Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPA
DOI:
https://doi.org/10.37630/jpm.v14i2.1619Keywords:
Literasi Sains, Instrumen TesAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kemampuan literasi sains peserta didik pada pembelajaran IPA. Kemampuan literasi sains merupakan bagian dari kemampuan dalam menggunakan pengetahuan sains untuk mengindefikasi suatu pertanyaan, mencoba untuk menjelaskan fenomena sains dengan menggunakan fakta sains yang ada. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan instrumen tes berupa soal literasi sains dalam bentuk soal essay. Kemampuan literasi sains di analisis melalui hasil tes soal essay sebanyak 15 soal. Hasil penelitian kemampuan literasi sains masih dalam kategori rendah, hal ini terlihat dari hasil tes dari peserta didik yang ditinjau dari indikator literasi sains, pada aspek mengidentifikasi pendapat ilmiah sebesar 67%, memahami elemen desain peneltian terhadap temuan sebesar 30%, kemampuan dalam menyelesaikan soal sebesar 48%, memahami dan menginterpretasikan statistik sebesar 30%, penarikan kesimpulan 50%. Berdasarkan paparan tersebut disimpulkan bahwa kemampuan literasi sains peserta didik masih rendah.
Downloads
References
Adha Raditya Rahmajati, D., & Kirana Dewi, K. (2024). INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA Upaya Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA Melalui Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) pada Kelas VII F di SMP Negeri 11 Surakarta. 13(1), 84–91. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v13i1.78714
Afni, N., Agung, M., Fitk, R., Sunan, U., & Yogyakarta, K. (2018). LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS V DI MIN TANURAKSAN KEBUMEN. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10, 1. https://doi.org/10.15294/usej.v5i1.9650
Anna Poedjiadi. (2005). Sains Teknologi Masyarakat : Model Pembelajaran Kontekstual Bermuatan Nilai. PT. Remaja Rosdakarya.
Ardianto, D., Rubini, B., Pakuan, U., & Barat, J. (2016). Unnes Science Education Journal LITERASI SAINS DAN AKTIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA TERPADU TIPE SHARED. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej
Erniwati, E., Istijarah, I., Tahang, L., Hunaidah, H., Mongkito, V. H. R., & Fayanto, S. (2020). KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMA DI KOTA KENDARI: DESKRIPSI & ANALYSIS. Jurnal Kumparan Fisika, 3(2), 99–108. https://doi.org/10.33369/jkf.3.2.99-108
Hasasiyah, S. H., Hutomo, B. A., Subali, B., & Marwoto, P. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP pada Materi Sirkulasi Darah. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 5. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.193
Holbrook, J., Rannikmae, M., & Taylor, N. (2009). The Meaning of Scientific Literacy. https://www.researchgate.net/publication/254162731
Indrawati, S., Kemampuan, P., Melalui, B., Konstruktivisme, P., Siswa, B., & Melalui, D. (n.d.). Jurnal Pembangunan Manusia edisi 5.
Inggrid Ayu Amala, & Yushardi, Y. (2022). Analisis Literasi Sains dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP pada Materi Zat Aditif dan Zat Adiktif. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(2), 373–378. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.610
Jufri, Aw., Ramdani, A., Bahtiar, I., Author, C., & Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan, P. (2018). Peningkatan Kompetensi Guru IPA Kota Mataram dalam Memfasilitasi Penguasaan Keterampilan Abad Ke 21 Siswa SMP.
Nofiana, M., & Julianto, T. (2018). UPAYA PENINGKATAN LITERASI SAINS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS KEUNGGULAN LOKAL. Biosfer : Jurnal Tadris Biologi, 9(1), 24. https://doi.org/10.24042/biosf.v9i1.2876
PISA 2015 Results (Volume I). (2016). OECD. https://doi.org/10.1787/9789264266490-en
PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. (2019). OECD. https://doi.org/10.1787/b25efab8-en
Prafitasari, A. N. (2019). ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMP NEGERI 7 JEMBER BERBASIS MEDIA APLIKASI TES. Bioma : Jurnal Biologi Dan Pembelajaran Biologi, 4(2), 111. https://doi.org/10.32528/bioma.v4i2.3161
Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (n.d.). Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF).
Rohmaya, N. (2022). Peningkatan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran IPA Berbasis Socioscientific Issues (SSI). JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(2), 107–117. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.553
Sukowati, D., & Rusilowati, A. (2017). Physics Communication Analisis kemampuan literasi sains dan metakogntif peserta didik Info Artikel. Phys. Comm, 1(1). http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/pc
Yandi, A., Nathania, A., Putri, K., & Syaza, Y. (n.d.). Faktor-Faktor Yang Mempengarui Hasil Belajar Peserta Didik (Literature Review). https://doi.org/10.38035/jpsn.v1i1
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.