Pengaruh Peta Pikiran Dalam Tatanan Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.37630/jpm.v10i1.295Keywords:
Mind Map, Cooperative LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peta pikiran dalam tatanan pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang terdiri atas 3 kelas. Sementara sampel penelitian adalah total sampling (sampel total) sebanyak 35 orang untuk kelas STAD dan Peta Pikiran (kelas XI IPA-1), 35 orang untuk kelas STAD (kelas XI IPA-2) dan 35 orang untuk kelas konvensional (XI-IPA 3). Melalui uji persyaratan, hasil belajar siswa memiliki distribusi normal. Melalui pembelajaran STAD+Peta Pikiran diperoleh rata-rata hasil belajar sebesar 81,67; dengan menggunakan STAD diperoleh sebesar 75,37; sedangkan dengan menggunakan Konvensional diperoleh 68,42. Kemudian hasil belajar yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji-F (analisis varians satu arah) dengan taraf kepercayaan =0,01; sehingga diperoleh Fhitung> Ftabel (13,86 > 4,81). Hal ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain bahwa penggunakan peta pikiran dalam tatanan pembelajaran memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Berikutnya hasil belajar diuji dengan uji Tukey (Honestly Significant Differences = HSD), dengan tujuan untuk melihat apakah ada perbedaan hasil belajar antara ketiga perlakuan (pembelajaran). Hal ini berarti bahwa model pembelajaran STAD+peta pikiran memperlihatkan hasil belajar yang lebih baik.
Downloads
References
Aini, Z. Ramdani, A., Raksun, A. (2018). Perbedaan Penguasaan Konsep Biologi Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Pada Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Dan Guided Inquiry di MAN 1 Praya. Jurnal Pijar MIPA, 13(1), 19-23. http://dx.doi.org/10.29303/jpm.v13i1.466.
Andaningsih, W., Wilujeng, S. (2015). Studi Komparasi Hasil Belajar Biologi Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Antara Tipe STAD Dan TGT Berdasarkan Karakeristik Peserta Didik Di SMA Negeri 1 Sentani. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia. 3(2). 50-62. https://doi.org/10.31957/jipi.v3i2.356.
Asriyadin, A., & Fatkhulloh, F. (2012). Pengaruh Moving Class dan Belajar di Pagi Hari terhadap Hasil Belajar Fisika. In Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika Ke-2 2012. Sebelas Maret University.
Balim. A. G. (2013). The Effect Of Mind-Mapping Applications On Upper Primary Students’ Success And Inquiry-Learning Skills In Science And Environment Education. Journal International Research in Geographical and Environmental Education, 22(4), 337-352. https://doi.org/10.1080/10382046.2013.826543.
Buzan, Tony. (2014). Mind Map Untuk Meningkatkan Kreativitas. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Darusman, R. (2014). Penerapan Metode Mind Mapping (Peta Pikiran) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMP. Infinity Journal, 3(2), 164-173. http://doi.org/10.22460/infinity.v3i2.61.
Djamarah, Syaiful B., Aswan, Zain. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.
Harahap, N. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Kognitif, Motivasi, Dan Aktivitas Belajar Siswa Pada Konsep Ekosistem Di MTSN Model Banda Aceh. Visipena, 4(2), 57-76. https://doi.org/10.46244/visipena.v4i2.212
Harjanti, D. T. (2014). Penerapan Teknik Peta Pikiran (Mind Map) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Geografi Pada Peserta Didik Kelas XI-2 IPS SMAN 1 Rasau Jaya Kabupaten Kubu Raya. Jurnal Geografi GEA, 14(2). 92-98. http://doi.org/10.17509/gea.v14i2.3399.
Herrmann, K. J. (2013). The impact of cooperative learning on student engagement: Results from an intervention. Active Learning In Higher Education, 14(3), 175-187. https://doi.org/10.1177/1469787413498035
Muldayanti, N. D. (2013). Pembelajaran Biologi Model STAD Dan TGT Ditinjau Dari Keingintahuan Dan Minat Belajar Siswa. JPII, 2(1).12-17. https://doi.org/10.15294/jpii.v2i1.2504.
Rahmi, F., Harahap, M. B. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Pencapaian Konsep Dengan Menggunakan Peta Pikiran Sebagai Upaya Mengurangi Miskonsepsi Siswa. Jurnal Inpafi, 1(2). 184-191. https://doi.org/10.24114/inpafi.v1i2.2013.
Rati, W. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kuantum Bermuatan Peta Pikiran dan Gaya Kognitif terhadap Hasil Belajar 46(1). 55-65. http://dx.doi.org/10.23887/jppundiksha.v46i1.1692.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor – Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.
Siagian, R. M. E., Tampubolon, T. (2015). Pengaruh Teknik Pembelajaran Peta Pikiran (Mind Map) Berbasis Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Fluida Dinamis Di Kelas XI Semester II SMA Negeri 11 Medan T.P 2014/2015. Inpafi, 3(4). 141-147. http://doi.org/10.24114/inpafi.v3i4.5400.
Sudjana. (2010). Metode Statistik. Bandung: Tarsito.
Sukardi, A.D., Susilo, H., Zubaidah, S. (2015). Pengaruh pembelajaran reciprocal teaching berbantuan peta pikiran (mind map) terhadap kemampuan metakognitif dan hasil belajar siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains: Graduate School of Universitas Negeri Malang. 3(2), 81-89. https://dx.doi.org/10.17977/jps.
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.