Pengembangan E-modul Bumi dan Tata Surya Berbasis RICOSRE untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII SMP
DOI:
https://doi.org/10.37630/jpm.v14i2.1629Keywords:
E-modul, RICOSRE, Kemampuan Berpikir Kritis, Bumi dan Tata SuryaAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk menanggapi masalah tentang rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII SMP pada materi bumi dan tata surya. Tujuan penelitian adalah mengembangkan e-modul bumi dan tata surya berbasis RICOSRE untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis siswa. Desain penelitian berupa Research and Development (RnD) menggunakan model 4-D yang dibatasi sampai tahap develop. Instrumen yang digunakan adalah instrumen analisis kebutuhan, instrumen uji kelayakan dan instrumen uji kepraktisan. Teknik analisis data dengan uji kelayakan teoretis dan empiris serta uji kepraktisan terhadap produk e-modul bumi dan tata surya berbasis RICOSRE. Sampel penelitian menggunakan siswa kelas VII A MTs Negeri 8 Ngawi dengan jumlah 20 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk e-modul dikategorikan layak secara teoretis dengan hasil validasi pada aspek materi 93%, aspek media 80%, dan aspek bahasa 87%. E-modul juga dikategorikan layak secara empiris berdasarkan hasil perhitungan N-gain yaitu sebesar 0,54 dengan kriteria sedang. Selain itu, e-modul dikategorikan praktis dengan hasil respon siswa sebesar 90% dan respon guru sebesar 97%. Sehingga diambil kesimpulan bahwa produk e-modul bumi dan tata surya berbasis RICOSRE layak secara teoretis dan empiris serta praktis digunakan dalam pembelajaran.
Downloads
References
Agnafia, D. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Biologi. Florea, 6(1), 45–53.
Agnafia, D. N., Anfa, Q., Zahrotin, A., & Sutra. (2023). Peningkatan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar IPA Siswa SD Melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition ( CIRC ). Konstruktivisme, 15(2), 187–197. https://doi.org/10.35457/konstruk.v15i2.2953
Anfa, Q., & Zahrotin, A. (2021). Meta Analisis Pengaruh Penggunaan Metode Inkuiri Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis. JPIK Jurnal Pendidikan Dan Keilmuan, 01(01).
Arifah, M. A., & Widiyanti, F. (2023). Penerapan Pembelajaran TGT Menggunakan Media Monopoli IPA Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Materi Tata Surya. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 3(1), 93–98.
Budiarti, I., & Airlanda, G. S. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 2(1), 167–183.
Febriana, R. naena, Suryani, D. I., & Taufik, A. N. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Socio-Scientific Issues pada Tema Food Loss and Food Waste untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(2), 445–453. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i2.1004
Firdaus, R. J., Wahyuni, S., & Utomo, A. P. (2021). Analisis Penggunaan Video Pembelajaran IPA Kontekstual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Physics and Science Education Journal (PSEJ), 1(2).
Fitra, D. K. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Materi Tata Surya Di Kelas VII SMP. Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 5(2), 278–290. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31258/jta.v5i1.278-290
Fitria, A. D., Mustami, M. K., & Taufiq, A. U. (2017). Pengembangan Media Gambar Berbasis Potensi Lokal Pada Pembelajaran Materi Keanekaragaman Hayati Di Kelas X Di SMA 1 Pitu Riase Kab. Sidrap Development. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 14–28.
Hapiza, N. (2023). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran STEM-PjBL Dengan Pendekatan Etnosains Pada Materi Tata Surya di MTs Negeri 1 Pekanbaru. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru.
Haryadi, R., Prihatin, I., Oktaviana, D., & Herminovita, H. (2022). Pengembangan Media Video Animasi Menggunakan Software Powtoon Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 11(1), 11. https://doi.org/10.30821/axiom.v11i1.10339
Kurniawati, T. D., Akhdinirwanti, R. W., & Fatmaryanti, S. D. (2021). Pengembangan E-Modul Menggunakan Aplikasi 3D PageFlip Professional Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains ( JIPS ), 2(1), 32–41.
Mahanal, S., & Zubaidah, S. (2017). Model Pembelajaran RICOSRE Yang Berpotensi Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kreatif. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(5), 676–685.
Mahanal, S., Zubaidah, S., Sumiati, I. D., Sari, T. M., & Ismirawati, N. (2019). RICOSRE: A learning model to develop critical thinking skills for students with different academic abilities. International Journal of Instruction, 12(2), 417–434. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12227a
Maslakhatunni’mah, D., Safitri, L. B., & Agnafia, D. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VII SMP. Seminar Nasional Pendidikan Sains 2019, 179–185.
Nissa, N. A., Dimas, A., & Anfa, Q. (2023). Pengembangan E-Modul IPA Berbasis Poe (Predict, Observe, Explain) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Pesawat Sederhana Kelas VIII SMP. Eduproxima, 5(2), 180–189. http://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/eduproxima
Prihatiningtyas, S., Tijanuddarori, M. W., & Sholihah, F. N. (2021). Media Interaktif E-Modul Biologi Materi Virus Sebagai Pendukung Pembelajaran Daring Di MAN 3 Jombang. Journal of Educatio n and Management Studies, 4(3), 1–8.
Putri, Y. (2023). Pengaruh Model Ricosre Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Sikap Ilmiah Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI SMA. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Rukoyatun. (2018). Pengembangan E-Modul Interaktif Sebagai Sumber Belajar Dasar Desain Grafis Kelas X SMK Negeri 9 Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Setiawati, E., Rahayu, H. M., & Setiadi, E. A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Modul Pada Materi Animalia Kelas X SMAN 1 Pontianak. Bioeducation, 4(1), 47–57.
Susilawati, E., Agustinasari, A., Samsudin, A., Indonesia, U. P., Siahaan, P., & Indonesia, U. P. (2020). Analisis Tingkat Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. February. https://doi.org/10.29303/jpft.v6i1.1453
Zulkarnain. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran RICOSRE Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Virus Kelas X IPA SMA Mujahidin Pontianak (Vol. 2). IKIP PGRI Pontianak.
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.