Efektivitas Perangkat Pembelajaran IPA SMP Berbasis Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa

  • Rohmatus Syafi'ah Universitas Bhinneka PGRI
  • Rahyu Setiani Universitas Bhinneka PGRI

Abstract

Salah satu cabang ilmu pengetahuan yang menggunakan sikap dan proses ilmiah dalam mempelajari kejadian alam secara empiris, rasional dan sistematis adalah Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). IPA sangat penting untuk diajarkan dengan tujuan membekali peserta didik dalam kehidupan untuk memecahkan masalah secara ilmiah. Faktanya, di SMP Sunan Ampel dan SMP PGR 1 Tulungagung dalam pembelajaran IPA cenderung mengajarkan siswa untuk hafalan sehingga keterampilan proses sains siswa terabaikan. Perangkat pembelajaran yang dapat melatihkan keterampilan proses sains diperlukan untuk mensiasatinya. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran IPA berbasis model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi zat aditif dan zat adiktif yang efektif untuk melatihkan keterampilan proses sains. Pengembangan mengacu pada model 4D proses eempat langkah yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan diseminasi. Pengembangan perangkat berupa modul ajar, LKPD, handout, dan instrumen tes keterampilan peoses sains. Instrumen yang digunakan berupa soal tes dalam bentuk essay sejumlah 10 soal dengan tiga indikator yaitu mengelompokkan, menginterpretasi, dan menyimpulkan. Teknik analisis data untuk menilai efektivitas perangkat pembelajaran berupa analisis kuantitatif. Berdasarkan nilai rata-rata N-gain penelitian sebesar 0,63, perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat melatihkan keterampilan proses sains siswa. Nilai ini termasuk dalam kategori sedang.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Efektivitas Perangkat, Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Proses Sains

References

Anggraeni, L., & Hidayah, R. (2019). VALIDITAS LEMBAR KEGIATAN SISWA PRAKTIKUM KIMIA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI LAJU REAKSI. Unesa Journal of Chemical Education, 82-87. doi: https://doi.org/10.26740/ujced.v8n1.p%25p

Areesophonpichet, S. (2013). A Development of Analytical Thinking Skills of Graduate Students by Using Concept Mapping. . The Asian Conference on Education 2013 Official Conference Proceeding (pp. 795-816). Thailand: Chulalongkorn University.

Ausubel, D. P. (1960). The Use of Advanced Organizermin The Learning And Retention of Meaningful Verbal Material. Meaningful Verbal Material. Journal of Education Pshycology,, 267-272.

Budiyono, A., & Hartini . (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Wacana Didaktika: Jurnal Pemikiran penelitian pendidikan dan sains, 141-149. doi:https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.4.2.141-149

Deswita, P., & Firnmasyah. (2020). Efektivitas Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika SMA Berbasis Science Environment Technology and Social (SETS). NATURAL SCIENCE: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, 81-90. doi: 10.15548/nsc.v6i1.1558

Gagne, R. M. (1985). The Condition of Learning and Theory of Instruction. 4th. New York: Holt, Rinehart & Winston.

Herowati, & Azizah, L. F. (2022). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBANTUAN BUKU PETUNJUK MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS KONTEKSTUAL PESISIR. Lensa (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 51-60. doi:https://doi.org/10.24929/lensa.v12i1.198

Kheng, Y. T. (2008). Longman Scince Process Skills Form 1. Malaysia: Pearson Longman.

Putri, M. H., Fahmi, & Wahyuningsih, E. (2021). EFEKTIVITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMP PADA MATERI POKOK LISTRIK STATIS. JOUrnal of Banua Science Education, 79-84.

Putri, W. A., Astalina, & Darmaji. (2022). “Analisis Kegiatan Praktikum Untuk Dapat Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Kemampuan Berpikir Kritis. Edukatif:Jurnal Ilmu Pendidikan, 61-68. doi:https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2638

Report, C. S. (2012). A Framework for K-12 Science Education: Practices, Crosscutting Concepts, and Core Ideas. Washington, DC: National Academies Press.

Rustaman, N. Y. (2003). Pengembangan keterampilan proses sains. Bandung: FPMIPA UPI.

Sari, S. N. (2019). Analisis Keterampilan Proses Sains Pembelajaran Larutan Penyangga Menggunakan Siklus Belajar Hipotesis Deduktif. EduChemia (Jurnal Kimia dan Pendidikan), 77-88. doi:http://dx.doi.org/10.30870/educhemia.v4i1.4055

Sari, W. P., Sahidu, H., & Harjono, A. (2022). Efektivitas Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Discovery berbantuan Simulasi PhET untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 995-1000. doi:10.29303/jipp.v7i2c.437

Sholihah, M., & Pertiwi, F. N. (2021). Efektivitas Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) Penemuan Konsep terhadap Kemampuan Menyimpulkan Sub Materi Sistem Ekskresi. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 159-170. doi:https://doi.org/10.21154/jtii.v1i2.155

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: CV Alfabeta.

Tadda, I. A. (2020). Studi Awal Keterampilan Proses Sains Peserta Didik. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Thiagarajan, S. S. (1974). Instructional Development for teacher of exceptional Children. Blomington: Indiana University.

Trisnowati, A., Bakti, I., & Sholahuddin, A. (2020). MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING. JCAE, Journal of Chemistry And Education, 126-132. doi: https://doi.org/10.20527/jcae.v3i3.427

Wahyuningsih, F. S. (2014). Pengembangan LKS berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Pokok Hidrolisis Garam untuk SMA/MA. Jurnal Paedagogia, 94-103. doi:https://doi.org/10.20961/paedagogia.v17i1.36061

Widyanti, R. D. (2020). Pengaruh Teknik Pembelajaran Pictorial Riddle Berbantuan LKPD berbasis Inquiry Learning terhadap Keterampilan Proses Sains pada materi Pemantulan Cahaya. Junal Ilmu Pendidikan, 37-45. doi:https://doi.org/10.32939/tarbawi.v16i01.522

Zahrotin, A., Anfa, Q., & Agnafia, D. N. (2021). KEEFEKTIFAN MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA. Jurnal Jendela Pendidikan, 43-47. doi: https://doi.org/10.57008/jjp.v1i02.8

Published
2024-09-01
How to Cite
Rohmatus Syafi’ah, & Rahyu Setiani. (2024). Efektivitas Perangkat Pembelajaran IPA SMP Berbasis Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 14(3), 652-659. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i3.1636
Abstract viewed = 32 times
PDF downloaded = 26 times