Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPA

Authors

  • Rifqi Pratama Universitas Indraprasta PGRI
  • Mashudi Alamsyah Universitas Indraprasta PGRI
  • Martua Ferry Siburian Universitas Indraprasta PGRI
  • Giry Marhento Universitas Indraprasta PGRI
  • Jupriadi Jupriadi Universitas Indraprasta PGRI
  • George Louwis Jonathan Universitas Indraprasta PGRI
  • Wirda Susanti SMA Yaspi

DOI:

https://doi.org/10.37630/jpm.v14i2.1619

Keywords:

Literasi Sains, Instrumen Tes

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kemampuan literasi sains peserta didik pada pembelajaran IPA. Kemampuan literasi sains merupakan bagian dari kemampuan dalam menggunakan pengetahuan sains untuk mengindefikasi suatu pertanyaan, mencoba untuk menjelaskan fenomena sains dengan menggunakan fakta sains yang ada. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan instrumen tes berupa soal literasi sains dalam bentuk soal essay. Kemampuan literasi sains di analisis melalui hasil tes soal essay sebanyak 15 soal. Hasil penelitian kemampuan literasi sains masih dalam kategori rendah, hal ini terlihat dari hasil tes dari peserta didik yang ditinjau dari indikator literasi sains, pada aspek mengidentifikasi pendapat ilmiah sebesar 67%, memahami elemen desain peneltian terhadap temuan sebesar 30%, kemampuan dalam menyelesaikan soal sebesar 48%, memahami dan menginterpretasikan statistik sebesar 30%, penarikan kesimpulan 50%. Berdasarkan paparan tersebut disimpulkan bahwa kemampuan literasi sains peserta didik masih rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adha Raditya Rahmajati, D., & Kirana Dewi, K. (2024). INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA Upaya Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA Melalui Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) pada Kelas VII F di SMP Negeri 11 Surakarta. 13(1), 84–91. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v13i1.78714

Afni, N., Agung, M., Fitk, R., Sunan, U., & Yogyakarta, K. (2018). LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS V DI MIN TANURAKSAN KEBUMEN. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10, 1. https://doi.org/10.15294/usej.v5i1.9650

Anna Poedjiadi. (2005). Sains Teknologi Masyarakat : Model Pembelajaran Kontekstual Bermuatan Nilai. PT. Remaja Rosdakarya.

Ardianto, D., Rubini, B., Pakuan, U., & Barat, J. (2016). Unnes Science Education Journal LITERASI SAINS DAN AKTIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA TERPADU TIPE SHARED. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej

Erniwati, E., Istijarah, I., Tahang, L., Hunaidah, H., Mongkito, V. H. R., & Fayanto, S. (2020). KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMA DI KOTA KENDARI: DESKRIPSI & ANALYSIS. Jurnal Kumparan Fisika, 3(2), 99–108. https://doi.org/10.33369/jkf.3.2.99-108

Hasasiyah, S. H., Hutomo, B. A., Subali, B., & Marwoto, P. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP pada Materi Sirkulasi Darah. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 5. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.193

Holbrook, J., Rannikmae, M., & Taylor, N. (2009). The Meaning of Scientific Literacy. https://www.researchgate.net/publication/254162731

Indrawati, S., Kemampuan, P., Melalui, B., Konstruktivisme, P., Siswa, B., & Melalui, D. (n.d.). Jurnal Pembangunan Manusia edisi 5.

Inggrid Ayu Amala, & Yushardi, Y. (2022). Analisis Literasi Sains dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP pada Materi Zat Aditif dan Zat Adiktif. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(2), 373–378. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.610

Jufri, Aw., Ramdani, A., Bahtiar, I., Author, C., & Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan, P. (2018). Peningkatan Kompetensi Guru IPA Kota Mataram dalam Memfasilitasi Penguasaan Keterampilan Abad Ke 21 Siswa SMP.

Nofiana, M., & Julianto, T. (2018). UPAYA PENINGKATAN LITERASI SAINS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS KEUNGGULAN LOKAL. Biosfer : Jurnal Tadris Biologi, 9(1), 24. https://doi.org/10.24042/biosf.v9i1.2876

PISA 2015 Results (Volume I). (2016). OECD. https://doi.org/10.1787/9789264266490-en

PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. (2019). OECD. https://doi.org/10.1787/b25efab8-en

Prafitasari, A. N. (2019). ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMP NEGERI 7 JEMBER BERBASIS MEDIA APLIKASI TES. Bioma : Jurnal Biologi Dan Pembelajaran Biologi, 4(2), 111. https://doi.org/10.32528/bioma.v4i2.3161

Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (n.d.). Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF).

Rohmaya, N. (2022). Peningkatan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran IPA Berbasis Socioscientific Issues (SSI). JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(2), 107–117. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.553

Sukowati, D., & Rusilowati, A. (2017). Physics Communication Analisis kemampuan literasi sains dan metakogntif peserta didik Info Artikel. Phys. Comm, 1(1). http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/pc

Yandi, A., Nathania, A., Putri, K., & Syaza, Y. (n.d.). Faktor-Faktor Yang Mempengarui Hasil Belajar Peserta Didik (Literature Review). https://doi.org/10.38035/jpsn.v1i1

Downloads

Published

2024-06-28