Efektifitas Model Cooperative Problem Solving (CPS) pada Materi Optik
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur keefektifan dari model cooperative problem solving (CPS) materi optik. Penelitian ini dilaksanakan terhadap 18 siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Makassar semester genap tahun pelajaran 2014/2015 dengan menggunakan rancangan one group pretest-posttest design sedangkan hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif dan kuantitatif. Data hasil penelitian diperoleh: rata-rata n-gain hasil belajar kognitif siswa sebesar 0,63 dan aktivitas siswa dalam pembelajaran sangat mendukung dalam penerapan model CPS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model CPS ini efektif diterapkan.
Downloads
References
Ibrahim, M. (2005). Asesmen Berkelanjutan. Surabaya: Unipress Unesa.
Kauchak, P. E. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran: Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir (Terjemahan). Jakarta Barat: Permata Putri Media.
Nur, M. (2000). Pembelajaran Berpusat pada Mahasiswa dan Pendekatan Kontruktivis dalam Pembelajaran. Surabaya: Unipress Universitas Negeri Surabaya.
Palupi, H. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Pokok Bahasan Hukum Newton. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Permendikbud. (2013). Kurikulum 2013 SMP/MTs. Jakarta: Depdikbud.
Slavin, R. E. (2009). Educational Psychology Theory and Practice Eight Edition. Massacushet: Allyn and Bacon Publisher.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.