Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Google Form Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Matematika Peserta didik Kelas X Multimedia Di SMK Islam Perti Jakarta
Abstract
Penelitian ini adalah survey terhadap 22 peserta didik dengan media pembelajaran google form. Populasi untuk penelitian adalah peserta didik SMK Islam Perti Jakarta. Sampling di pilih dengan metode purposive sampling, yaitu peserta didik kelas X MM angkatan 2019 pada materi ukuran pemusatan data tunggal. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Instrumen penelitian berupa soal yang terdiri atas 15 essay. Penelitian ini bertujuan untuk mnganalisis minat dan hasil belajar peserta didik program Multimedia di SMK Islam Perti Jakarta matapelajaran matematika melalui media pembelajaran google form. Penelitian dilaksanakan di SMK Islam Perti dengan subyek penelitian kelas X MM berjumlah 22 peserta didik dan objek penelitian pada mata pelajaran matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan minat dan hasil belajar matematika dari kondisi awal yang diajarkan dengan metode ceramah dan powerpoint. Simpulannya bahwa penggunaan media pembelajaran Google Form dapat meningkatkan minat dan hasil belajar matematika peserta didik kelas X MM pada matapelajaran matematika.
Downloads
References
Arifin, Z. (2012). Evaluasi pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya. https://doi.org/979-692-956-2
Astuti, I. A. D., Sumarni, R. A., & Saraswati, D. L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning berbasis Android. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 57. https://doi.org/10.21009/1.03108
Fauziah, A., Rosnaningsih, A., & Azhar, S. (2017). HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SDN PORIS GAGA 05 KOTA TANGERANG. Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar). https://doi.org/10.26555/jpsd.v4i1.a9594
Jimoh, R. G., Abduljaleel, K. S., & Kawu, Y. K. (2012). Students ’ Perception of Computer Based Test ( CBT ) for Examining Undergraduate Chemistry Courses. Journal of Emerging Trends in Computing and Information Sciences.
Lestari, I. (2015). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2). https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.118
Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). MINAT BELAJAR SEBAGAI DETERMINAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264
Purwati, D., & Nugroho, A. N. P. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA EVALUASI PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS GOOGLE FORMULIR DI SMA N 1 PRAMBANAN. ISTORIA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sejarah. https://doi.org/10.21831/istoria.v14i1.19398
Rahmawati, D. (2012). Analisis Faktor Faktor yang Berpengaruh Terhadap Pemanfaatan Teknologi Informasi. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.21831/jep.v5i1.606
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.
Steffi Adam dan Muhammad Taufik Syastra. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Peserta didik Kelas X Sma Ananda Batam. CBIS Journal.
Syaiful Bahri Djamarah. (2011). Daftar Pustaka. In Psikologi Belajar. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Tafonao, T. (2018). PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MAHAPESERTA DIDIK. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Copyright (c) 2020 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.