Analisis Materi dan Tujuan Pembelajaran pada Materi Listrik Dinamis
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang memberikan gambaran tentang sub-sub materi listrik dinamis. Tujuan khusus penelitian ini adalah menganalisis materi dan tujuan pembelajaran tentang pembelajaran Fisika yang telah berlangsung di sekolah, meliputi persentase fakta, konsep, dan prinsip yang terdapat pada materi. Untuk tujuan pembelajaran dilihat dari persentase tingkatan Taksonomi Bloom. Materi yang dianalisis dalam penelitian ini adalah materi Fisika SMA kelas X tentang Listrik Dinamis. Berdasarkan hasil analisis materi diperoleh persentase jumlah fakta, konsep, prinsip, dan prosedur masing-masing 28%, 30%, 36%, dan 6%. Dari hasil persentase analisis materi terlihat bahwa materi listrik dinamis didominasi oleh konsep dan prinsip. Agar siswa dapat memahami fakta dan prinsip-prinsip yang ada dalam pembelajaran Fisika dibutuhkan analisis materi yang ideal. Untuk tujuan pembelajaran materi listrik dinamis terlihat bahwa tujuan pembelajaran sudah mencapai tingkatan C5 tetapi belum mencapai tingkatan C6 sesuai dengan target tujuan pembelajaran Fisika nasional. Oleh karena itu perlu adanya perbaikan dalam penyusunan materi Fisika pada pokok bahasan Listrik dinamis.
Downloads
References
Asmida, S., & Nursangaji, A. (2016). Pemahaman Konseptual dan Kelancaran Prosedural Siswa dalam Operasi Hitung Bilangan Bulat di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan dan Pembeljaran, Vol. 5 (6): 1-14.
Balanay, C. A. S., & Roa, E. C. (2013). Assessment on Students’ Science Process Skills: A Student- Centred Approach. International Journal of Biology Education. Vol. 3, Issue 1, May 2013.
Bonne, L., & Pritchard, R. (2007). Teacher Researchers Questioning Their Practice. Disampaikan dalam Proceedings of The 30th Annual Conference of the Mathematics Education Research Group of Australia.
Gunawan, I. & Palupi, A. R. (2012). Taksonomi Bloom – Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Penilaian. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran (Premiere Epicandum), Vol. 2 (2): 98 – 117.
Hasanah & Malik, M. N. (2015). Profil Kompetensi Kelistrikan Berdasarkan Klasifikasi dan Kualifikasi Industri Untuk Pengembangan Pendidikan dan Latihan Kejuruan. Jurnal Cakrawala Pendidikan, Vol. 34 (1): 78-88
Khamidah, L. (2017). Pemahaman Konseptual Dan Pengetahuan Prosedural Siswa Kelas VIII Dalam Penyelesaian Soal Matematika Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Disampaikan dalam Prosiding Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai Islami, Vol.1 (1): 611-616.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 69 tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. 2013.
Purnomo, Y. W. (2016). Perbaikan Instruksional dalam Implementasi Assessment-Based Learning di Kelas Matematika. Jurnal Cakrawala Pendidikan, Vol. 35 (3): 403-411.
Redhana, I. W. (2012). Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pertanyaan Socratik untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, Vol. 31 (3): 351-365.
Redhana, I. W. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Seminar Socrates terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, Vol. 33 (1): 27-38.
Copyright (c) 2020 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.