Efektifitas Model Cooperative Problem Solving (CPS) pada Materi Optik

  • Arie Arma Arsyad Universitas Sulawesi Barat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur keefektifan dari model cooperative problem solving (CPS) materi optik. Penelitian ini dilaksanakan terhadap 18 siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Makassar semester genap tahun pelajaran 2014/2015 dengan menggunakan rancangan one group pretest-posttest design sedangkan hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif dan kuantitatif. Data hasil penelitian diperoleh: rata-rata n-gain hasil belajar kognitif siswa sebesar 0,63 dan aktivitas siswa dalam pembelajaran sangat mendukung dalam penerapan model CPS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model CPS ini efektif diterapkan.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: model cooperative problem solving, siswa SMP, Optik

References

Heller, P. H. (2010). Cooperative Problem Solving in Physics: A User's Manual. United Stated: University of Minnesota.
Ibrahim, M. (2005). Asesmen Berkelanjutan. Surabaya: Unipress Unesa.
Kauchak, P. E. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran: Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir (Terjemahan). Jakarta Barat: Permata Putri Media.
Nur, M. (2000). Pembelajaran Berpusat pada Mahasiswa dan Pendekatan Kontruktivis dalam Pembelajaran. Surabaya: Unipress Universitas Negeri Surabaya.
Palupi, H. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Pokok Bahasan Hukum Newton. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Permendikbud. (2013). Kurikulum 2013 SMP/MTs. Jakarta: Depdikbud.
Slavin, R. E. (2009). Educational Psychology Theory and Practice Eight Edition. Massacushet: Allyn and Bacon Publisher.
Published
2017-12-30
How to Cite
Arie Arma Arsyad. (2017). Efektifitas Model Cooperative Problem Solving (CPS) pada Materi Optik. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 7(2), 85-88. Retrieved from https://ejournal.tsb.ac.id/index.php/jpm/article/view/2
Abstract viewed = 109 times
PDF downloaded = 112 times