Pengembangan Modul Kimia Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Reaksi Redoks

Authors

  • Reni Andriani Program Studi Biologi Universitas Nahdlatul Wathan Mataram
  • Zulkarnain Gazali Universitas Nahdlatul Wathan Mataram

DOI:

https://doi.org/10.37630/jpm.v14i2.1568

Keywords:

Modul Berbasis Masalah, Reaksi Redoks

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui karakteristik, kelayakan dan kepraktisan modul kimia berbasis masalah pada materi reaksi redoks. Penelitian pengembangan ini, dirancangan menggunakan model 4-D yaitu; (1) Tahap define, (2) Tahap design, (3) Tahap develop, dan (4) Tahap disseminate. Penelitian ini terbatas hanya sampai tahap ketiga. Produk hasil pengembangan berupa modul yang berisi konteks-konteks yang diperlukan dalam membelajarkan materi reaksi redoks pada siswa kelas X SMA/MA. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MA Dakwah Islamiah Putri Nurul Hakim Kediri tahun ajaran 2023/2024 dan guru mata pelajaran kimia. Sampel dalam penelitian sebanyak 10 orang siswa (uji coba terbatas) diambil secara acak. Penelitian ini menggunakan instrumen lembar validasi modul pembelajaran dan angket respon siswa dan guru. Hasil uji kelayakan pada dosen diperoleh nilai rata-rata 70,25% dan guru bidang studi rata-rata 75,8% dikategorikan layak. Tingkat kepraktisan bahan ajar dilihat dari pengamatan keterlaksanaan pembelajaran terhadap dua pengamat mendapatkan nilai rata rata 83,5% dikategorikan praktis. Dengan demikian, modul kimia berbasis masalah yang dikembangkan dinyatakan layak dan praktis dapat digunakan dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abd.Rachman, F., Ahsanunnisa, R., & Nawawi, E. (2017). Pengembangan LKPD Berbasis Berpikir Kritis Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan pada Mata Pelajaran Kimia di SMA. ALKIMIA : Jurnal Ilmu Kimia Dan Terapan, 1(1), 16–25. https://doi.org/10.19109/alkimia.v1i1.1326

Asyhar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Referensi.

Chandrasegaran, A. L., Treagust, D. F., & Mocerino, M. (2007). The development of a two-tier multiple-choice diagnostic instrument for evaluating secondary school students’ ability to describe and explain chemical reactions using multiple levels of representation. Chem. Educ. Res. Pract., 8(3), 293–307. https://doi.org/10.1039/B7RP90006F

Ennis, R. H. (2011). The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Disposition and Abilities. University of Illinois.

Harahap, M. R. (2016). Sel Elektrokimia: Karakteristik dan Aplikasi. Circuit, 2(1).

Herman, L., Subchan, W., & Wahono, B. (2016). Pengembangan Modul Berbasis Masalah pada Pokok Bahasan Ekosistem Kelas VII SMP/MTs. Jurnal Edukasi, 3(3), 10. https://doi.org/10.19184/jukasi.v3i3.3515

Husna, Sovia A, Rahima, H. Y. (2014). Praktikalitas Modul Berbasis Masalah Pada Perkuliahan Kalkulus 1 Di STKIP PGRI Sumatera Barat. Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Pendidikan Sains, IX Fakultas Sains Dan Matematika, UKSW, 855–863.

Islahiyah, I., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2021). PENGEMBANGAN E-MODUL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2107. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.3908

Kemdikbud. (2013). Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas(SMA)/ Madrasah Aliyah (MA).

Khairunnufus, U., Laksmiwati, D., Hadisaputra, S., & Siahaan, J. (2019). Pengembangan Modul Praktikum Kimia Berbasis Problem Based Learning Untuk Kelas XI SMA. Chemistry Education Practice, 1(2), 36. https://doi.org/10.29303/cep.v1i2.981

Kurniawati, I. L., & Amarlita, D. M. (2013). Pengembangan bahan ajar berbasis masalah pada mata pelajaran kimia SMA kelas X dalam materi hidrokarbon. In Prosiding Seminar Nasional MIPA.

Kurniawati, Y. W. (2013). Pengembangan Alat Peraga Dan Lembar Kerja SiswaBerorientasi Kontruktivisme Dalam Pembelajaran Kimia SMA. Prosiding Semirata FPMIPA Universitas Lampung, 439–356.

Manurung, H. M. (2021). PENGARUH MODUL KIMIA UMUM BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PENGUASAAN KONSEP MAHASISWA PADA MATERI STOIKIOMETRI. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 12(1), 82. https://doi.org/10.20527/quantum.v12i1.10278

Mardan. (2013). Pengembangan Modul Kimia Kontekstual Pada Materi Karbohidrat Untuk Siswa SMA Tata Boga. IKIP Mataram.

Mawati, E. (2022). Pengembangan Modul Kimia Berbasis Masalah pada Materi Redoks Sebagai Sumber Belajar. Journal of Tropical Chemistry Research and Education, 4(2), 91–100. https://doi.org/10.14421/jtcre.2022.42-04

Muderawan, I. W., Wiratma, I. G. L., & Nabila, M. Z. (2019). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3(1), 17. https://doi.org/10.23887/jpk.v3i1.20944

Mulyati. (2005). Strategi Belajar Mengajar Kimia. UM Press.

Nana Sudjana. (2016). Penilaian hasil proses belajar mengajar - Google Books. Rosdikarya, 27. http://senayan.iain-palangkaraya.ac.id/index.php?p=show_detail&id=6027

Sari, E. P. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Masalah untuk Memfasilitasi Pencapaian Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi dan Kecerdasan Emosional Siswa Madrasah Aliah pada KD 1.1 dan 1.2 Kelas XI IPA KTSP. http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9077

Sariati, N. K., Suardana, I. N., & Wiratini, N. M. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa Kelas XI pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 18. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jipp.v4i1.15469

Slavin, R. E. (1996). Research on Cooperative Learning and Achievement: What We Know, What We Need to Know. Contemporary Educational Psychology, 21(1), 43–69. https://doi.org/10.1006/ceps.1996.0004

Sofan, A, Ahmadi L, K. (2011). Konstruksi Pengembangan Pembelajaran Pengaruhnya Terhadap Mekanisme dan Praktik Kurikulum (p. 242). PT Prestasi Pustaka.

Sudjana, N. (2007). Teknologi Pengajaran. Sinar Baru Algesindom.

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana.

Wena. (2014). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Bumi Aksara.

Yoni, S. (2014). Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematik Siswa SMA di Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(2), 41–51.

Zakiyah, Z., Ibnu, S., & Subandi, S. (2018). Analisis Dampak Kesulitan Siswa pada Materi Stoikiometri terhadap Hasil Belajar Termokimia dan Upaya Menguranginya dengan Metode Pemecahan Masalah. EduChemia (Jurnal Kimia Dan Pendidikan), 3(1), 119. https://doi.org/10.30870/educhemia.v3i1.1784

Downloads

Published

2024-06-13