Pengembangan WEBANGDA sebagai Media Pembelajaran Digital berbasis Weebly dan Wordwall Materi Bangun Datar Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Melisa Melisa Universitas Mulawarman
  • Andi Asrafiani Arafah Universitas Mulawarman
  • Sukriadi Sukriadi Universitas Mulawarman
  • Rosita Putri Rahmi Universitas Mulawarman
  • Iksam Iksam Universitas Mulawarman
  • Tri Wahyuningsih Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.37630/jpm.v14i2.1618

Keywords:

Pengembangan, Media Digital, Webangda, Website, Weebly, Wordwall

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang dihadapi peserta didik selama pembelajaran yaitu dalam memahami materi bangun datar yang memiliki berbagai macam bentuk bangun datar dan juga dikarenakan minimnya penggunaan media pembelajaran yang menarik dan bervariasi tentunya pada penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi. Oleh karena itu guru, membutuhkan media pembelajaran digital yang mudah digunakan peserta didik dalam memahami materi pembelajaran seperti dapat diakses di mana saja dan kapan saja dengan memanfaatkan media pembelajaran berbasis website seperti platform weebly dan wordwall. Media pembelajaran tersebut adalah Webangda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan, tingkat kevalidan dan tingkat kepraktisan media pembelajaran Webangda (Website Bangun Datar). Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas IV-A SDN 007 Samarinda Ulu. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini masuk kedalam kategori “sangat valid” yaitu sebesar 88% dari ahli bahasa, 88% dari ahli materi dan 94% dari ahli bahasa. Selanjutnya hasil yang diperoleh dari hasil respon guru dan siswa yang masuk kedalam kategori “sangat praktis”, hasil respon guru sebesar 98%, 91% dari respon siswa skala kecil, dan 88% dari hasil respon siswa skala besar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media Webangda yang dikembangkan valid dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfiyah, Z. N., Hartatik, S., Nafiah, N., & Sunanto, S. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Secara Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3158–3166. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1297

Arafah, A. A., & Riyanti, R. (2023). Pelatihan Media Pembelajaran Digital Berbasis Canva Bagi Guru di SDN 021 Sungai Kunjang. Community Development Journal, 4(6), 12600–12606.

Ashnam, M., Sunaryo, S., & Delina, M. (2022). Development of Problem-Based Learning E-Modules on Renewable Energy Subjects for Distance Learning. Journal of Physics: Conference Series, 2377(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/2377/1/012081

Cahyani, W. D., Fuadiah, N. F., & Surmilasari, N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Matematika Materi Bangun Datar Kelas IV Sekolah Dasar. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(2), 488–499. https://doi.org/10.25273/jipm.v11i2.17304

Hasanah, Z. U., Simangkalit, Sembiring, M. M., & Handayani, D. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Web Menggunakan Weebly Pada Tema 8 Kelas IV Sekolah Dasar. JGK (Jurnal Guru Kita), 7(4), 690–699.

Mais, A., Abadi, H. S., & Abadi, P. (2016). Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (ABK): Buku Referensi untuk Guru, Mahasiswa dan Umum. Jember: Pustaka Abadi. https://books.google.co.id/books?id=YJplDwAAQBAJ

Mawarni, G. A., Sukirwan, S., & V. Y, I. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Ludo Smart Geometryberbasis Ekspedisi Budaya Bantenpada Siswa Kelas V a Di Sdn Cogreg 1 Tangerang Banten. Indonesian Journal of Elementary Education, 2(1), 28–41. https://doi.org/10.31000/ijoee.v1i2.2929

Misselya Nora, G. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Maya (Macam-Macam Gaya) Berbasis E-Card Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 403–413.

Mutiah, S., Anwar, M., & Yani, S. (2023). Geoma (Geometri Matematika) Application As Geogebra-Based Learning Media To Train Spatial Ability. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(3), 3481–3493. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.7540

Nuraeni L, E., Muharram, M. R. W., & Fajrin, B. S. (2021). Desain Game Edukasi Sifat-Sifat Bangun Datar Segiempat Menggunakan Aplikasi Scratch. Attadib: Journal of Elementary Education, 5(2), 140–149. https://doi.org/10.32507/attadib.v5i2.962

Octarya, Z., & Fadhillah, F. (2023). Desain dan Uji Coba Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline 3 Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Konfigurasi : Jurnal Pendidikan Kimia dan Terapan, 7(1), 31–42. https://doi.org/10.24014/konfigurasi.v7i1.21556

Pramestika, L. A., & Wahyudi. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Website Untuk Peserta Didik Kelas V SD Development of Website Based Thematic Teaching Materials for Fifth-Grade Elementary School Students. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 4(1), 72–79. http://journal.unismuh.ac.id/index.php/jrpd

Putriani, J. D., & Hudaidah, H. (2021). Penerapan Pendidikan Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 831–838. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/407

Ramdhani, E. P., Khoirunnisa, F., & Siregar, N. A. N. (2020). Efektifitas Modul Elektronik Terintegrasi Multiple Representation pada Materi Ikatan Kimia. Journal of Research and Technology, 6(1), 162–167. https://journal.unusida.ac.id/index.php/jrt/article/view/152

Rusmayana, T. (2021). Model Pembelajaran Addie Integrasi Pedati Di Smk Pgri Karisma Bangsa Sebagai Pengganti Praktek Kerja Lapangan Dimasa Pandemi Covid-19. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.

Saski, N. H., & Sudarwanto, T. (2021). Kelayakan Media Pembelajaran Market Learning Berbasis Digital Pada Mata Kuliah Strategi Pemasaran. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(1), 1118–1124.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sulistyorini, Y., Napfiah, S., & Mufidah, K. (2023). Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Berbasis Game Menggunakan Platform Wordwall. Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 5(2), 162–175. https://doi.org/10.33503/prismatika.v5i2.2712

Uleng, I., & Isroqmi, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pada Materi Matriks Menggunakan Web Google Sites Berbantuan Game Edukasi Wordwall. LAPLACE: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 466–484.

Wahyu Ningtia, M., & Rahmawati, I. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Game Interaktif Berbasis Web Aplikasi Wordwall Pada Pembelajaran Matematika Materi Kesetaraan Pecahan Mata Uang Kelas II SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(6), 1304–1318. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/47174

Wildan, A., Suherman, S., & Rusdiyani, I. (2023). Pengembangan Media GAULL (Game Edukasi Wordwall) pada Materi Bangun Ruang untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1623–1634. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2357

Yulanda, E., & Darwis, U. (2023). Pengembangan Media Digital Scrapbook pada Pembelajaran Matematika Bangun Datar Berbasis Kontekstual di Kelas IV SD. Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA, 7(2), 199–207. https://doi.org/10.32696/jp2mipa.v7i2.1852

Yunanda Pradiani, N. P. W., Turmuzi, M., & Fauzi, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Materi Bangun Ruang Pada Muatan Pembelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1456–1469. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1503

Downloads

Published

2024-06-28