Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Google Form Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Matematika Peserta didik Kelas X Multimedia Di SMK Islam Perti Jakarta

  • M. Ardiansyah Universitas Indraprasta PGRI

Abstract

Penelitian ini adalah survey terhadap 22 peserta didik dengan media pembelajaran google form. Populasi untuk penelitian adalah peserta didik SMK Islam Perti Jakarta. Sampling di pilih dengan metode purposive sampling, yaitu peserta didik kelas X MM angkatan 2019 pada materi ukuran pemusatan data tunggal. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Instrumen penelitian berupa soal yang terdiri atas 15 essay. Penelitian ini bertujuan untuk mnganalisis minat dan hasil belajar peserta didik program Multimedia di SMK Islam Perti Jakarta matapelajaran matematika melalui media pembelajaran google form. Penelitian dilaksanakan di SMK Islam Perti dengan subyek penelitian kelas X MM berjumlah 22 peserta didik dan objek penelitian pada mata pelajaran matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan minat dan hasil belajar matematika dari kondisi awal yang diajarkan dengan metode ceramah dan powerpoint. Simpulannya bahwa penggunaan media pembelajaran Google Form dapat meningkatkan minat dan hasil belajar matematika peserta didik kelas X MM pada matapelajaran matematika.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: google form, minat dan hasil belajar matematika

References

Ahmad Susanto, Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar,(Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013). (2015). Pemanfaatan QR Code Scanner untuk aplikasi penampil data koleksi pamer di museum negeri Sonobudoyo berbasis android. Biomass Chem Eng.
Arifin, Z. (2012). Evaluasi pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya. https://doi.org/979-692-956-2
Astuti, I. A. D., Sumarni, R. A., & Saraswati, D. L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning berbasis Android. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 57. https://doi.org/10.21009/1.03108
Fauziah, A., Rosnaningsih, A., & Azhar, S. (2017). HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SDN PORIS GAGA 05 KOTA TANGERANG. Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar). https://doi.org/10.26555/jpsd.v4i1.a9594
Jimoh, R. G., Abduljaleel, K. S., & Kawu, Y. K. (2012). Students ’ Perception of Computer Based Test ( CBT ) for Examining Undergraduate Chemistry Courses. Journal of Emerging Trends in Computing and Information Sciences.
Lestari, I. (2015). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2). https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.118
Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). MINAT BELAJAR SEBAGAI DETERMINAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264
Purwati, D., & Nugroho, A. N. P. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA EVALUASI PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS GOOGLE FORMULIR DI SMA N 1 PRAMBANAN. ISTORIA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sejarah. https://doi.org/10.21831/istoria.v14i1.19398
Rahmawati, D. (2012). Analisis Faktor Faktor yang Berpengaruh Terhadap Pemanfaatan Teknologi Informasi. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.21831/jep.v5i1.606
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.
Steffi Adam dan Muhammad Taufik Syastra. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Peserta didik Kelas X Sma Ananda Batam. CBIS Journal.
Syaiful Bahri Djamarah. (2011). Daftar Pustaka. In Psikologi Belajar. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Tafonao, T. (2018). PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MAHAPESERTA DIDIK. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Published
2020-12-14
How to Cite
M. Ardiansyah. (2020). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Google Form Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Matematika Peserta didik Kelas X Multimedia Di SMK Islam Perti Jakarta. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 10(2), 102-106. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i2.339
Abstract viewed = 1576 times
PDF downloaded = 809 times