Pengembangan Soal Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Pendekatan Realistik

Authors

  • Wahyu Dwi Puspitasari Universitas Islam Balitar
  • Filda Febrinita Universitas Islam Balitar
  • Ratika Sekar Ajeng Ananingtyas Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.37630/jpm.v14i2.1638

Keywords:

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Pendekatan Realistik, Pengembangan Model ADDIE

Abstract

Penelitian pengembangan soal kemampuan pemecahan masalah matematis dengan pendekatan realistik dilaksanakan bertujuan untuk menghasilkan soal yang mempermudah mahasiswa dalam memahami dan melakukan penalaran serta melatihkan kemampuan divergen. Penelitian ini dilaksanakan dengan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar validasi uji coba ahli. Setelah dilaksankan analisis, desain dan pengembangan dilakukan pengujian kepada tiga ahli dan juga uji coba skala kecil. Uji coba skala kecil dilakukan pada lima mahasiswa FTI yang telah mendapatkan materi matrik. Hasil dari penelitian ini adalah 6 soal yang telah dinyatakan valid oleh 3 ahli dengan skor VR adalah 3,0. Skor ini termasuk kedalam kriteria sangat tinggi. 6 soal tersebut diuji cobakan pada skala kecil dan memperoleh hasil 5 soal dinyatakan valid. Satu soal tidak valid dikarenakan hasil pengujian validitas empiric dengan korelasi product moment menggunakan SPSS diperoleh nilai 0,423 dan signifikansi 0,471. Nilai tersebut lebih besar dari r_tabel yaitu 0,878 dan signifikansinya lebih besar dari 0,05 sehingga dinyatakan tidak valid. Hasil pengujian reliabilitas mendapatkan nilai 0,914. Sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan maka 5 soal yang telah valid memiliki reliabilitas yang sangat tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bidasari, F., Studi, P., & Matematika, P. (2017). Pengembangan Soal Matematika Model Pisa Pada Konten Quantity Untuk Mengukur Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Gantang, 2(1), 63–77.

Domu, I., Manangin, S. A., & Pinontoan, K. F. (2022). Pengembangan Soal Pemecahan Masalah untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 5(1), 1–13. https://doi.org/10.30762/f_m.v5i1.605

Ginga, U. A., & Ndidi, O. P. A. (2023). Effect of Polya’s Problem Solving Model on Performance in Algebra Among Senior Secondary School Students ini Minna, Nigeria State, Nigeria. Journal of Healt, Physical Education, Sports and Leisure Studies, 8(1), 39–50.

Hafid, H., & Syamsuddin, A. (2022). The Effect of Realistic Mathematics Approach on Mathematical Problem Solving Ability of Elementary School Students. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 5(2), 145–156.

Hamid, M., Sufi, I., Konadi, W., & Yusrizal, A. (2019). Analisis Jalur Dan Aplikasi Spss Versi 25. In Aceh. Kopelma Darussalam (Pertama). Sefa Bumi Persada.

Haryonik, Y., & Bhakti, Y. B. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Lembar Kerja Siswa Dengan Pendekatan Matematika Realistik. MaPan: Jurnal matematika dan pembelajaran, 6(1), 40–55.

Jones, I., & Inglis, M. (2015). The problem of assessing problem solving: can comparative judgement help? Educational Studies in Mathematics, 89(3), 337–355. https://doi.org/10.1007/s10649-015-9607-1

Laurens, T., Batlolona, F. A., Batlolona, J. R., & Leasa, M. (2017). How does realistic mathematics education (RME) improve students’ mathematics cognitive achievement? Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(2), 569–578. https://doi.org/10.12973/ejmste/76959

Mangelep, N. O., & Kaunang, D. F. (2018). Pengembangan Soal Matematika Realistik Berdasarkan Kerangka Teori Program for International Students Assesment. Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 263–272.

Ningsih, E. A. S., Ariani, N. M., & Syofiana, M. (2020). Pengembangan Soal Untuk Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Xi Sma. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 2(2), 136–145. https://doi.org/10.31851/indiktika.v2i2.4126

Nurjamaludin, M., Gunawan, D., Adireja, R. K., & Alani, N. (2021). Realistic Mathematics Education (RME) approach to increase student’s problem solving skill in elementary school. Journal of Physics: Conference Series, 1987(1), 6–10. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1987/1/012034

Pólya, G. (2004). Part1. in the Classroom. In How to Solve It: A New Aspect of Mathematical Method.

Puspitasari, W. D., & Febrinita, F. (2020). Persepsi Mahasiswa Tentang Pemahaman Konsep Kinematika Gerak Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis. Unnes Physics Education Journal, 9(2), 197–208. https://doi.org/10.15294/upej.v9i2.41927

Puspitasari, W. D., Febrinita, F., & Santi, I. H. (2023). Pencapaian Kemampuan 4C Abad 21 Mahasiswa Melalui Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Mind Mapping. ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 9(2), 284. https://doi.org/10.31764/orbita.v9i2.17762

Qomariyah, R., Zainudi, M., & Rohmah, I. I. T. (2023). Validitas dan Reliabilitas Instrumen Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Berbasis Etnomatematika. Seminar Nasional Pendidikan FPMIPA IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1), 481–484.

Rayanto, Y. H., & Sugianti, S. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE & R2D2 (T. Rokhmawan (ed.)). Lembaga Academic & Research Institute.

Riyani, R., Maizora, S., & Hanifah, H. (2017). Uji Validitas Pengembangan Tes Untuk Mengukur Kemampuan Pemahaman Relasional Pada Materi Persamaan Kuadrat Siswa Kelas Viii Smp. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(1), 60–65. https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.1.60-65

Salkind, N. J. (2018). Exploring Research (Eight Edit). Pearson.

Sirait, I. I., Bharata, H., & Asmiati, A. (2020). The Development of Problem Solving To Improve Understand Mathematical Concepts. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 3(1), 48–51. https://doi.org/10.33122/ijtmer.v3i1.130

Syahri, A. A. (2017). Pengaruh Penerapan Pendekatan Realistik Setting Kooperatif Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas Viii. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajran, 5(2), 216–235. https://doi.org/10.24252/mapan.v5n2a5

Wartono, W., Batlolona, John RafafySutopo, S., & Rahmatina, D. I. (2019). Development of problem solving ability test on the work-energy material. Journal of Education and Learning (EduLearn), 13(2), 268–276. https://doi.org/10.11591/edulearn.v13i2.12400

Wibowo, T. E., & Faizah, S. (2021). Pengembangan Soal Tes Untuk Mengukur Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Bentuk Aljabar. Alifmatika: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 3(2), 145–158. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2021.v3i2.145-158

Wijaya, E. M. S., & Irianti, N. P. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Realistic Mathematic Education (Rme). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 648. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3103

Winarto, Sarwi, S., Cahyono, E., & Sumarni, W. (2022). Developing a Problem-Solving Essay Test Instrument (PSETI) in the Instruction of Basic Science Concepts in Ethnoscience Context. Journal of Turkish Science Education, 19(1), 37–51. https://doi.org/10.36681/tused.2022.108

Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23. https://doi.org/10.21831/jorpres.v13i1.12884

Downloads

Published

2024-06-28