Pendekatan Inquiry Model Drill and Practice Berbasis Aplikasi Moodle Berbantuan Video Youtube untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Limit Fungsi
Abstract
Pembelajaran konvensional dengan metode ceramah cenderung membosankan dan belum optimal meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan inquiry model drill and practice berbasis aplikasi moodle berbantuan video youtube pada materi limit fungsi pada peserta didik kelas XII Arsitek SMK Negeri 2 Salatiga dalam upaya peningkatan aktivitas dan hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus yang mengikuti tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data dikumpulkan melalui: 1) pengisian angket mengenai aktivitas peserta didik; 2) pengamatan peneliti terhadap aktivitas peserta didik; dan 3) tes tertulis online di setiap akhir siklus melalui aplikasi moodle. Data angket, lembar pengamatan, dan penilaian belajar dianalisis mengggunakan deskripsi komparatif secara kuantitatif dan kualitatif untuk memperoleh hasil peningkatan aktivititas dan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kategori aktif peserta didik sebesar 8,83% dari capaian 79,41% pada siklus 1 menjadi 88,24% pada siklus 2. Sedangkan nilai rerata kelas menunjukkan kenaikan sebesar 62,90 dari perolehan 850,00 pada siklus 1 meningkat menjadi 912,90 pada siklus 2. Ketuntasan kelas pada siklus 1 mencapai 67,65% meningkat 23,53% menjadi 91,18% pada siklus 2. Berdasarkan hasil penelitian tersebut penerapan pendekatan inquiry model drill and practice berbasis aplikasi moodle berbantuan video youtube dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada materi limit fungsi aljabar. Para peneliti di bidang pendidikan dapat melakukan penelitian lanjutan dengan menerapkan berbagai pendekatan, strategi, model, metode, teknik, dan media yang relevan dengan kebaruan kurikulum terutama di masa pembelajaran jarak jauh untuk meningkatkan motivasi, peran serta, aktivitas, dan hasil belajar peserta didik.
Downloads
References
Agus, R. N. (2018). Aplikasi Metode Pembelajaran Inquiry Berbantuan Maple dalam Meningkatkan Hasil dan Motivasi Belajar pada Materi Limit Fungsi. https://doi.org/10.31227/osf.io/ca72v
Butar-Butar, M. (2018). Peranan Model Problem Based Learning (PBL) pada Materi Limit Fungsi Aljabar Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Tambusai. 4, 105–114.
Fahmi, S., Widyanesti, S.(2017). Pendampingan E-Learning dengan Moodle yang Dipadukan dengan Software Matematika Geogebra untuk Guru. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 135–141.
Fitria Khasanah. (2019). Pembelajaran Limit Fungsi Berbasis Android Aplikasi Math Expert. Proceeding of Biology Education, 3(1), 32–39. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.5
Muin, A., Ulfah. R, M. (2012). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Moodle. 7(1). https://doi.org/10.21831/pg.v7i1.2838
Nugroho, K. U. Z., Widada, W., & Herawaty, D. (2019). Pemahaman Konsep Matematika melalui Media Youtube dengan Pendekatan Etnomatematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 04(01), 96–106.
Nugroho, S., Redjeki, T., & Mulyani, S. (2014). Penerapan Metode Drill and Practice Dilengkapi Modul untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar pada Materi Pokok Hidrolisis Garam Kelas XI IPA 5 SMA Negeri 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, 3(4), 93–99.
Nur Aqilah Rozali, & Noor Dayana Abd Halim. (2020). Kesan Pembelajaran Berasaskan Inquiry dengan Integrasi Video terhadap Pencapaian Pelajar dalam Pembelajaran Matematik. Innovative Teaching and Learning Journal, 3(2), 42–60.
Rifa’i, M., & Nisa, R. (2019). Pengembangan E-Modul Kalkulus Berbasis Geogebra dengan Dukungan Website Moodle. Math Didactic, 5(3), 259–268.
Robiah, S. S. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Kelas XII dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Limit Fungsi. Equation, 3(1), 65–75.
Sianturi, R.B.R (2018). Penerapan Metode Drill dan Resitasi Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Limit Fungsi pada Siswa Kelas X IPA-1 SMA Negeri 1 Long Ikis Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Mitra Guru 11(11), 45–55. https://doi.org/10.1063/1.4914609
Sukma, Y., & Supriyono, A. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Materi Limit Fungsi Aljabar Menggunakan Discovery Learning di SMAN 10 Palembang. Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 13–24. https://doi.org/10.36706/jls.v1i2.10041
Triyono, T. (2018). Penelitian Tindakan Kelas: Apa dan Bagaimana Melaksanakannya? March. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.26385.12649
Wahyuni, Anggraini, S. R. (2016). Hasil Belajar Siswa pada Materi Grafik Fungsi. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 03(03), 247–261.
Copyright (c) 2020 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.