Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Aplikasi Android PIPA (Pintar IPA) Menggunakan Kodular pada Materi Sistem Pencernaan Manusia
DOI:
https://doi.org/10.37630/jpm.v14i2.1630Keywords:
Media Pembelajaran, Kodular Android, Sistem Pencernaan Manusia, Model Pengembangan 4DAbstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran IPA berbasis aplikasi android PIPA (Pintar Ipa) menggunakan kondular serta mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran IPA pada materi sistem pencernaan manusia kelas VIII SMP.. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4D yang terdiri dari empat tahapan, yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran). Subjek ujicoba produk penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP NW Suralaga sebanyak 20 peserta didik. Instrument pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket, kajian pustaka dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan yaitu analisis kuantitatif. Analisis data kuantitatif dihasilkan dari penyebaran angket kepada para ahli, guru, dan siswa.Tingkat kelayakan media pembelajaran diketahui dari hasil validasi oleh ahli media dan ahli materi. Hasil validasi ahli media dan ahli materi didapatkan presentase nilai sebesar 84% dan 82% dengan kriteria sangat layak. Serta dilakukan penilaian respon guru dengan hasil 96% pada kategori sangat layak. Kemudian ujicoba terbatas pada peserta didik dengan presentase nilai rata-rata 85% pada kriteria sangat layak. Hasil yang telah diperoleh tersebut menunjukkan bahwa pengembangan media berbasis aplikasi android PIPA menggunakan kodular dalam kelayakan sangat baik. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan salah satu media pembelajaran yang efektif dalam proses pembelajaran.
Downloads
References
Aeni, Wiwik Akhirul, and Ade Yusupa. 2018. “Model Media Pembelajaran KodularUntuk Sma.” Jurnal
Kwangsan 6 (1): 43. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v6n1.p43--59
Alfarisy M. R., Riri Okra, Khairuddin, & Sarwo Derta. (2023). Perancangan Media Pembelajaran IPA Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Ampek Angkek Menggunakan Kodular. JATI: Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika, 7(1), 666-667. https://doi.org/10.36040/jati.v7i1.6456
Ali Fikri, A. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Guided Inquiry
Untuk Meningkatkan Creative Thinking Siswa. Thabiea, vol 1 (1). DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thabiea.v1i1.3651
Arifin, Zainal. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Christiana, H. S. (2021) Studi Literatur Aplikasi Minyak Atsiri Dan Oleoresin Rempah Jahe, Pala Serta Lada Dalam Bidang Pangan. Tesis. Semarang: Fakultas Teknologi Pertanian.
Herlainus, & Gunadi, G. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Organ Gerak Hewan Dan Manusia Berbasis Android Menggunakan Kodular. Jurnal Informatik, E-ISSN : 2655-139X, 18(1), 88-96. https://doi.org/10.52958/iftk.v17i4.4605
Prianbogo A. A., & Veni R. (2022). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Android Dengan Aplikasi Kodular Pada Mobile Learning Mata Pelajaran Penataan Produk Kelas XI BDP SMK. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 10(1) 1669-1674. https://doi.org/10.26740/jptn.v10n2.p1669-1678
Rahmawati, A., (2021). Pengembangan Video Animasi Dengan Aplikasi Powtoon Berbasis Etnosains Materi Bioteknologi Pada Kelas IX SMP/MTs. Skripsi. Lampung: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan.
Ramli, M.,(2015). Media Pembelajaran dalam Perspektif Al-Qur’an dan Al-Hadits. In Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, 13, Issue 23.
Ronkainen, R., Kuusisto, E., & Tirri, K. (2019). Growth Mindset in Teaching: A Case Study of a Finnish Elementary School Teacher. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 18(8), 141–154. https://doi.org/10.26803/ijlter.18.8.9
Sanjaya, Wina. (2015). Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Satriani, N., Hety, M., A, Lisana, O.,M., (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Ekonomi Berbasis Android dengan Platform KODULAR pada Materi Pengantar Ilmu Ekonomi untuk Siswa Kelas X di SMAN Balung Kabupaten Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 11(2), 122-130. https://doi.org/10.26740/jupe.v11n2.p122-130
Subagyo, joko. (2011). Metode Penelitian Dalam Teori Dan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Suharsimi Arikunto (2011). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan praktek. Jakarta : Rineka Cipta. hlm. 206.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wulandari, Nyemas. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif
Berbasis Android Untuk Pembelajaran Fisika Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), Vol 8, No 12. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v8i12.37800
Yunus, Y., & Fransisca, M. (2020). Analisis Kebutuhan Medi Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Kewirausahaa. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(2), 118–127. https://doi.org/10.21831/jitp.v7i1.32424
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.