Pengembangan LKPD IPA berbasis Learning Cycle 5E pada Materi Ekologi dan Pelestarian Lingkungan Kelas VII
DOI:
https://doi.org/10.37630/jpm.v15i3.3371Keywords:
Keterampilan Proses Sains, Learning Cycle 5E, LKPD IPAAbstract
Keterampilan proses sains merupakan serangkaian keterampilan yang bisa membantu peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu penyebab rendahnya keterampilan proses sains peserta didik ialah karena minimnya bahan ajar LKPD dan model pembelajaran yang belum memfasilitasi keterlaksanaan keterampilan proses sains pada setiap pembelajarannya. Tujuan penelitian yaitu berupaya mendeskripsikan dan menjelaskan karakteristik, tingkat validitas, kepraktisan, dan keterbacaan LKPD IPA berbasis Learning Cycle 5E. Jenis kajian studi inipun termasuk pengembangan dengan model 4D (Define, Design, Develop, and Disseminate) yang hanya dilaksanakan hingga tahap develop. Subjek penelitian ini yaitu 2 validator, 3 guru IPA SMP, dan 20 peserta didik kelas VII SMP. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara dan angket dengan instrumen berupa pedoman wawancara, angket uji validitas, uji kepraktisan, serta uji keterbacaan. Penelitian ini menghasilkan 2 data, yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Karakteristik produk yang dikembangkan ialah LKPD IPA berbentuk cetak dan setiap kegiatan dalam LKPD menggunakan sintak model Learning Cycle 5E. Output uji validitas mendapatkan skor 1,00 (validitas sangat tinggi), hasil uji kepraktisan mendapatkan skor 94% (sangat praktis), dan uji keterbacaan mendapatkan skor 84% (sangat terbaca). Berdasarkan hasil 3 uji tersebut, maka LKPD IPA berbasiskan Learning Cycle 5E pada materi Ekologi dan Pelestarian Lingkungan kelas VII dinyatakan valid, praktis, dan terbaca sehingga layak diuji ketahap uji efektivitas.
Downloads
References
Daftar Pustaka
Asmuni. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Penguasaan Konsep Siswa Pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMA Negeri 1 Selong. Jurnal Paedagogy 7(3), 175-185.
Asy'ari, A., & Hamami, T. (2020). Strategi Pengembangan Kurikulum Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad 21. IQ (Ilmu Al-Quran):Jurnal Pendidikan Islam 3(1), 19-34 https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.52.
Atizah, K., Yusuf, M., & Ilham, D. (2024). Validitas dan Kepraktisan LKPD Interaktif Berbantuan Canva pada Pembelajaran PAI di SMPN 2 Bua Ponrang. Journal of Progressive Education and Social Inquiry 1(1), 73-82 https://doi.org/10.58230/socratika.v1i1.71.
BNSP. (2012). Aspek Kelayakan LKPD. Jakarta: BNSP.
Bujuri , D. A., Ananda, N., Saputra, A. D., & Handayani, T. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning di Madrasah Ibtidaiyah Swasta. SITTAH: Journal of Primary Education 3 (2), 117-132 https://doi.org/10.30762/sittah.v3i2.495.
Damayanti, N., Permadani, K. G., & Sukmawati, I. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Keterampilan Proses Sains pada Materi Sistem Regulasi. BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi 8(3), 88-103 https://doi.org/10.32938/jbe.v8i2.2674.
Fauziah, F. M. (2022). Systematic Literature Review: Bagaimanakah Pembelajaran IPA Berbasis Keterampilan Proses Sains yang Efektif Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis? Jurnal Pendidikan MIPA 12(3), 455- 463 https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.627.
Firdaus, N. N., & Subekti, H. (2021). Analisis Keterampilan Proses Sains dan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Menggunakan Media Microsoft Teams. PENSA E-Jurnal Pendidikan Sains 9(3), 297-303.
Gregory, R. (2000). Psyhological Testing: History, Principles, and Applications. Boston: Allyn and Bacon.
Hikmah, B. F., Artayasa, I. P., & Rasmi, D. A. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Keterampilan Proses Sains dalam Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing: Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan. J. Pijar MIPA 16(3), 345-352 https://doi.org/10.29303/jpm.v16i3.2550.
Jumiati, W., & Martini. (2021). Kajian Tentang Model Learning Cycle 5E Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa. PENSA E-Jurna: Pendidikan Sains 9(1), 104-109.
Kartini, P., Bahar, A., & Elvinawati. (2021). Studi Perbandingan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E dan Guided Discovery Learning Menggunakan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa. Alotrop 5(1), 11-18 https://doi.org/10.33369/atp.v5i1.16479.
Lidra, I. A., Mawarnis, E. R., & Herman, M. (2023). Development of Student Worksheet Based on Learning Cycle 5E on Stoichiometry Material. Hydrogen: Jurnal Pendidikan Kimia 11(2), 149-157 https://doi.org/10.33394/hjkk.v11i2.7349.
Maharani, F., Arjudin, Novitasari, D., & Subarinah, S. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Berorientasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK. Media Pendidikan Matematika 11(1), 19-30.
Marlina, I., Amilda, A., & Jayanti, E. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Learning Cycle 5E Pada Materi Struktur Atom dan Sistem Periodik unsur. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia:Kajian Hasil Penelitian Kimia 9(1), 93-103.
Millah, E. S., Budipramana, L. S., & Isnawati. (2012). Pengembangan Buku Ajar Materi Bioteklogi di Kelas XII SMA IPIEMS Surabaya Berorientasi Sains, Teknologi, Lingkungan, dan Masyarakat (SETS). Jurnal Bio Edu 1(1), 19-24.
Nurfitriani, W. Y., Sjaifuddin, & Vitasari, M. (2025). Pengembangan E-LKPD Berbasis Guided Discovery Learning dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains pada Tema Zat yang Terkandung pada Makananku. Jurnal Pendidikan MIPA 15(1), 9-19 https://doi.org/10.37630/jpm.v15i1.2258.
Nurhayati, I., Pramono, K. S., & Farida, A. (2024). Keterampilan4C (Critical Thinking, Creativity, Communication and Collaboration)dalam Pembelajaran IPS untuk Menjawab Tantangan Abad 21. Jurnal Basicedu Vol.8 No.1, 44-53 https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.6842.
Purnamasari, J., Wardhani, S., & Nawawi, S. (2021). Analisis Soal Keterampilan Proses Sains (KPS) pada Materi Biologi di SMA Kota Palembang. Bioilmi: Jurnal Pendidikan 7(1), 9-17 https://doi.org/10.19109/bioilmi.v7i1.9484.
Ramlawati, Aisyah, D. M., & Muhiddin, N. H. (2022). Pengembangan LKPD IPAMateri Sistem Peredaran Darah Manusia Untuk Meningkatkan KPS Kelas VII. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi 6(2), 197-205.
Robiatul, L., Setiono, & Suhendar. (2020). Profil Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas VII SMP Pada Materi Ekosistem. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi 6(4), 519-525.
Rustaman, B. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Malang: UM Press.
Sapipah, A. S., Kartini, & Setyaaningrum, V. (2024). The Effect Of Learning Cycle 5E Learning Model Implementation On Fifth Grade Students Science Prosess Skills. Jurnal Cakrawala Pendas 10(4), 704-716 https://doi.org/10.31949/jcp.v10i4.10104.
Sari, A., & Purnomo, T. (2023). Pengembangan LKDP Berbasis Mind Mapping Materi Ekosistem Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA. Bioedu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi12(3), 695-706 https://doi.org/10.26740/bioedu.v12n3.p694-705.
Sarip, M., Amintarti, S., & Utami, N. H. (2022). Validitas Dan Keterbacaan Media Ajar E-Booklet Untuk Siswa SMA/MA Materi Keanekaragaman Hayati. JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial 1(1), 43-59 https://doi.org/10.57218/jupeis.Vol1.Iss1.30.
Shabrina, A., Putri , R., & Khairi, A. (2025). Pentingnya Pemilihan Media Pembelajaran yang Tepat Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Zaheen: Jurnal Pendidikan, Agama dan Budaya 1(2), 120-131.
Shidiqia Rabany, P. S., & Nofiana, M. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dasar Siswa Kelas 8A di SMPN 2 Jatilawang. Proceedings of International Student Conference on Education(ISCE) Vol.13, 191-195 https://doi.org/10.30595/pssh.v13i.903.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualititatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Sunanto, L. (2021). Efektivitas Perangkat Pembelajaran Berbasis Keterampilan Proses Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sains Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas 7(2), 243-249 http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v6i1.3165.
Tukan, M. B., Komisia, F., Leba, M. A., & Amtonis, J. S. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Praktikum Kimia Berbasis Lingkungan pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Koulutus 3(1), 108-117.
Utami, R. P., Octarya, Z., & Ritonga, P. S. (2021). Desain Uji Coba Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Learning Cycle 5E Pada Materi Larutan Penyangga. Journal of Education and Teaching 2(1), 94-104 http://dx.doi.org/10.24014/jete.v2i1.8231.
Wati, H. S., Eliza, D., & Mulyeni, T. (2023). Efektifitas Metode Inkuiri Terhadap Keterampilan Proses Sains Anak di RA Bakti Bukitsari Jambi. Jurnal Ilmiah Potensia 8(1), 49-62 https://dx.doi.org/10.20527/quantum.v14i2.15659.
Yuliati, Y. (2016). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Cakrawala Pendas 2(2), 71-83.
Yuniarsih, N., Arfiani, Y., & Hayati, M. N. (2020). The Effect Learning Cycle 5E On Global Warming Theme To Encourage Students Scientific Process Skills. Jurnal Pena Sains 7(2), 60-67 https://doi.org/1921107/jps.v7i2.6697.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sayu Putu Noviana, Putri Sarini, Putu Hari Sudewa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.