Pengembangan Mobile Learning Berbasis Problem Based Learning pada Getaran dan Gelombang untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP
DOI:
https://doi.org/10.37630/jpm.v14i2.1610Keywords:
Media Pembelajaran, Mobile Learning, Berpikir Kritis, SMP, IPA, Problem Based LearningAbstract
Kebutuhan pembelajaran dengan mengunakan teknologi untuk memudahkan pembelajaran serta kewajiban siswa memilki keterampilan berpikir kritis adalah tantangan era 5.0. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan mobile learning yang dapat melatih ketrampilanmengatasinya dengan mengembangkan media Mobile Learning berbasis Problem Based Learning pada materi Getaran dan Gelombang untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian menerapkan model 4-D S. Thiagarajan (Define, Design, Develop, Disseminate) yang dibatasi sampai tahap Develop, subjek penelitian adalah siswa kelas 8-A di SMPN 3 Paron. Instrumen penelitian mencakup wawancara, tes keterampilan berpikir kritis, angket analisa kebutuhan, angket validasi serta angket penilaian oleh 7 ahli, 15 siswa, dan 2 guru IPA. Hasil validasi kelayakan oleh para ahli menunjukkan mobile learning berbasis problem based learning sangat layak dengan penilaian ahli media 96,8%, ahli materi 93,8%, ahli bahasa 87,5%, dan ahli desain pembelajaran 91,6%. Media ini dinyatakan sangat praktis dan sangat efektif oleh guru IPA dengan kepraktisan 100% dan efektivitas 87,5%. Analisis efektivitas dari siswa mencapai 95,8%. Uji t paired sampels test menunjukkan nilai sig 0,00<0,05, menandakan mobile learning berbasis problem based learning berpengaruh dalam melatih keterampilan berpikir kritis siswa.
Downloads
References
Anwar, J. J. P. ;, Rohmani, I., & Putra, L. A. (2023). Peningkatan Berpikir Kritis Siswa Smp Dalam Pembelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Jendela Pendidikan, 3(01), 145–151.
Anfa, Q., Aryungga, S. D. E., & Zahrotin, A. (2021). Pelatihan di masa pandemi covid-19 tentang pembuatan lembar petunjuk praktikum ipa berbasis laboratorium virtual. Prosiding Penelitian Pendidikan dan Pengabdian 2021, 1(1), 1408-1417.
Fricticarani, A., Hayati, A., Hoirunisa, I., & Mutiara Rosdalina, G. (2023). STRATEGI PENDIDIKAN UNTUK SUKSES DI ERA TEKNOLOGI 5.0. 4(1).
Mallawaarachchi, C. (2019). The positive impact in changing of e-learning environment to m-learning to enhance critical thinking skills in foreign language learning. ACM International Conference Proceeding Series, 73–77. https://doi.org/10.1145/3338188.3338206
Maharani, D., & Meynawati, L. (2024). Sisi Terang dan Gelap: Digitalisasi pada Perkembangan Pendidikan Indonesia. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 89-98.
Hidayah Ngurahrai, A., & Desy Farmaryanti, S. (2019). RADIASI: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Mobile Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. 12(2), 76–83. http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi
OECD.2022 PISA 2022 Sains Framework
Oka Sabrina, S. (2024). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM ASPEK PENALARAN BERFIKIR KRITIS SISWA. Jurnal Sains Student Research, 2(1), 578–582. https://doi.org/10.61722/jssr.v2i1.798
Pangalo, E. G. (2020). Pembelajaran Mobile Learning Untuk Siswa SMA. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(1), 38-56.
Putri, A. N. L., Sutarto, S., & Wahyuni, D. (2024). Meta Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 15(1), 43–48. https://doi.org/10.26877/jp2f.v15i1.15580
Safitri, E., Setiawan, A., & Darmayanti, R. (2023). Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Kahoot Terhadap Kepercayaan Diri Dan Prestasi Belajar. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(1), 57–61. https://doi.org/10.61650/jptk.v1i1.154
Samala, A. D., Usmeldi, Taali, Indarta, Y., Apdoludin, Hakiki, M., & Leong, K. (2023). Top 10 Most-Cited Articles Concerning Blended Learning for Introductory Algorithms and Programming: A Bibliometric Analysis and Overview. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 17(5), 57–70. https://doi.org/10.3991/ijim.v17i05.36503
Sandy Palumpun, N. (n.d.). Pengembangan M-Learning IPA Mata Air Tilanga pada Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Siswa Kelas VII SMP.
Sri Wahyuni, Fershanda Vivi Hartono, Nabila Hafizhah, Linggar Dea Slavira, Dwi Sri Astutik, Wawuk Lisnawati, & Deby Izmarini. (2023). Penerapan Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP melalui Lesson Study. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(4), 963–969. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i4.1242
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2019.
Suwarna, Iwan Permana. "Pengembangan Instrumen Ujian Komprehensif Mahasiswa melalui Computer Based Test pada program Studi Pendidikan Fisika." Laporan Penelitian UIN Jakarta, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Jakarta, 2016
Yermiandhoko, Y. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA “HEROES OF THE EARTH” BERBASIS ANDROID PADA MATERI IPA TEMA SELALU BERHEMAT ENERGI KELAS IV DI SDN 2 SAWAHAN Dhita Seftiana PGSD FIP UNESA (dhitasep25@gmail.com).
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.