Geometri dan Pengukuran dalam Permainan Rakyat Kabupaten Sumbawa Barat
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mendeskripsikan etnomatematika pada konsep geometri dan pengukuran yang ada dalam permainan rakyat Kabupaten Sumbawa Barat yaitu Barapan Kebo dan Sampo Ayam. Penelitian ini merupakan penelitian eksploratif dengan pendekatan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan tahun 2020 di Kabupaten Sumbawa Barat. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, observasi, dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat konsep geometri dan pengukuran dalam permainan rakyat Barapan Kebo dan Sampo Ayam. Etnomatematika di dalam Barapan Kebo dan Sampo Ayam yaitu kecepatan, waktu, jarak, sudut, garis, satuan panjang, bangun datar segitiga dan bangun datar segiempat.
Downloads
References
Alex, J. K., & Mammen, K. J. (2012). A survey of South African grade 10 learners’
geometric thinking levels in terms of the Van Hiele theory. Anthropologist, 14(2), 123-129. https://doi.org/10.1080/09720073.2012.11891229
Amir, L., Suharti, Sartika, D., Aini, F., Ibrahim, dan Budianto. (2017). Sejarah Permainan Rakyat Sumbawa Barat. Taliwang: Ssatera Institute.
Ariani, Z. dan Nursan, M. (2017). Strategi pengembangan desa mantar sebagai Kawasan desa wisata di kabupaten Sumbawa Barat. Jurnal Biologi Tropis. 17(2): 58-68. DOI: http://dx.doi.org/10.29303/jbt.v17i2.407
Astuningtyas, E. L., Wulandari, A. A., dan Farahsanti, I. (2017). Etnomatematika dan pemecahan masalah kombinatorik. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika, 3(2): 111-118. DOI: https://doi.org/10.29407/jmen.v3i2.907
Bal, A. P. (2011). Geometry Thinking Levels and Attitudes of Elementary Teacher Candidates. Inonu University Journal of the Faculty of Education, 12(3): 97-115.
Creswell, J.W. (2012). Educational research: planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research (4thEd). Boston: Pearson
Girod, M., Rau, C., & Schepige, A. (2003). Appreciating the beauty of science ideas: Teaching for aesthetic understanding. Science education, 87(4): 574-587. https://doi.org/10.1002/sce.1054
Frentika, D., Sugiman, dan Rizki, H.T.N. (2020). Kemampuan membuktikan mahasiswa calon guru matematika. Axiom: Jurnal Pendidikan dan Matematika. 9(1): 51-63. http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v9i1.7236
Ismail, Z., Kasmin, M.K, & Alias, N. (2005).The mathematics carnival: A platform to appreciate mathematics. The Mathematics Education into the 21st Century Project Universiti Teknologi Malaysia. (115-118)
Jati, S.P., Mastur, Z., dan Asikin, M. (2019). Potensi Etnomatematika Untuk Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematis. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. 2: 277–286
Mei, M.F., Seto, S.B., dan Wondo, M.T.S. (2020). Pembelajaran Kontekstual Melalui Permainan Kelereng pada Siswa Kelas III SD untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian. JUPIKA: Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Flores, 3(2): 61-70. https://doi.org/10.37478/jupika.v3i2.669
Milles dan Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press.
Muzdalipah, I. dan Yulianto, E. (2015). Pengembangan Desain Pembelajaran Matematika untuk Siswa SD Berbasis Aktivitas Budaya dan Permainan Tradisional Masyarakat Kampung Naga. Jurnal Siliwangi. 1(1) 63-74.
Pratiwi, J.W. dan Pujiastuti, H. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Tradisional kelerang. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia. 5(2): 1-12. DOI: https://doi.org/10.33449/jpmr.v5i2.11405
Rizki, H.T.N., Frentika, D, dan Wijaya, A. (2018). Exploring students’ adaptive reasoning skills and van hiele levels of geometric thinking: a case study in geometry. IOP Conference Series: Journal of Physics: Conference Series. 983 (1): 1-7. DOI: 10.1088/1742-6596/983/1/012148
Rizki, H.T.N., Wijaya, A., dan Frentika, D. (2020). Pengembangan perangkat pembelajaran dengan pendekatan Knisley berorientasi pada level berpikie Van Hiele dan kemampuan penalaran adaptif. Axiom: Jurnal Pendidikan dan Matematika. 9(1): 64-79. DOI: http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v9i1.7237
Safitri, D., Hartoyo, A., dan Nursangaji, A. (2015). Eksplorasi Konsep Matematika pada Permainan Masyarakat Melayu Sambas. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan. 4(6): 1-12
Sirate, F.S. (2012). Implementasi Etnomatematika dalam Pembelajaran matematika pada Jenjang Pendidikan Sekolah Dasar. Lentera Pendidikan, 15(1): 41-54
Ulya, H dan Rahayu, R. (2017). Pembelajaran etnomatematika untuk menurunkan kecemasan matematika. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1): 16-23. DOI: https://doi.org/10.26486/jm.v2i2.295
Wahyuni, I. (2015). Eksplorasi Etnomatematika Masyarakat Sidoarjo. Fenomena (Jurnal Penelitian Islam Indonesia), 15(2): 225–238
Watkins, C., Carnell, E., & Lodge, C. (2007). Effective learning in classrooms. London: Paul Chapman Publishing
Copyright (c) 2020 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.