Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Motion graphic pada Tema Ecoenzyme Si Cairan Serbaguna untuk Menumbuhkan Minat Belajar Siswa

Authors

  • Audinda Azizah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Dwi Indah Suryani Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Annisa Novianti Taufik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.37630/jpm.v14i2.1604

Keywords:

Video Pembelajaran, Motion graphic, Minat Belajar

Abstract

Salah satu permasalahan yang ditemukan dalam pembelajaran IPA yaitu kurangnya minat belajar siswa. Mengingat pentingnya minat belajar siswa sangat mempengaruhi hasil belajar siswa, maka minat belajar siswa dapat ditumbuhkan melalui pemilihan video pembelajaran berbasis motion graphic yang interaktif. Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan video pembelajaran yang valid dan mengetahui tingkat respon siswa terhadap video pembelajaran berbasis motion graphic dalam menumbuhkan minat belajar siswa. Metode yang digunakan metode Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan model 4-D memiliki tahapan define, design, develop, disseminate. Sampel yang digunakan 32 siswa kelas IX SMP. Instrumen yang digunakan yaitu angket respon siswa, dan angket validasi. Hasil persentase penilaian validasi video pembelajaran yang diperoleh dari validator materi 77,92% (valid), validator media 89,49% (sangat valid), validator praktisi 94,47% (sangat valid). Hasil dari tingkat respon siswa menunjukan nilai persentase dengan rata-rata 82,72% (sangat setuju). Dengan hal ini dapat disimpulkan video pembelajaran berbasis motion graphic pada tema ecoenzyme si cairan serbaguna dapat digunakan oleh siswa dalam proses pembelajaran IPA.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arigiyati, T. A., Kuncoro, K. S., & Kusumaningrum, B. (2021). Pelatihan dalam membuat media berbasis smartphone bagi guru SD Muhammadiyah Girikerto. Kanigara, 1(2), 140-149.

Dewi, D. M. (2021). Pelatihan Dalam Membuat Produk Eco-Enzyme Bersama Komunitas di Mangkurat Kalimantan Selatan. Jurnal Pengabdian ILUNG (Inovasi Lahan Basah Unggul), 1(1), 67-76.

Khoerunnisa, R. F., Murbangun, N., & Sudarmin, S. (2016). Pengembangan modul IPA terpadu etnosains untuk menumbuhkan minat kewirausahaan. Journal of Innovative Science Education, 5(1), 45-53.

Mahnun. 2014. ‘Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran)’. Jurnal Pemikiran Islam, 27– 35

Marzuki, Y., Azis, H., & Triana, A. (2019). Validitas, Reliabilitas, Praktikalitas, Dan Efektifitas Bahan Ajar Non Cetak (meliputi Audio, Audio Visual, Video).

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187.

Nugraha, D. (2022). Motion Graphic-Based Digital Media Development for Stunting Education. SEA-CECCEP, 3(02), 48-55.

Rafliani, D., & Aniswita, A. (2022). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Belajar dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI 2. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 2454-2462.

Rahmat, (2019). media pembelajaran e-learning Dalam pembelajaran pendidikan agama islam Di sma laboratorium percontohan upi Bandung. TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 5(1), 47-59

Rihanah, A., & Irma, C. N. (2022). Kelayakan Isi, Bahasa Pada Buku Teks Bahasa Indonesia Di Sma Negeri 1 Sirampog. Hasta Wiyata, 5(1), 32–42. https://doi.org/10.21776/ub.hastawiyata.2022.005.01.03

Sadiman, A. S. (2016). Media pembelajaran. Jakarta: rajawali pers.

Sari, N. W. (2021). Pengembangan animasi motion graphic materi mengenal garuda pancasila untuk kelas 3 SD Negeri 1 Kadipiro. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 10(9), 929-942.

Saryono. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Edisi 3. Yogyakarta: Mitra Cendekia Press.

Sasmita, E., Fitria, Y., & Erita, Y. (2023). Penggunaan Model Webbed Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 4738-4852.

Slameto. 2015. ‘Minat belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya’. Jakarta: Rineka Cipta

Sudiksa, I. M., Divayana, D. G. H., & Warpala, W. S. 2020. ‘Pengaruh e-learning dan lingkungan kampus terhadap minat belajar mahasiswa dengan motivasi belajar sebagai variabel mediasi’. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 10(3), 86-99.

Sudijono, A. 2014. ‘Pengantar Statistik Pendidikan’. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. 2014. ‘Instructional Development For Training Teachers Of Exceptional Children’. Bloomingtoon: Center For Innovation On Teaching The Handicapped.

Lugina, S. P. (2022). Pengaruh Strategi Komunikasi Pendidik Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19 (Doctoral dissertation, Univeristas Komputer Indonesia).

Yusuf, M. M., Amin, M., & Nugrahaningsih. 2020. ‘Developing of instructional media-based animation video on Ecoenzyme and metabolism material in senior high school’. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 3(3), 253-258.

Suryani, L., Hodijah, S. R. N., & Taufik, A. N. (2022). Pengembangan E-Modul IPA Berbasis Science Process Skills Pada Tema Transportasi si-Hijau Guna Memberikan Pelatihan Keterampilan Komunikasi Sains Siswa. Pendipa Journal Of Science Education, 7(2), 323-331.

Amimah, A., Leksono, S. M., & Taufik, A. N. (2023). Pengembangan E-Modul IPA Berbasis Google Slide Tema Global Warming Guna Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMP Kelas VII. PENDIPA Journal of Science Education, 7(3), 417-423.

Taufik, A. N., Kristina, H., Gibran, B. F., Sabililah, A., Septiani, S., Warraihanah, D. A., ... & Risalah, O. T. (2023). Pengembangan E-Book Kontekstual Yang Berorientasi Kearifan Lokal Banten. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 14(4), 1094-1105.

Taufik, A. N., Kurniasih, S., Sari, C. M., & Juansah, D. E. (2023). Response Student The Science Communication Skills-Based Interactive E-Module. Jurnal Pena Sains, 10(2), 66-73

Downloads

Published

2024-06-20