Evaluasi Program Perkuliahan Fisika Kuantum dengan Virtual Lab Menggunakan Model CIPP

Authors

  • Asep Irvan Irvani Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Garut https://orcid.org/0000-0002-7421-3741
  • Siti Sriyati Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nahadi Nahadi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Parlindungan Sinaga Universitas Pendidikan Indonesia
  • Anderias Henukh Universitas Musamus Merauke

DOI:

https://doi.org/10.37630/jpm.v14i2.1603

Keywords:

Fisika Kuantum, Evaluasi Program, Model CIPP, Virtual Lab

Abstract

Tujuan dari penulisan artikel ini adalah menganalisis hasil evaluasi program perkuliahan fisika kuantum dengan virtual lab di program studi pendidikan fisika pada tahun akademik 2023/2024. Model evaluasi yang digunakan adalah model CIPP (Context, Input, Process, Product). Evaluasi dilakukan dengan metode campuran menggunakan data kuantitatif berdasarkan data nilai mahasiswa dan kuesioner, serta data kualitatif berdasarkan analisis dokumen dan wawancara. Partisipan yang terlibat sebanyak 30 mahasiswa program studi pendidikan fisika semester 8, satu orang dosen pengampu mata kuliah fisika kuantum, dan satu orang ketua program studi. Hasil evaluasi konteks menunjukkan 92,8% kelengkapan komponen RPS dan 100% kesesuaian CPL dan CPMK. Hasil evaluasi input program perkuliahan fisika kuantum menunjukkan perlunya peningkatan pemahaman konsep fisika modern, penguatan konsep matematika, persiapan materi dosen, serta peningkatan sarana dan prasarana pembelajaran. Berdasarkan evaluasi pada aspek proses menunjukkan masih terdapat kekurangan dalam karakteristik pembelajaran holistik, integratif, dan pengembangan kreativitas mahasiswa. Hasil evaluasi product program perkuliahan fisika kuantum menunjukkan bahwa penguasaan konsep oleh mahasiswa perlu ditingkatkan, terutama pada materi fenomena-fenomena kuantum.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Siti Sriyati, Universitas Pendidikan Indonesia

Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, FPMIPA, Universitas Pendidikan Indonesia

Nahadi Nahadi, Universitas Pendidikan Indonesia

Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, FPMIPA, Universitas Pendidikan Indonesia

Parlindungan Sinaga, Universitas Pendidikan Indonesia

Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, FPMIPA, Universitas Pendidikan Indonesia

References

Achuthan, K., Kolil, V. K., & Jyothy, S. N. (2023). Effectiveness of Virtual Laboratory Teacher Training Workshops: A Kirkpatrick Model Analysis. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 18(15). https://doi.org/10.0.15.151/ijet.v18i15.40037

Aini, N. R., Irianto, I. D., Hamid, A. A., & Thompson, B. B. (2020). Sejarah Perkembangan Fisika (Kuantum) Dari Klasik Hingga Modern. Diktat Kuliah Termodinamika, 4 (3), 22–32.

Aspect, A., Clauser, J. F., & Zeilinger, A. (2022). Pioneering quantum information science. https://doi.org/10.1038/s43588-022-00368-0

Bauer, C. W., Davoudi, Z., Balantekin, A. B., Bhattacharya, T., Carena, M., De Jong, W. A., Draper, P., El-Khadra, A., Gemelke, N., & Hanada, M. (2023). Quantum simulation for high-energy physics. PRX Quantum, 4(2), 27001. https://doi.org/10.1103/PRXQuantum.4.027001

Bouchée, T., de Putter-Smits, L., Thurlings, M., & Pepin, B. (2022). Towards a better understanding of conceptual difficulties in introductory quantum physics courses. Studies in Science Education, 58(2), 183–202. https://doi.org/10.1080/03057267.2021.1963579

Faisal, S., Supardi, U. S., & Sriyono, H. (2023). Aplikasi Media Pembelajaran Berbasis ICT Pada Sub Materi Mekanika Kuantum. ALFARISI: Jurnal Pendidikan MIPA, 4(3).

Fitria, N., Aziizi, M. K. R., Hardoyo, T., Supriadi, B., Harjianto, A., & Junaidi, M. R. (2023). PENGGUNAAN PhET SIMULATION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP ISLAM PANGGUL. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 428–438. https://doi.org/10.37478/optika.v7i2.3394

Ghazinejad, M., Khoshnoud, F., & Porter, S. (2021). Enhancing Interactive Learning in Engineering Classes by Implementing Virtual Laboratories. 2021 IEEE Frontiers in Education Conference (FIE), 1–5. https://doi.org/10.1109/FIE49875.2021.9637319

Hasja, N. F. B., Hamka, L., & Rahman, S. (2023). Peningkatan Partisipasi Aktif Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Metode Collaborative Learning. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(3), 667–675. https://doi.org/10.31970/pendidikan.v5i3.860

Irvani, A. I., Rochintaniawati, D., Riandi, R., Sinaga, P., & Henukh, A. (2024). Analysis of Quantum Physics Lectures from the Perspective of the MBKM and OBE Based Higher Education Curriculum. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 10(1), 44–54. https://doi.org/10.29303/jpft.v10i%601.6390

Jupri, R., Zakaria, P., Majid, M., Resmawan, R., & Isa, D. R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Operasi Himpunan. Euler: Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi, 10(2), 274–281.

Markus, L., Sungkim, S., & Ishak, M. Z. Bin. (2021). Issues and challenges in teaching secondary school quantum physics with integrated STEM education in Malaysia. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), 6(5), 190–202.

Mateo, J. F. (2021). John Dewey’s theory of inquiry. Quantum physics, ecology and the myth of the scientific method. Ágora. Papeles de Filosofía, 40(1), 133–154.

Pospiech, G., Merzel, A., Zuccarini, G., Weissman, E., Katz, N., Galili, I., Santi, L., & Michelini, M. (2021). The role of mathematics in teaching quantum physics at high school. Teaching-Learning Contemporary Physics: From Research to Practice, 47–70.

Purwaningsih, S., BERTHALITA P, F., & Lestari, N. (2022). Integrasi animasi dan simulasi dengan menggunakan Program matlab pada matakuliah fisika Kuantum.

Rachayu, I., & Bachri, B. S. (2023). Evaluasi Program Kompetensi Pedagogi Sebagai Calon Guru Terus Bergerak, Tergerak Dan Menggerakkan (Ttm) Era Kurikulum Merdeka Melalui Pengalaman Lapangan. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 3215–3225.

Rachmaniar, R., Yahya, M., & Lamada, M. (2021). Evaluation of Learning through Work Practices Industry Program at University with the CIPP Model Approach. International Journal of Environment, Engineering and Education, 3(2), 59–68.

Retnowati, T. H., Mardapi, D., Kartowagiran, B., & Hamdi, S. (2021). A Model of Lecturer Performance Evaluation: Sustainable Lecturer Performance Mapping. International Journal of Instruction, 14(2), 83–102.

Rodriguez, L. V., van der Veen, J. T., Anjewierden, A., van den Berg, E., & de Jong, T. (2020). Designing inquiry-based learning environments for quantum physics education in secondary schools. Physics Education, 55(6), 65026.

Serrano-Perez, J. J., González-García, L., Flacco, N., Taberner-Cortés, A., García-Arnandis, I., Pérez-López, G., Pellín-Carcelén, A., & Romá-Mateo, C. (2023). Traditional vs. virtual laboratories in health sciences education. Journal of Biological Education, 57(1), 36–50.

Seskir, Z. C., Migdał, P., Weidner, C., Anupam, A., Case, N., Davis, N., Decaroli, C., Ercan, İ., Foti, C., & Gora, P. (2022). Quantum games and interactive tools for quantum technologies outreach and education. Optical Engineering, 61(8), 81809.

Sinaga, P., & Setiawan, W. (2022). The impact of electronic interactive teaching materials (EITMs) in e-learning on junior high school students’ critical thinking skills. Thinking Skills and Creativity, 46, 101066.

Sulaeman, N. F., Nuryadin, A., & Efwinda, S. (2023). Teaching Physics Within New Indonesia Curriculum “Kurikulum Merdeka”: Reflection for Teacher Education Institution.

Suryadin, A., Sari, W. P., & Nurfitriani, M. P. (2022). Evaluasi Program Model CIPP (Context, Input, Process, and Product) antara Teori dan Praktiknya. Samudra Biru.

Downloads

Published

2024-06-20