Penggunaan Model PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self Efficacy Siswa
Abstract
Permasalahan yang sering ditemukan oleh guru pada mata pelajaran matematika adalah rata-rata siswa belum mampu menyelesaikan soal pemecahan masalah dengan menggunakan langkah-langkah yang benar. Siswa masih belum mampu memahami masalah, menentukan dan melaksanakan perencanaan, maupun mengambil kesimpulan dengan benar. Hal ini dikarenakan siswa kurang berusaha dalam menyelesaikan soal. Kondisi tersebut disebabkan oleh siswa yang tidak yakin akan kemampuan dirinya sendiri (self efficacy) ditambah dengan penggunaan model pembelajaran yang masih konvensional. Penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan quasi experiment design, yaitu desain penelitian yang melibatkan dua kelompok (eksperimen dan kontrol). Quasi experiment design yang dipilih yaitu Nonrandomized Control Group Pretest-Postest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Woha, dengan sampel penelitian menggunakan dua kelas yaitu satu kelas sebagai kelas eksperimen (VII.1) dan satu kelas sebagai kelas kontrol (VII.2). Berdasarkan beberapa hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS 22.0, hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model PBL berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika dan self efficcay siswa.
Downloads
References
Arends, R. I. (1997). Classroom Instruction and Management. New York: McGraw-Hill Companies, Inc.
Cheriani, et al. (2015). Problem Based Learning Buginese Cultural Knowledge Model Case Study: Teaching Mathematics at Junior High School. International Education Studies. 8(4).
Etherington, M. B. (2011). The Effects of Problem Based Learning Instruction on University Student’s Performance of Conceptual and Quantitative Problems in Gas Concepts. Australian Journal of Teacher Education, 36(9): 48-50.
Festus, A. B. (2013). Activity Based Learning Strategies in the Mathematics Classrooms. Journal of Education Practice, 4(13): 8-14.
Gunantara, G., dkk. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. 2(1).
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Izzati, N. (2017). Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa dalam Menyusun RPP melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Portofolio (Studi Kuasi Eksperimen terhadap Mahasiswa Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon). Jurnal Euclid. 4(1): 659-674.
Jumroh, dkk. (2018). Self-Efficacy Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Strategi Inquiry Based Learning di Kelas VII SMP Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA. 4(1): 29-42.
Mariani, S., Wardono, & Kusumawardani, E. (2014). The Effectiveness of Learning by PBL Assisted Mathematics Pop Up Book Againts The Spatial Ability i Grade VIII on Geometry Subject Matter. International Journal of Education and Research, 3(2): 79-94.
Masitoh, L. F., & Harina, F. (2018). Improving Students’ Mathematics Self Efficacy Through Problem Bases Learning. Malikussaleh Journal of Mathematics Learning (MJML). 1(1): 26-30.
Novferma, N. (2016). Analisis Kesulitan dan Self-Efficacy Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah Matematika Berbentuk Soal Cerita. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 3(1): 76-87.
Olpado, S.U., & Yeni, H. (2017). Korelasi antara Motivasi Belajar dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Peserta Didik Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika. 3(1): 63-70.
Putri, R. I., & Rusgianto, H. S. (2015). Keefektifan Strategi React Ditinjau dari Prestasi Belajar, Kemampuan Penyelesaian Masalah, Koneksi Matematis, Self Efficacy. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 2(2): 262-272.
Riau, B. E. S., & Junaedi, I. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Kelas VII Berdasarkan Gaya Belajar Pada Pembelajaran PBL. Unnes Journal of Mathematics Education Research. 5(2): 166-178.
Sariningsih, R., & Ratni, P. (2017). Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Efficacy Mahasiswa Calon Guru. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika). 1(1): 163-177.
Subaidi, A. (2016). Self-Efficacy Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika. Sigma. 1(2): 64-68.
Sulastri, E., Mariani, S., & Mashuri. (2015). Studi Perbedaan Keefektifan Pembelajaran LC-5E dan CIRC terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(1): 26-32
Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut. 5(2): 148-158.
Utami, R. W., & Dhoriva, U. W. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self-Efficacy Siswa SMP Negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 4(2): 166-175.
Vendiagrys, L., Junaedi, I., & Masrukan. (2015). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Soal Setipe TIMSS Berdasarkan Gaya Kognitif Siswa pada Pembelajaran Model Problem Based Learning. Unnes Journal of Mathematics Education Research. 4(1): 34-41.
Yunianti, E., Maxinus J., & Mustamin. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran dan Self-Efficacy terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 1 Parigi. e-Jurnal Mitra Sains. 4(1): 8-19.
Zvenbergen, R., Dole, S., & Wright, R. J. (2004). Teaching Mathematics in Primary School. New South Wales: Allen & Unwi.
Copyright (c) 2020 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.