Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Motion graphic pada Tema Ecoenzyme Si Cairan Serbaguna untuk Menumbuhkan Minat Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.37630/jpm.v14i2.1604Keywords:
Video Pembelajaran, Motion graphic, Minat BelajarAbstract
Salah satu permasalahan yang ditemukan dalam pembelajaran IPA yaitu kurangnya minat belajar siswa. Mengingat pentingnya minat belajar siswa sangat mempengaruhi hasil belajar siswa, maka minat belajar siswa dapat ditumbuhkan melalui pemilihan video pembelajaran berbasis motion graphic yang interaktif. Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan video pembelajaran yang valid dan mengetahui tingkat respon siswa terhadap video pembelajaran berbasis motion graphic dalam menumbuhkan minat belajar siswa. Metode yang digunakan metode Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan model 4-D memiliki tahapan define, design, develop, disseminate. Sampel yang digunakan 32 siswa kelas IX SMP. Instrumen yang digunakan yaitu angket respon siswa, dan angket validasi. Hasil persentase penilaian validasi video pembelajaran yang diperoleh dari validator materi 77,92% (valid), validator media 89,49% (sangat valid), validator praktisi 94,47% (sangat valid). Hasil dari tingkat respon siswa menunjukan nilai persentase dengan rata-rata 82,72% (sangat setuju). Dengan hal ini dapat disimpulkan video pembelajaran berbasis motion graphic pada tema ecoenzyme si cairan serbaguna dapat digunakan oleh siswa dalam proses pembelajaran IPA.
Downloads
References
Arigiyati, T. A., Kuncoro, K. S., & Kusumaningrum, B. (2021). Pelatihan dalam membuat media berbasis smartphone bagi guru SD Muhammadiyah Girikerto. Kanigara, 1(2), 140-149.
Dewi, D. M. (2021). Pelatihan Dalam Membuat Produk Eco-Enzyme Bersama Komunitas di Mangkurat Kalimantan Selatan. Jurnal Pengabdian ILUNG (Inovasi Lahan Basah Unggul), 1(1), 67-76.
Khoerunnisa, R. F., Murbangun, N., & Sudarmin, S. (2016). Pengembangan modul IPA terpadu etnosains untuk menumbuhkan minat kewirausahaan. Journal of Innovative Science Education, 5(1), 45-53.
Mahnun. 2014. ‘Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran)’. Jurnal Pemikiran Islam, 27– 35
Marzuki, Y., Azis, H., & Triana, A. (2019). Validitas, Reliabilitas, Praktikalitas, Dan Efektifitas Bahan Ajar Non Cetak (meliputi Audio, Audio Visual, Video).
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187.
Nugraha, D. (2022). Motion Graphic-Based Digital Media Development for Stunting Education. SEA-CECCEP, 3(02), 48-55.
Rafliani, D., & Aniswita, A. (2022). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Belajar dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI 2. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 2454-2462.
Rahmat, (2019). media pembelajaran e-learning Dalam pembelajaran pendidikan agama islam Di sma laboratorium percontohan upi Bandung. TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 5(1), 47-59
Rihanah, A., & Irma, C. N. (2022). Kelayakan Isi, Bahasa Pada Buku Teks Bahasa Indonesia Di Sma Negeri 1 Sirampog. Hasta Wiyata, 5(1), 32–42. https://doi.org/10.21776/ub.hastawiyata.2022.005.01.03
Sadiman, A. S. (2016). Media pembelajaran. Jakarta: rajawali pers.
Sari, N. W. (2021). Pengembangan animasi motion graphic materi mengenal garuda pancasila untuk kelas 3 SD Negeri 1 Kadipiro. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 10(9), 929-942.
Saryono. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Edisi 3. Yogyakarta: Mitra Cendekia Press.
Sasmita, E., Fitria, Y., & Erita, Y. (2023). Penggunaan Model Webbed Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 4738-4852.
Slameto. 2015. ‘Minat belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya’. Jakarta: Rineka Cipta
Sudiksa, I. M., Divayana, D. G. H., & Warpala, W. S. 2020. ‘Pengaruh e-learning dan lingkungan kampus terhadap minat belajar mahasiswa dengan motivasi belajar sebagai variabel mediasi’. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 10(3), 86-99.
Sudijono, A. 2014. ‘Pengantar Statistik Pendidikan’. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. 2014. ‘Instructional Development For Training Teachers Of Exceptional Children’. Bloomingtoon: Center For Innovation On Teaching The Handicapped.
Lugina, S. P. (2022). Pengaruh Strategi Komunikasi Pendidik Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19 (Doctoral dissertation, Univeristas Komputer Indonesia).
Yusuf, M. M., Amin, M., & Nugrahaningsih. 2020. ‘Developing of instructional media-based animation video on Ecoenzyme and metabolism material in senior high school’. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 3(3), 253-258.
Suryani, L., Hodijah, S. R. N., & Taufik, A. N. (2022). Pengembangan E-Modul IPA Berbasis Science Process Skills Pada Tema Transportasi si-Hijau Guna Memberikan Pelatihan Keterampilan Komunikasi Sains Siswa. Pendipa Journal Of Science Education, 7(2), 323-331.
Amimah, A., Leksono, S. M., & Taufik, A. N. (2023). Pengembangan E-Modul IPA Berbasis Google Slide Tema Global Warming Guna Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMP Kelas VII. PENDIPA Journal of Science Education, 7(3), 417-423.
Taufik, A. N., Kristina, H., Gibran, B. F., Sabililah, A., Septiani, S., Warraihanah, D. A., ... & Risalah, O. T. (2023). Pengembangan E-Book Kontekstual Yang Berorientasi Kearifan Lokal Banten. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 14(4), 1094-1105.
Taufik, A. N., Kurniasih, S., Sari, C. M., & Juansah, D. E. (2023). Response Student The Science Communication Skills-Based Interactive E-Module. Jurnal Pena Sains, 10(2), 66-73
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.