Pengembangan Media Kartu Bergambar dalam Pembelajaran Make and Match untuk Meningkatkan Minat Belajar Materi Gaya pada Siswa Kelas IV
DOI:
https://doi.org/10.37630/jpm.v14i2.1703Keywords:
Media Kartu Bergambar, Make and Match, Minat BelajarAbstract
Kurangnya pemahaman peserta didik terhadap materi juga disebabkan model, strategi, metode yang tidak tepat dengan kondisi peserta didik. Ketidaktepatan guru dalam merancang kegiatan pembelajaran menjadi salah satu penyebab kurangnya minat belajar peserta didik. Permasalahan lain kurangnya ketersediaan perangkat pembelajaran di sekolahan. Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan media kartu bergambar dengan model Make and Match untuk meningkatkan minat belajar peserta didik kelas IV SD. Jenis Penelitian ini adalah Research and Development (RnD) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan observasi, wawancara, penilaian instrumen lembar validasi, angket respon, kepraktisan, dan kefektivan. Hasil validasi media sebesar 95%, dan hasil validasi materi sebesar 98%, dan hasil validasi desain pembelajaran sebesar 94% sehingga dikategorikan sangat valid. Uji kepraktisan meleibatkan 6 peeserta didik mendapat hasil sebesar 85%. Uji keefektifan dengan melibatkan 16 peserta didik kelas IV SD yang diukur menggunakan pre-test untuk sebelum perlakuan dan post-test setelah perlakuan menggunakan media kartu bergambar. Dari analisis nilai pre-test dan post-test ditemukan bahwa nilai rata-rata 90.63 diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000. Hal ini menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) < 0.05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya, terdapat perbedaan secara signifikan antara rata-rata hasil pembelajaran pada tahap awal dan akhir yang menandakan adanya pengaruh dari penggunaan media kartu bergambar. Hal tersebut dapat di simpulkan media tersebut efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa untuk kelas IV SD.
Downloads
References
Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 4.
Gosachi, I. M. A., & Japa, I. G. N. (2020). Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Kartu Gambar Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 152. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.25260
Hasdiana, U. (2018). MANFAAT MEDIA DALAM PEMBELAJARAN Oleh: Analytical Biochemistry, 11(1), 1–5. http://link.springer.com/10.1007/978-3-319-59379-1%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/B978-0-12-420070-8.00002-7%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.ab.2015.03.024%0Ahttps://doi.org/10.1080/07352689.2018.1441103%0Ahttp://www.chile.bmw-motorrad.cl/sync/showroom/lam/es/
Kembang Dadar, P., Hermansah, B., & Selegi, S. F. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Make A Match terhadap Hasil BelajarIPS Siswa Kelas V SD Negeri 21 Palembang. Journal on Teacher Education, 4(2), 55–61.
Ma’aniyah, S., & Mintohari. (2019). Pengembangan Media Kartu Gambar Berbasis Make a Match Dalam Pemahaman Konsep Materi Gaya Sekolah Dasar. Jpgsd, 7(2), 2749–2759.
Mardati, A., & Wangid, M. N. (2015). Pengembangan Media Permainan Kartu Gambar Dengan Teknik Make a Match Untuk Kelas I Sd. Jurnal Prima Edukasia, 3(2), 120. https://doi.org/10.21831/jpe.v3i2.6532
Moto, M. M. (2019). Indonesian Jurnal of Primary Education. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20–28.
Mulyana, D., Puri, I. D., Amoni, R., Wiralodra, U., & Indramayu, S. M. A. N. (2021). Penerapan Pembajaran Make a Match pada Materi Limit Fungsi untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Hasil Belajar Matematika pembelajaran make a match merupakan salah satu jenis dari model pembelajaran kooperatif . mampu dalam meningkatkaan keaktifan serta me. 303–314.
Ningrum, T. S., Sari, M. K., & Listiani, I. (2022). Pengaruh Metode Make A Match Berbantuan Flashcard Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Di SDN 03 Madiun Lor. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 1582–1592. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID
Nur, A., Tri, Y., Alfarizi, M. R., Liza, T., Sapitri, W., & Miliyarta, U. (2023). ANALISIS HASIL PENGGUNAAN MEDIA PEMBELELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR ini sangat dibutuhkan dalam kehidupan manusia . Salah satu kemampuan yang harus tersebut supaya nantinya dapat mengajarkan kepada siswa dan juga mengiku. JIMR : Journal Of International Multidisciplinary Research, 02(01 Juni), 44–52. http://azramedia-indonesia.azramediaindonesia.com/index.php/JIMR/article/view/618%0Ahttps://azramedia-indonesia.azramediaindonesia.com/index.php/JIMR/article/download/618/527
Nurma Pertiwi, I., Sumarno, & Dwi, A. (2019). Pengaruh Model Make A Match Berbantu Media Kartu Bergambar terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 261–270.
Ragil Aria Irawan, & Henry Aditia Rigianti. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Berbasis Kartu Bergambar terhadap Hasil Belajar Siswa. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 1289–1299. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.1971
Soedibyo. (2003). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL. Teknik Bendungan, 1–7.
Tamelab, H., & Ngurah Japa, I. G. (2021). Dampak Model Pembelajaran Make a Match Bermediakan Kartu Bergambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V di SD. Journal of Education Action Research, 5(4), 478. https://doi.org/10.23887/jear.v5i4.12340
Wijanarko, Y. (2017). Model Pembelajaran Make a Match Untuk Pembelajaran Ipa Yang Menyenangkan. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 1(1), 52–59. https://doi.org/10.30738/tc.v1i1.1579
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.