jurnal Pendidikan MIPA, 14(Maret), 812–817.
Sugiono. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development (S. yulistiani Suryandari (ed.)). ALAFABETA.
Viodelf, M. M. (2022). PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS STEM PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII SMP/MTs. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 11(1), 87–92. https://doi.org/10.24036/pmat.v11i1.13216
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.