Pengembangan LKPD dengan Heyzine Berbasis Pendekatan STEM pada Materi Jaring-jaring Kubus dan Balok Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Wuland Suryaningsih Universitas Mulawarman
  • Sukriadi Sukriadi Universitas Mulawarman
  • Andi Asrafiani Arafah Universitas Mulawarman
  • Muhlis Muhlis Universitas Mulawarman
  • Hety Diana Septika Universitas Mulawarman
  • Rosita Putri Rahmi Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.37630/jpm.v14i2.1552

Keywords:

LKPD, Heyzine, STEM, Jaring-jaring Kubus dan Balok

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, menguji validitas dan praktikalitas LKPD (Lembar Kerja Siswa) dengan heyzine berbasis pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) pada materi jaring-jaring kubus dan jaring-jaring balok kelas V sekolah dasar. Pendekatan STEM dipilih untuk menanamkan pemahaman siswa melalui pengintegrasian berbagai disiplin ilmu yang relevan. Metode penelitian ini menggunakan penelitian research and develoment (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek penelitian adalah siswa kelas V sekolah dasar di kota Samarinda. Hasil data yang didapat dari validasi ke validator ahli sebesar 90% melalui rincian valiator bahasa 85%, validator materi 94% dan validator media 91% dengan kategori kevalidan “Sangat Valid”. Pengujian kepraktisan LKPD menggunakan angket respon guru dan siswa. LKPD dengan heyzine memperoleh respon yang baik ditunjukkan dengan perolehan persentase anget respon yang diperoleh yaitu 95% dari respon guru dan 92% dari respon siswa. Berdasarkan hasil yang diperoleh, LKPD dengan heyzine berbasis pendekatan STEM pada materi jaring-jaring kubus dan jaring-jaring balok memenuhi kriteria valid dan praktis digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Auwaliyah, H. M., Sahrina, A., Soekamto, H., & Masruroh, H. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Heyzine Flipbook Materi Mitigasi Bencana Untuk Siswa Kelas Xi Ips Sman 1 Singosari. Jurnal Geografi, 12(1), 40–55. https://doi.org/10.24036/geografi/vol12-iss1/3423

Farhana, F., Suryadi, A., & Wicaksono, D. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Digital Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Di Smk Atlantis Plus Depok. Instruksional, 3(1), 1. https://doi.org/10.24853/instruksional.3.1.1-17

Gumilar, E. B., & Permatasari, K. G. (2024). Application of Games-Based Mathematics Learning in the Preschool-Elementary Transition. Journal of Insan Mulia Education, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.59923/joinme.v2i1.78

Guspatni, G. (2019). Pengenalan Dan Pengembangan E-Modul Bagi Guru- Guru Sman 2 Padang Panjang. Pelita Eksakta, 2(2), 130. https://doi.org/10.24036/pelitaeksakta/vol2-iss2/56

Hanan, M. P., & Alim, J. A. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar Pada Materi Geometri. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 2(2), 59–66. https://doi.org/10.58917/ijme.v2i2.64

Hasanah, H. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis STEM Pada Materi Bangun Ruang. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(1), 91–100. https://doi.org/10.31960/ijolec.v3i1.582

Hidayati, P., Safrizal, S., & Fadriati, F. (2023). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 46–58. https://doi.org/10.19109/limas_pgmi.v4i1.15855

Karmila Nur Safitri, Tri Wahyuningsih, Erna Suhartini, Yudo Dwiyono, & Andi Asrafiani Arafah. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis STEM Materi Siklus Air pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(4), 1031–1037. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i4.729

Kosasih. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Bumi Aksara.

Mahjatia, N., Susilowati, E., & Miriam, S. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis STEM untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Inkuiri Terbimbing. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(3), 139. https://doi.org/10.20527/jipf.v4i3.2055

Manzil, E. F., Sukamti, S., & Thohir, M. A. (2022). Pengembangan E-Modul Interaktif Heyzine Flipbook Berbasis Scientific Materi Siklus Air Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 31(2), 112. https://doi.org/10.17977/um009v31i22022p112

Nabila Nur Annisa, Erna Suhartini, Muhammad Ramli Buhari, & Andi Asrafiani Arafah. (2023). Pengembangan LKPD IPA Berbasis STEM pada Tema 1 Indahnya Kebersamaan Materi Bunyi Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(1), 170–176. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i1.800

Nuraisyah, N., & Nurjannah, N. (2023). Supervision of Class Visits By The Principal in Developing Teacher Competencies at SDIT Makassar Islamic School Baruga. Journal of Insan Mulia Education, 1(2), 65–74. https://doi.org/10.59923/joinme.v1i2.50

Pebriani, C., & Zainil, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Powtoon Pada Materi Penyajian Data di Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 5(1), 2250–2253.

Rachmat Rizaldi, Syahwin, S., & Uswatun Hasanah. S. (2023). Praktikalitas e-Modul Praktikum Fisika SMA Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(4), 1030–1037. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i4.1275

Rachmat Rizaldi, Syahwin, S., & Uswatun Hasanah.S. (2023). Validitas E-Modul Praktikum Fisika SMA Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(2), 322–328. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i2.931

Shofiyah Qonitah, Liska Berlian, & Lulu Tunjung Biru. (2022). Validitas E-LKPD Berbasis PBL Tema Energi dan Makanan dalam Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(3), 443–454. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.636

Sudarsono. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika melalui Pembelajaran STEM. Jurnal Pendidikan MIPA, 14(Maret), 812–817.

Sugiono. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development (S. yulistiani Suryandari (ed.)). ALAFABETA.

Viodelf, M. M. (2022). PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS STEM PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII SMP/MTs. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 11(1), 87–92. https://doi.org/10.24036/pmat.v11i1.13216

Downloads

Published

2024-06-06