Analisis Analisis Hubungan Sikap dengan Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Sungai Penuh
Abstract
Hasil belajar siswa sangat erat kaitannya dengan sikap yang dimiliki siswa. Sikap merupakan gambaran perasaan suka atau tidaknya seseorang terhadap suatu objek. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui bagaimana hubungan antara sikap dengan hasil belajar siswa kelas X di SMA Negeri 1 Sungai Penuh. Subjek dari penelitian yang dilakukan adalah siswa kelas X yang terdiri dari kelas X MIPA 1, X MIPA 2, dan X MIPA 3 dengan sampel berjumlah 60 siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode asosiatif kuantitatif jenis korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan lembar tes hasil belajar pada materi Hukum Gravitasi Newton. Data dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif dan dilakukan uji prasyarat serta uji korelasi data dengan bantuan SPSS. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu, terdapat hubungan antara sikap yang dimiliki oleh siswa dengan hasil belajar yang diperolehnya. Hubungan ini dapat dilihat pada uji korelasi dimana nilai pada pearson correlation adalah 0,041 < 0,05, sehingga Ho ditolak dan dinyatakan ada hubungan atau korelasi antara sikap dengan hasil belajar siswa. 90% siswa dikatakan memiliki sikap yang baik dengan hasil belajar yang tinggi dan 8,3% siswa dikatakan memiliki sikap yang sangat baik dengan hasil belajar yang sangat tinggi.
Downloads
References
Anshori, M., & Iswati, S. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Surabaya: Airlangga University Press.
Asrial, A., Syahrial, S., Kurniawan, D. A., & Septiasari, R. (2019). Hubungan Kompetensi Pedagogik Dengan Kompetensi IPA Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar [Relationship of Pedagogical Competence and Science Competency of Elementary School Teacher Education]. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 8(2), 149–157. https://doi.org/0.21070/pedagogia.v8i2.1872
Asrial, Syahrial, Kurniawan, D. A., & Amalina, N. (2019). Analisis Hubungan Kompetensi Bahasa Indonesia Terhadap Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1,2,3,4. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(1), 1–8. https://doi.org/10.25273/pe.v9i1.2832
Asrial, Syahrial, Kurniawan, D. A., & Maretika, L. D. (2018). Analisis Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi IPA terhadap Calon Guru Sekolah Dasar PGSD FKIP Universitas Jambi. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, IV(2), 41–49.
Astalini, A., Kurniawan, D. A., Melsayanti, R., & Destianti, A. (2018). Sikap Terhadap Mata Pelajaran IPA di SMP se-Kabupaten Muaro Jambi. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 21(2), 214. https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n2i7
Astalini, A., Kurniawan, D. A., & Putri, A. D. (2018). Identifikasi Sikap Implikasi Sosial dari IPA, Ketertarikan Menambah Waktu Belajar IPA, dan Ketertarikan Berkarir Dibidang IPA Siswa SMP Se-Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 93–108. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i2.2142
Astalini, A., Kurniawan, D. A., & Sumaryanti, S. (2018). Sikap Siswa Terhadap Pelajaran Fisika di SMAN Kabupaten Batanghari. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 3(2), 59. https://doi.org/10.26737/jipf.v3i2.694
Astalini, & Kurniawan, D. A. (2019). Pengembangan Instrumen Sikap Siswa Sekolah Menengah Pertama Terhadap Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Sains (JPS), 07(1), 1–7.
Astalini, Kurniawan, D. A., Perdana, R., & Pathoni, H. (2019). Identifikasi Sikap Peserta Didik terhadap Mata Pelajaran Fisika di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Kota Jambi. Unnes Physics Education Journal, 8(1).
Chotimah, C., Hendri, M., & Rasmi, D. P. (2018). Penerapan LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Listrik terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX SMPN 22 Kota Jambi. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9(1), 36–39. https://doi.org/10.26877/jp2f.v9i1.2315
Christina, R. I., Yennita, & Syaril. (2014). Hubungan Antara Sikap Terhadap Sains Dengan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 1 RETEH. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 4(2), 1–11.
Dari, R. W., Nasih, N. R., Studi, P., Fisika, P., & Jambi, U. (2019). Identifikasi Tingkat KPS Mahasiswa Praktikum Pembiasan Kaca Plan Paralel Menggunakan Panduan Praktikum Berbasis E-Modul. JIFP (Jurnal Fisika Dan Pembelajarannya), 3(2), 47–57.
Duli, N. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Sleman: Depublish.
Hendri, M., Pramudya, L., Ika, N., & Pratiwi, S. (2020). Analisis hubungan karakter semangat kebangsaan dengan hasil belajar siswa. Jurnal Pembangunan Dan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 7(1), 1–8. https://doi.org/http://dx.doi.org/ 10.21831/jppfa.v7i1.25209
Jaya, I. (2019). Penerapan Statistik untuk Penelitian Pendidikan (pertama). Jakarta: 2019.
Jufrida, J., Kurniawan, W., Astalini, A., Darmaji, D., & Kurniawan, D. A. (2019). S tudents ’ attitude and motivation in mathematical physics. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 8(3), 401–408. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i3.20253
Keke T. Aritonang. (2008). Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, (10), 11–21.
Kurniawan, D. A., Astalini, A., Darmaji, D., & Melsayanti, R. (2019). Students ’ attitude towards natural sciences. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 8(3), 455–460. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i3.16395
Kurniawan, D. A., Astalini, A., Kurniawan, N., & Pathoni, H. (2019). Analisis Korelasi Sikap Siswa dan Disiplin Siswa terhadap IPA pada Siswa SMP di Propinsi Jambi. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 5(2), 59–71.
Kurniawan, D. A., Astalini, & Anggraini, L. (2018). Evaluasi Sikap Siswa Smp Terhadap Ipa Di Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Ilmiah Didaktika, 19(1), 124–139.
Kurniawan, D. A., Astalini, & Kurniawan, N. (2019). SIKAP SISWA TERHADAP PELAJARAN IPA Di SMP KABUPATEN MUARO JAMBI PROVINSI JAMBI. Curricula: Journal of Teaching and Learning, 4(3), 111–127. https://doi.org/10.22216/jcc.2019.v4i3.4150
Maison, Astalini, Kurniawan, D. A., & Sholihah, L. R. (2018). Deskripsi Sikap Siswa SMA Negeri Pada Mata Pelajaran Fisika. EDUSAINS, 10(1), 160–167.
Maison, Darmaji, Kurniawan, D. A., Astalini, Dewi, U. P., & Kartina, L. (2018). Analysis of Science Process Skills in Physics Education Students. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 51(1), 51.
Maison, Lestari, N., & Widaningtyas, A. (2020). Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Usaha dan Energi. Jurnal Penelitian Pendidika IPA, 6(1). https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.314
Marfu’ah, S., Rudibyani, R. B., & Sofya, E. (2013). EFEKTIVITAS PROBLEM SOLVING UNTUKMENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMPULKAN PADA MATERI ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 4(1), 287–298.
Nofrialdi, I. (2018). Tingkat Kecemasan Matematika Siswa SMA Negeri 2 Kerinci Kelas X MIA Sebelum Menghadapi Tes Matematika Berdasarkan Gender dan Hubungannya dengan Hasil Belajar. Edumatika Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 11–20.
Nurvianti, I., & Syarkowi, A. (2018). Penggunaan Komik pada Pembelajaran Fluida Statis di Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kota Jambi Tahun 2017. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9(1), 59–65. https://doi.org/10.26877/jp2f.v9i1.2124
Pasaribu, D. S., Hendri, M., & Susanti, N. (2017). Upaya Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Materi Listrik Dinamis Di Kelas X Sman 10 Muaro Jambi. Jurnal EduFisika, 02(01), 61–69.
Perdana, R., Subiyantoro, C., & Anggraini, L. (2019). Sikap dan Motivasi Siswa Pada Pelajaran Fisika di Sekolah Menengah Atas Rahmat. Pancasakti Science Education Journal, 4(2), 128–136. https://doi.org/10.24905/psej.v4i2.1339
Priyadi, R., Maison, & Kurniawan, W. (2015). Pengembangan Kuis Interaktif Pembelajaran Fisika Pada Materi Hukum Newton Tentang Gravitasi Dengan Menggunakan Program Wondersharequiz Creator 4.5.1. Repository Universitas Jambi, 1(1), 1–6.
Putra, D. S., & Wiza, O. H. (2019). Analisis Sikap Siswa Terhadap Mata Pelajaran Fisika di SMA Ferdy Ferry Putra Kota Jambi. Unnes Physics Education Journal, 8(3).
Safira, C. A., Setyawan, A., & Citrawati, T. (2020). Identifikasi Permasalahan Pembelajaran IPA Pada Siswa Kelas III SDN Buluh 3 Socah. Jurnal Pendidikan MIPA, 10, 23–29.
Sari, A. Q., Sukestiyarno, Y. L., & Agoestanto, A. (2017). Batasan Prasyarat Uji Normalitas Dan Uji Homogenitas Pada Model Regresi Linear. Unnes Journal of Mathematics, 6(2), 168–177. https://doi.org/10.15294/ujm.v6i2.11887
Sholekah, A. W. (2020). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Materi Pencemaran Lingkungan Melalui Model PjBL Siswa Kelas VII SMPN 9 Salatiga. Jurnal Pendidikan MIPA, 10, 16–22.
Situmorang, S. H. (2010). Analisis Data: untuk Riset Manajemen dan Bisnis. Medan: USU Press.
Suciyati, & Mariamah. (2018). Hubungan antara Minat Belajar dengan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SD Negeri 04 Sila. Jurnal Pendidikan MIPA, 8(2), 142–149. https://doi.org/10.37630/jpm.v8i2.265
Winarsunu, T. (2017). Statistik dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan (Pertama). Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Yulianci, S., Doyan, A., & Febriyanti, F. (2019). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa Pada Materi Besaran dan Pengukuran. Jurnal Pendidikan MIPA, 9(2), 123–127.
Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23.
Copyright (c) 2020 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.