Pengembangan Media Kartu Bergambar dalam Pembelajaran Make and Match untuk Meningkatkan Minat Belajar Materi Gaya pada Siswa Kelas IV

Authors

  • Laily Ocktavia Adreyani Universitas Kristen Satya Wacana
  • Wahyudi Wahyudi Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.37630/jpm.v14i2.1703

Keywords:

Media Kartu Bergambar, Make and Match, Minat Belajar

Abstract

Kurangnya pemahaman peserta didik terhadap materi juga disebabkan model, strategi, metode yang tidak tepat dengan kondisi peserta didik. Ketidaktepatan guru dalam merancang kegiatan pembelajaran menjadi salah satu penyebab kurangnya minat belajar peserta didik. Permasalahan lain kurangnya ketersediaan perangkat pembelajaran di sekolahan. Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan media kartu bergambar dengan model Make and Match untuk meningkatkan minat belajar peserta didik kelas IV SD. Jenis Penelitian ini adalah Research and Development (RnD) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan observasi, wawancara, penilaian instrumen lembar validasi, angket respon, kepraktisan, dan kefektivan. Hasil validasi media sebesar 95%, dan hasil validasi materi sebesar 98%, dan hasil validasi desain pembelajaran sebesar 94% sehingga dikategorikan sangat valid. Uji kepraktisan meleibatkan 6 peeserta didik mendapat hasil sebesar 85%. Uji keefektifan dengan melibatkan 16 peserta didik kelas IV SD yang diukur menggunakan pre-test untuk sebelum perlakuan dan post-test setelah perlakuan menggunakan media kartu bergambar. Dari analisis nilai pre-test dan post-test ditemukan bahwa nilai rata-rata 90.63 diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000. Hal ini menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) < 0.05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya, terdapat perbedaan secara signifikan antara rata-rata hasil pembelajaran pada tahap awal dan akhir yang menandakan adanya pengaruh dari penggunaan media kartu bergambar. Hal tersebut dapat di simpulkan media tersebut efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa untuk kelas IV SD.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 4.

Gosachi, I. M. A., & Japa, I. G. N. (2020). Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Kartu Gambar Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 152. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.25260

Hasdiana, U. (2018). MANFAAT MEDIA DALAM PEMBELAJARAN Oleh: Analytical Biochemistry, 11(1), 1–5. http://link.springer.com/10.1007/978-3-319-59379-1%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/B978-0-12-420070-8.00002-7%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.ab.2015.03.024%0Ahttps://doi.org/10.1080/07352689.2018.1441103%0Ahttp://www.chile.bmw-motorrad.cl/sync/showroom/lam/es/

Kembang Dadar, P., Hermansah, B., & Selegi, S. F. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Make A Match terhadap Hasil BelajarIPS Siswa Kelas V SD Negeri 21 Palembang. Journal on Teacher Education, 4(2), 55–61.

Ma’aniyah, S., & Mintohari. (2019). Pengembangan Media Kartu Gambar Berbasis Make a Match Dalam Pemahaman Konsep Materi Gaya Sekolah Dasar. Jpgsd, 7(2), 2749–2759.

Mardati, A., & Wangid, M. N. (2015). Pengembangan Media Permainan Kartu Gambar Dengan Teknik Make a Match Untuk Kelas I Sd. Jurnal Prima Edukasia, 3(2), 120. https://doi.org/10.21831/jpe.v3i2.6532

Moto, M. M. (2019). Indonesian Jurnal of Primary Education. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20–28.

Mulyana, D., Puri, I. D., Amoni, R., Wiralodra, U., & Indramayu, S. M. A. N. (2021). Penerapan Pembajaran Make a Match pada Materi Limit Fungsi untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Hasil Belajar Matematika pembelajaran make a match merupakan salah satu jenis dari model pembelajaran kooperatif . mampu dalam meningkatkaan keaktifan serta me. 303–314.

Ningrum, T. S., Sari, M. K., & Listiani, I. (2022). Pengaruh Metode Make A Match Berbantuan Flashcard Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Di SDN 03 Madiun Lor. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 1582–1592. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID

Nur, A., Tri, Y., Alfarizi, M. R., Liza, T., Sapitri, W., & Miliyarta, U. (2023). ANALISIS HASIL PENGGUNAAN MEDIA PEMBELELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR ini sangat dibutuhkan dalam kehidupan manusia . Salah satu kemampuan yang harus tersebut supaya nantinya dapat mengajarkan kepada siswa dan juga mengiku. JIMR : Journal Of International Multidisciplinary Research, 02(01 Juni), 44–52. http://azramedia-indonesia.azramediaindonesia.com/index.php/JIMR/article/view/618%0Ahttps://azramedia-indonesia.azramediaindonesia.com/index.php/JIMR/article/download/618/527

Nurma Pertiwi, I., Sumarno, & Dwi, A. (2019). Pengaruh Model Make A Match Berbantu Media Kartu Bergambar terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 261–270.

Ragil Aria Irawan, & Henry Aditia Rigianti. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Berbasis Kartu Bergambar terhadap Hasil Belajar Siswa. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 1289–1299. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.1971

Soedibyo. (2003). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL. Teknik Bendungan, 1–7.

Tamelab, H., & Ngurah Japa, I. G. (2021). Dampak Model Pembelajaran Make a Match Bermediakan Kartu Bergambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V di SD. Journal of Education Action Research, 5(4), 478. https://doi.org/10.23887/jear.v5i4.12340

Wijanarko, Y. (2017). Model Pembelajaran Make a Match Untuk Pembelajaran Ipa Yang Menyenangkan. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 1(1), 52–59. https://doi.org/10.30738/tc.v1i1.1579

Downloads

Published

2024-06-30