Pengembangan Soal Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Pendekatan Realistik
DOI:
https://doi.org/10.37630/jpm.v14i2.1638Keywords:
Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Pendekatan Realistik, Pengembangan Model ADDIEAbstract
Penelitian pengembangan soal kemampuan pemecahan masalah matematis dengan pendekatan realistik dilaksanakan bertujuan untuk menghasilkan soal yang mempermudah mahasiswa dalam memahami dan melakukan penalaran serta melatihkan kemampuan divergen. Penelitian ini dilaksanakan dengan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar validasi uji coba ahli. Setelah dilaksankan analisis, desain dan pengembangan dilakukan pengujian kepada tiga ahli dan juga uji coba skala kecil. Uji coba skala kecil dilakukan pada lima mahasiswa FTI yang telah mendapatkan materi matrik. Hasil dari penelitian ini adalah 6 soal yang telah dinyatakan valid oleh 3 ahli dengan skor VR adalah 3,0. Skor ini termasuk kedalam kriteria sangat tinggi. 6 soal tersebut diuji cobakan pada skala kecil dan memperoleh hasil 5 soal dinyatakan valid. Satu soal tidak valid dikarenakan hasil pengujian validitas empiric dengan korelasi product moment menggunakan SPSS diperoleh nilai 0,423 dan signifikansi 0,471. Nilai tersebut lebih besar dari r_tabel yaitu 0,878 dan signifikansinya lebih besar dari 0,05 sehingga dinyatakan tidak valid. Hasil pengujian reliabilitas mendapatkan nilai 0,914. Sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan maka 5 soal yang telah valid memiliki reliabilitas yang sangat tinggi.
Downloads
References
Bidasari, F., Studi, P., & Matematika, P. (2017). Pengembangan Soal Matematika Model Pisa Pada Konten Quantity Untuk Mengukur Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Gantang, 2(1), 63–77.
Domu, I., Manangin, S. A., & Pinontoan, K. F. (2022). Pengembangan Soal Pemecahan Masalah untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 5(1), 1–13. https://doi.org/10.30762/f_m.v5i1.605
Ginga, U. A., & Ndidi, O. P. A. (2023). Effect of Polya’s Problem Solving Model on Performance in Algebra Among Senior Secondary School Students ini Minna, Nigeria State, Nigeria. Journal of Healt, Physical Education, Sports and Leisure Studies, 8(1), 39–50.
Hafid, H., & Syamsuddin, A. (2022). The Effect of Realistic Mathematics Approach on Mathematical Problem Solving Ability of Elementary School Students. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 5(2), 145–156.
Hamid, M., Sufi, I., Konadi, W., & Yusrizal, A. (2019). Analisis Jalur Dan Aplikasi Spss Versi 25. In Aceh. Kopelma Darussalam (Pertama). Sefa Bumi Persada.
Haryonik, Y., & Bhakti, Y. B. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Lembar Kerja Siswa Dengan Pendekatan Matematika Realistik. MaPan: Jurnal matematika dan pembelajaran, 6(1), 40–55.
Jones, I., & Inglis, M. (2015). The problem of assessing problem solving: can comparative judgement help? Educational Studies in Mathematics, 89(3), 337–355. https://doi.org/10.1007/s10649-015-9607-1
Laurens, T., Batlolona, F. A., Batlolona, J. R., & Leasa, M. (2017). How does realistic mathematics education (RME) improve students’ mathematics cognitive achievement? Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(2), 569–578. https://doi.org/10.12973/ejmste/76959
Mangelep, N. O., & Kaunang, D. F. (2018). Pengembangan Soal Matematika Realistik Berdasarkan Kerangka Teori Program for International Students Assesment. Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 263–272.
Ningsih, E. A. S., Ariani, N. M., & Syofiana, M. (2020). Pengembangan Soal Untuk Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Xi Sma. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 2(2), 136–145. https://doi.org/10.31851/indiktika.v2i2.4126
Nurjamaludin, M., Gunawan, D., Adireja, R. K., & Alani, N. (2021). Realistic Mathematics Education (RME) approach to increase student’s problem solving skill in elementary school. Journal of Physics: Conference Series, 1987(1), 6–10. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1987/1/012034
Pólya, G. (2004). Part1. in the Classroom. In How to Solve It: A New Aspect of Mathematical Method.
Puspitasari, W. D., & Febrinita, F. (2020). Persepsi Mahasiswa Tentang Pemahaman Konsep Kinematika Gerak Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis. Unnes Physics Education Journal, 9(2), 197–208. https://doi.org/10.15294/upej.v9i2.41927
Puspitasari, W. D., Febrinita, F., & Santi, I. H. (2023). Pencapaian Kemampuan 4C Abad 21 Mahasiswa Melalui Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Mind Mapping. ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 9(2), 284. https://doi.org/10.31764/orbita.v9i2.17762
Qomariyah, R., Zainudi, M., & Rohmah, I. I. T. (2023). Validitas dan Reliabilitas Instrumen Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Berbasis Etnomatematika. Seminar Nasional Pendidikan FPMIPA IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1), 481–484.
Rayanto, Y. H., & Sugianti, S. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE & R2D2 (T. Rokhmawan (ed.)). Lembaga Academic & Research Institute.
Riyani, R., Maizora, S., & Hanifah, H. (2017). Uji Validitas Pengembangan Tes Untuk Mengukur Kemampuan Pemahaman Relasional Pada Materi Persamaan Kuadrat Siswa Kelas Viii Smp. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(1), 60–65. https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.1.60-65
Salkind, N. J. (2018). Exploring Research (Eight Edit). Pearson.
Sirait, I. I., Bharata, H., & Asmiati, A. (2020). The Development of Problem Solving To Improve Understand Mathematical Concepts. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 3(1), 48–51. https://doi.org/10.33122/ijtmer.v3i1.130
Syahri, A. A. (2017). Pengaruh Penerapan Pendekatan Realistik Setting Kooperatif Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas Viii. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajran, 5(2), 216–235. https://doi.org/10.24252/mapan.v5n2a5
Wartono, W., Batlolona, John RafafySutopo, S., & Rahmatina, D. I. (2019). Development of problem solving ability test on the work-energy material. Journal of Education and Learning (EduLearn), 13(2), 268–276. https://doi.org/10.11591/edulearn.v13i2.12400
Wibowo, T. E., & Faizah, S. (2021). Pengembangan Soal Tes Untuk Mengukur Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Bentuk Aljabar. Alifmatika: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 3(2), 145–158. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2021.v3i2.145-158
Wijaya, E. M. S., & Irianti, N. P. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Realistic Mathematic Education (Rme). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 648. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3103
Winarto, Sarwi, S., Cahyono, E., & Sumarni, W. (2022). Developing a Problem-Solving Essay Test Instrument (PSETI) in the Instruction of Basic Science Concepts in Ethnoscience Context. Journal of Turkish Science Education, 19(1), 37–51. https://doi.org/10.36681/tused.2022.108
Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23. https://doi.org/10.21831/jorpres.v13i1.12884
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.