Pengembangan E-LKPD Interaktif Berbasis Liveworksheet untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear
DOI:
https://doi.org/10.37630/jpm.v14i2.1634Keywords:
e-LKPD, Liveworksheet, Pemecahan Masalah, MatematikaAbstract
Siswa kurang diberikan kesempatan untuk berpikir, mencari tahu, dan memecahkan sendiri materi yang meraka kerjakan, tujuan penelitian ini mengetahui karakteristik e-LKPD Interaktif berbasis Liveworksheet yang valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika. Jenis penelitian pengembangan dengan alur penelitian terdiri dari preliminary research, prototyping, dan assessment. Subjek penelitian adalah siswa kelas XB dan XC SMA N 2 Bangli. Objek penelitian adalah e-LKPD. Metode penelitian adalah kuantitatif dan kualitatif. Metode pengumpulan data angket dan tes. Instrumen penelitian berupa angket untuk mengukur kevalidan materi, media, kepraktisan, dan tes untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah. Analisis instrumen menggunakan uji validitas butir tes pemecahan masalah, materi, media, dan keperaktisan. Teknik analisis data validitas materi dan media menggunakan perolehan skor rata-rata, kepraktisan menggunakan persentase, dan kemampuan pemecahan masalah menggunakan perolehan skor rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan perolehan skor validitas ahli I 3,79 dan ahli II 3,77 kategori sangat valid, hasil kepraktisan dari respon siswa memperoleh pesentase 85,20% kategori praktis, respon guru memperoleh 92% kategori sangat peraktis, dan hasil efektivitas yakni rata-rata skor tes pemecahan masalah matematika untuk siswa kelas XB adalah 85,23 dan rata-rata nilai siswa XC adalah 90,80 tergolong dalam kategori tuntas. Simpulan e-LKPD interaktif berbasis Liveworksheet memiliki karakteristik dapat digunakan secara fleksibel serta dapat terhubung dengan applet geogebra, valid, praktis, efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah.
Downloads
References
Amalia, I., Roesminingsih, M. V., & Yani, M. T. (2022). Pengembangan LKPD Interaktif Berbasis Liveworksheet untuk Meningkatankan Hasil Belajar IPS Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8154. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3762
Asrar, A., Arnawa, M., & Permana, D. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Panti. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 11(1), 183. https://doi.org/10.25273/jems.v11i1.14361
Asri Pratiwi, G., Andri Nugroho, A., & Ngatmini. (2023). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Pbl Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(1), 678. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i1.727
Aulia, R. De, & Rukmana, D. (2023). E-LKPD Berbasis Problem Solving dengan Pendekatan Kontekstual pada Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi …, 6(3), 636–650. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPPG/article/view/66459%0Ahttps://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPPG/article/download/66459/28788
Karina, & Sujarwo. (2023). Pengembangan E-LKPD interaktif berbasis masalah pada materi penyajian data dalam bentuk diagram batang development of problem-solving in interactive E-LKPD on data presentation materials in the form of bar diagram. Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA (JP2MIPA, 7(2), 129–141.
Marhaeni, N. H., & Fitri, I. A. (2023). Pelatihan Pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Live Worksheet di SMA Dharma Amiluhur. Indonesian Journal Of Civil Society, 5(1), 45. https://doi.org/10.35970/madani.v1i1.1692
Panjaitan, S. N., Mansyur, A., & Syahputra, H. (2023). Pengembangan LKPD Elektronik (E-LKPD) Berbasis Problem- Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Peserta Didik SMP IT Indah Medan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1900. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2341
Permana, P. T. (2019). LKPD Berbasis Scientific Approach Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Sekolah Dasar. Estuarine, Coastal and Shelf Science, 2020(1), 80.
Puspita Sari, D., & Desniarti. (2024). Pengembangan LKPD berbasis problem based instruction (PBI) untuk kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 7(1), 132. https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i1.21297
Septiani, A., Yuhana, Y., & Sukirwan, S. (2022). Pengembangan LKPD untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika : Systematic Literature Review. Jurnal Basicedu, 6(6), 10110–10121. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.3782
Siregar, S. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah …. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 851(4), 850–859. http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14361%0Ahttp://repository.uinsu.ac.id/14361/1/SKRIPSI LENGKAP SULISTIANTI SIREGAR.pdf
Widiyani, A., & Pramudiani, P. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Software Liveworksheet pada Materi PPKn. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(1), 132. https://doi.org/10.20961/jdc.v5i1.53176
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.