Pengaruh Penggunaan KIT IPA terhadap Keterampilan Literasi dan Proses Sains Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.37630/jpm.v14i2.1561Keywords:
Mahasiswa PGSD, Keterampilan Literasi Sains, KIT IPA, Proses SainsAbstract
Terjadi kesenjangan kompetensi guru sekolah dasar dalam menggunakan Komponen Instrumen Terpadu (KIT) IPA yang mengakibatkan rendahnya efektivitas penggunaan KIT. Kesenjangan tersebut dapat diatasi dengan mempersiapkan calon guru yang lebih kompeten dan mampu mengintegrasikan KIT IPA secara efektif dalam proses pembelajaran dan memiliki kompetensi literasi dan proses sains, sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di masa depan. Untuk itu, menjawab terbatasnya studi yang meninjau pengaruh kompetensi penggunaan KIT dengan literasi dan proses sains, maka tujuan studi ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan KIT IPA terhadap kemampuan literasi dan proses sains mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Muhammadiyah Makassar. Studi ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu dengan desain one group pretest-posttest design. Melibatkan 37 mahasiswa dalam mata kuliah percobaan KIT IPA. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif dan uji wilcoxon berbantukan software SPSS karena data tidak berdistribusi normal dan homogen. Pengambilan keputusan ditunjukan pada nilai probabiliti. Hasil penelitian menunjukkan nilai probabiliti data hasil pretest-posttest sebesar 0,000 atau kurang dari 0,05 (0,000<0,05), berarti menolak H0 maka terdapat perbedaan antara nilai pretest dan postest setelah diberikan perlakuan penggunaan KIT IPA pada mahasiswa PGSD. Hal tersebut memberi informasi bahwa terdapat pengaruh penggunaan KIT IPA terhadap kemampuan literasi dan proses sains mahasiswa Unismuh Makassar. Implikasi studi menghasilkan penggunaan KIT IPA dapat menjadi mata kuliah wajib bagi mahasiswa agar meningkatkan kemampuan penggunaan KIT IPA hingga kemampuan merancang KIT sederhana.
Downloads
References
Amran, M., & Muslimin, M. (2017). Peningkatan Hasil Belajar dengan Menggunakan Media KIT IPA di SD Negeri Mapala Makassar. Jurnal Office, 3(1), 66. https://doi.org/10.26858/jo.v3i1.3465
Anggraeni, D. M., Kaleka, Y. U., & Garung, E. R. (2021). Pelatihan Penggunaan KIT untuk Meningkatkan Kemampuan Membimbing pada Praktikum Fisika Dasar bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika STKIP Weetebula. Unram Journal of Community Service, 2(2), 38–44. https://doi.org/10.29303/ujcs.v2i2.35
Asiah, D. N., Sabri, T., & Djuzairoh, S. (2014). Pengaruh pemanfaatan media KIT IPA terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 31 pontianak. JPPK: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(4), 1–13. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i4.5232
Atun, S., & Latupeirisa, V. P. S. (2021). Science KIT Teaching Aid for the Earthquake in Improving Students’ Collaboration Skills and Creative Thinking in Junior High School. European Journal of Educational Research, 10(1), 187–197. https://doi.org/10.12973/EU-JER.10.1.187
Desimarlina, Y., Juniati, N., Ajizah, E., & Jamaluddin. (2021). Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran IPA Biologi pada Materi Virus di SMA Muhammadiyah Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2), 60–67. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.655
Desriani, S., Alpusari, M., & Antosa, Z. (2019). Penerapan Model Contextual teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Aktivitas dalam Pembelajaran IPA Siswa Kelas IIIB SD Negeri 191 Pekanbaru. Jurnal Tunjuk Ajar, 2(1), 55–66. https://doi.org/https://doi.org/10.31258/jta.v2i1.55-65
E. Triani, Darmaji, & Astalini. (2023). Identifikasi Keterampilan Proses Sains Dan Kemampuan Berargumentasi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 13(1), 9–16. https://doi.org/10.23887/jppii.v13i1.56996
Faizah, L. N., Marmoah, S., & Hadiyah, H. (2020). Analisis permasalahan praktikum pada pembelajaran IPA kelas V di MI. Didaktika Dwija Indria, 9(1), 1–5. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/ddi.v9i1.49898
Fajriah, I., Marjono, & Dwiastuti, S. (2017). Peningkatan Keterampilan Proses Sains melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing di Kelas XI MIA 2 SMA Negeri Colomadu Karanganyar. BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi, 10(2), 63–67. http://dx.doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v10i2.12566
Faqih, A. (2015). Optimalisasi Pemanfaatan Kit-IPA PGSD untuk Peningkatan Keterampilan Proses Sains pada Pelaksanaan Tutorial Praktikum IPA di SD. Widyagogik Jurnal Pendidikan Dan Pembeloajaran Sekolah Dasar, 2(2), 15. https://doi.org/10.21107/widyagogik.v3i1.2645
Fauziah, S. R., Sutisnawati, A., Nurmeta, I. K., & Hilma, A. (2022). Pengaruh Metode Eksperimen Berbantuan Media Kit Ipa Terhadap Kemampuan Literasi Sains Dan Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 457–467. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2283
Hariandi, J., Sitompul, S. S., & Habellia, R. C. (2023). Analisis Profil Keterampilan Proses Sains Peserta Didik pada Materi Suhu dan Pemuaian. Jurnal Pendidikan Pembelajaran Khatulistiwa, 12(5), 1323–1328. https://doi.org/10.26418/jppk.v12i5
Hayu, W. R. R., Ambarwati, S., Mawardini, A., Suherman, I., & Prasetyo, T. (2023). Analysis of the Functions of KIT IPA to Support the Independent Curriculum in SDN 1 Cicadas, Bogor Regency. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2), 169–175. https://doi.org/10.30997/dt.v10i2.9756
Ismail, N. (2016). Pemanfaatan Media Kit Oleh Guru Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 4 Kota Singkawang. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 1(1), 16. https://doi.org/10.26737/jipf.v1i1.55
Januaris Pane, & Bajongga Silaban. (2021). Pelatihan Penggunaan Kit Ipa Bagi Guru Dan Siswa Smp N 32 Medan. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 233–238. https://doi.org/10.53625/jabdi.v1i3.114
Jumania, Irawan, B., & Nuzullah, A. (2019). Profil Keterampilan Proses Sains Siswa dalam Pembelajaran IPA Kelas VIII Di SMP Negeri 8 Tanjungpinang. Pedagogi Hayati, 3(1), 8–13. https://doi.org/10.31629/ph.v3i1.1340
Mahmudah, L. (2017). Pentingnya Pendekatan Keterampilan Proses Pada Pembelajaran Ipa Di Madrasah. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 4(1). https://doi.org/10.21043/elementary.v4i1.2047
Masloman, F., Suriani, N. W., Rungkat, J. A., Komansilan, A., & Wola, B. R. (2023). Jurnal Pendidikan MIPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(3), 717–728. https://doi.org/https://doi.org/10.37630/jpm.v13i3.1159 Keterampilan
Pramesty, R. I., & Prabowo, P. (2019). Pengembangan Alat Peraga KIT Fluida Statis Sebagai Media Pembelajaran pada Sub Materi Fluida Statis di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Mojosari, Mojokerto. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 02(03), 70–74.
Prasetyowati, R., Katriani, L., NM, R. S., & Ariswan. (2018). Pelatihan Penggunaan Alat KIT IPA SMP bagi Guru-Guru IPA SMP se-Kecamatan Kalasan Kabupaten Sleman untuk Mendukung Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013. J. Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan MIPA, 2(2), 100–103.
Rizaldi, D. R., Harwati, K., Fatimah, Z., & Makhrus, M. (2020). Pembuatan KIT Sederhana Rangkaian Listrik Dinamis Sebagai Produk Akhir Pada Mata Kuliah Praktikum IPA. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 1(2). https://doi.org/10.29303/goescienceedu.v1i2.46
Santi, K., & Kresnadi, H. (2018). Pengaruh Teknik Poe Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(12), 1–8. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.26418/jppk.v7i12.30552
Sisila, A., & Siregar, T. (2017). JURNAL ILMU PENDIDIKAN INDONESIA ISSN : 2338-3402 Volume : 5 Nomor : 1 PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KIT IPA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HANTARAN PANAS PADA. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 5(1), 1–13. https://doi.org/https://doi.org/10.31957/jipi.v5i1.228
Sunggu, D. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Organ Pencernaan Makanan pada Manusia melalui Media KIT IPA Murid Kelas IV SDN 169 Sarong Kabupaten Tana Toraja. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 1(3), 151–162.
Syahidi, K., Sapiruddin, S., Novianti, B. A., & Juandi, T. (2022). Pelatihan Penggunaan Kit Fisika Bagi Guru Ipa Sma/Ma Di Lombok Tengah. Martabe: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 780–786. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i2.780-786
Tawil, M., Nurhayati, & Amin, B. D. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran IPA Bagi Calon Guru Di SMP UNISMUH Makassar. Jurnal Altifani Penelitian Dan …, 3(4), 562–571. https://doi.org/10.59395/altifani.v3i4.449
Usmeldi, U., & Amini, R. (2021). Pelatihan Penggunaan KIT IPA dan Pengembangan LKPD Berbasis Praktikum untuk Guru IPA. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, 1(2), 56–65. https://doi.org/10.37640/japd.v1i2.1010
Wahyu, Y., Edu, A. L., & Nardi, M. (2020). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 107. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.344
Wahyuningtiyas, A. A., Firmansyah, I., & Pratiwi, S. (2023). Efektivitas Model Discovery Learning dan Problem Based Learning dalam Rangka Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Mapel IPAS Kelas IV SD. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 800–813. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5471
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.