Pengembangan KEBANTAR (Keliling Bangun Datar) Sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Kodular Creator di Kelas V SD

Authors

  • Aulia Rachma Universitas Mulawarman
  • Andi Asrafiani Arafah Universitas Mulawarman
  • Sukriadi Sukriadi Universitas Mulawarman
  • Muhammad Ramli Buhari Universitas Mulawarman
  • Muhlis Muhlis Universitas Mulawarman
  • Hety Diana Septika Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.37630/jpm.v14i2.1553

Keywords:

Media Pembelajaran Matematika, Kodular Creator, Keliling Bangun Datar

Abstract

Permasalahan yang sering terjadi dalam pembelajaran matematika adalah siswa kesulitan dalam menghafalkan rumus dan mengaplikasikannya ke dalam soal, oleh karena itu dikembangkannya media pembelajaran yang memanfaatkan kemajuan teknologi. Media pembelajaran dikemas menggunakan aplikasi yang dioperasikan menggunakan handphone. Media tersebut dapat menampilkan video, materi, soal dengan keunggulan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Diharapkan media Kebantar dapat menarik minat dan membantu siswa mengatasi kesulitan dalammpembelajaran matematika terutama pada materi keliling bangun datar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pengembangan, kevalidan, dan kepraktisan media Kebantar berbasis kodular creator serta diperkuat dengan dilakukannya pre-test dan post-test. Metode yang digunakan dalam riset ini yaitu metode Research and Development dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas V-C SDN 007 Sungai Kunjang. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini masuk ke dalam kategori “sangat valid” yaitu sebesar 91,25% dari ahli media, 84% dari ahli materi, dan 94,1% dari ahli bahasa. Selanjutnya hasil yang diperoleh dari hasil respon guru dan siswa yang masuk ke dalam kategori “sangat praktis”, hasil respon guru sebesar 94,54%, 92,26% dari respon siswa skala kecil, dan 94,3% dari hasil respon siswa skala besar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media Kebantar yang dikembangkan valid dan praktis, sehingga cocok untuk digunakan oleh siswa dalam pembelajaran materi keliling bangun datar di SD.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andi Asrafiani Arafah, Sukriadi, S., & Auliaul Fitrah Samsuddin. (2023). Implikasi Teori Belajar Konstruktivisme pada Pembelajaran Matematika. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(2), 358–366. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i2.946

Belva Saskia Permana, Lutvia Ainun Hazizah, & Yusuf Tri Herlambang. (2024). Teknologi Pendidikan: Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Di Era Digitalisasi. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(1), 19–28. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i1.2702

Ferdiansyah, H., Zulkifli N, Syamsunir, Kamal, & Anwar, Muh. A. (2022). Pembelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital: Sebuah Pengembangan Media pada Sekolah Kejuruan (1st ed.). Penerbit Adab.

Fitriani, R. N. (2022). Pengembangan BARUDA Menggunakan Kodular Untuk Pembelajaran Dengan Pendekatan Problem Solving Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar SMP. Wilangan: Jurnal Inovasi Dan Riset Matematika, 3(4), 1–7. http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v3i4.15216

Hidayat, T. dan Y. Z. (2023). Pembuatan Aplikasi Matematika Berbasis Android Menggunakan Kodular Sebagai Alat Bantu Pembelajaran. ICT Learning, 7(1), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.33222/ictlearning.v7i1.2916

Hilir, A. (2021). Pengembangan Teknologi Pendidikan: Peranan Pendidik Dalam Menggunakan Media Pembelajaran . Lakeisha .

Manurung, L. A., Alfatih Atsil, R., Raihan, M. S., Studi, P., & Informasi, S. (2024). Perancangan Aplikasi Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Kantor. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.12771

Marisa, U., Yulianti, & Hakim, A. R. (2020). Pengembangan E-Modul Berbasis Karakter Peduli Lingkungan di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 4(1), 323–330.

Meling, M., Pendidkan, M., Sekolah, G., Universitas, D., & Wacana, K. S. (2019). Indonesian Journal of Primary Education Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. © 2019-Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20–28.

Okpatrioka. (2023). Research And Development (R&D) Penelitian Yang Inovatif Dalam Pendidikan. DHARMA ACARIYA NUSANTARA : Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 86–100. https://doi.org/10.47861/jdan.v1i1.154

Permatasari, N. M., Effendi, Moh. M., & Azmi, R. D. (2023). Development of Codular-Assisted Android-Based Mathematics Media to Increase Student Motivation and Learning Outcomes. JTAM (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika), 7(2), 489–497. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jtam.v7i2.13521

Ramadani, D. M. M. dan A. S. (2022). Pengembangan Media Pop Up Book untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Kelas III SD Negeri 69 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa , 2(2), 1–16. https://repository.bbg.ac.id/handle/1395

Ramdhani, E. P., Khoirunnisa, F., Asti, N., Siregar, N., Raja, M., Haji, A., & Riau, K. (2020). EFEKTIFITAS MODUL ELEKTRONIK TERINTEGRASI MULTIPLE REPRESENTATION PADA MATERI IKATAN KIMIA. In Journal of Research and Technology (Vol. 6, Issue 1). https://doi.org/https://doi.org/10.55732/jrt.v6i1.152

Riduwan, & Sunarto. (2015). Pengantar Statistika Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis . ALFABETA.

Risal, Z., Rachman Hakim, & Aminol Rosid Abdullah. (2022). Metode Penelitian dan Pengembangan: Research and Development (R&D) Konsep, Teori, dan Desain Penelitian (Z. R. Bahar, Ed.; 1st ed.). CV Literasi Nusantara Abadi .

Ronaldo & Ardoni. (2020). PEMBUATAN APLIKASI MOBILE “WONDERFUL OF MINANGKABAU” SEBAGAI GUDANG INFORMASI PARIWISATA DI SUMATERA BARAT MELALUI WEBSITE KODULAR Ronaldo Ardoni. http://infobibliotheca.ppj.unp.ac.id

Sevtia, A. F., Taufik, M., & Doyan, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Google Sites untuk Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Konsep dan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1167–1173. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.743

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan: Research and Development (4th ed.). Alfabeta.

Downloads

Published

2024-06-13