Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning Topik “Leuit: Tatali Paranti Karuhun dalam Ketersediaan Pangan” untuk Memfasilitasi Kemampuan Literasi Sains

Authors

  • Tela Piyana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Dwi Indah Suryani Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Annisa Novianti Taufik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.37630/jpm.v15i4.3530

Keywords:

E-Modul, Problem Based Learning, Literasi Sains

Abstract

Kemampuan literasi sains merupakan satu dari sekian kemampuan yang harus dimiliki siswa pada abad ke-21 ialah. Dimana bahan ajar ialah salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan literasi sains peserta didik. Bahan ajar dalam bentuk e-modul kemudian bisa menjadi salah satu solusi untuk memfasilitasi kemampuan literasi sains seperta didik dengan mengintegrasikannya dengan model pembelajaran Problem based learning yang mengangkat topik isu ketersediaan pangan dilingkungan masyarakat adat. Metode yang digunakan ialah metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D dari Thiagarajan yang dibatasi pada tahap development. Sample yang digunakan berjumlah 33 orang peserta didik dengan 9 ahli validator. Instrumen yang digunakan dalam mengukur kevalidan produk ialah angket validasi dan angket untuk uji keterbacaan peserta didik. Hasil persentase penilaian validasi sebesar 85,68% dengan kategori “Sangat layak”, dan hasil persentase uji keterbacaan peserta didik sebesar 83,17% dengan kategori “Baik”. Sehingga e-modul ini dapat digunakan dilapangan dengan revisi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

. O. (2024). Pisa 2022. In Perfiles Educativos (Vol. 46, Issue 183). https://doi.org/10.22201/iisue.24486167e.2024.183.61714

Blesh, J., Hoey, L., Jones, A. D., Friedmann, H., & Perfecto, I. (2019). Development pathways toward “zero hunger.” World Development, 118, 1–14. https://doi.org/10.1016/j.worlddev.2019.02.004

Fitriani, M. A., & Putri, A. A. (2020). Analisis pengembangan bahan ajar. 2(1), 170–187. 2, 170–187.

Hutabarat, C. E. M. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Modul STEM dengan Model Learning Cycle 5E Pada Pelajaran IPA di Kelas 8 Sekolah Menengah Pertama. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 1063–1070. https://doi.org/10.58230/27454312.331

Ilmiah, J., Mahasiswa, P., Aqilah, S., Islam, U., Sumatera, N., Islam, U., & Sumatera, N. (2025). Efek Perubahan Iklim terhadap Pola Curah Hujan dan Dampaknya pada Lingkungan. 3(1), 300–305.

Indrawan, D. R., Uswatun, D. A., Lyesmaya, D., Herdiana, H., & Ilhami, B. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Literasi Sains Siswa Kelas 3 Sd. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 558. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8876

Jumriani, Ramadhani, S. F., & Rahmah, N. (2024). Analisis Komparatif Capaian Pembelajaran IPA Sekolah Menengah Pertama pada Kurikulum Merdeka dan Kurikulum Merdeka Revisi 2024. Saqbe : Sains Dan Pembelajaran, 2(2), 64–73.

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Ayu Amalia, D., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2020). Analisis Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 311–326. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Nafiati, D. A. (2021). Revisi taksonomi Bloom: Kognitif, afektif, dan psikomotorik. Humanika, 21(2), 151–172. https://doi.org/10.21831/hum.v21i2.29252

Najuah, Lukitoyo, P. S., & Wirianti, W. (2020). Modul Elektronik: Prosedur Penyusunan dan Aplikasinya. In Yayasan Kita Menulis.

Nugraha, D., & Octavianah, D. (2020). Diskursus Literasi Abad 21 di Indonesia. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(1), 107. https://doi.org/10.30734/jpe.v7i1.789

Sahroni, O. (2020). Hakikat Pendidikan Karakter Dengan Sains (Saling Beririsan Kah? BIO EDUCATIO : (The Journal of Science and Biology Education), 5(2), 44–49. https://doi.org/10.31949/be.v5i2.2602

Salma, N. R., Salsabila, S. H. A., Khairunnisaa’, R. A., Ullifa, W. C., Liani, G. A., Astuti, S. M., & Nurhaura, V. N. (2024). Analisis pengaruh typological error dan ambiguitas terhadap reaksi kognitif pengguna Twitter (penelitian terhadap mahasiswa Universitas Negeri Semarang). Jurnal Mediasi, 3(1), 119–130. http://jurnalilmiah.org/journal/index.php/mediasi

Sulistina, O., Purwandari, A., Deaningtyas, S. A., Putrikundia, S. A., & Faradillah, N. I. (2024). Peran Pendekatan Socio-Scientific Issue (Ssi) Dalam Meningkatkan Scientific Literacy Pada Pembelajaran Kimia. UNESA Journal of Chemical Education, 13(2), 118–128. https://doi.org/10.26740/ujced.v13n2.p118-128

Sunaryati, T., Kaddafi, T., Mujwah, M. B., Aulia, S., Satia, S. A., & Didik, P. (2024). EVALUASI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MEMBENTUK KARAKTERISTIK SISWA DI SEKOLAH. 7, 10748–10753.

Suryani, L., Noer Hodijah, S. R., & Taufik, A. N. (2022). Pengembangan E-Modul IPA Berbasis Science Process Skills dengan Tema Transportasi si-Hijau untuk Melatih Keterampilan Komunikasi Sains Siswa SMP Kelas VIII. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 322–330. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.2.322-330

Taufik.A.N, Kristina.H , Gibran.B.F , Sabililah.A , Septiani.S , Warraihanah.D.A , Nurmalia.L , Syofiarni, S., & Oyok Tati Risalah. (2023). Pengembangan E-Book Kontekstual Berorientasi Kearifan Lokal Banten untuk Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(4), 1095–1104. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i4.1251

Tauhid, K., Aini, H. N., Agustin, P., Aliyah, R. R., & Ajar, B. (2024). PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN BAHAN AJAR DI SEKOLAH DASAR. 3, 9701–9713.

Wasis, Rahayu, Y. S., Sunarti, T., & Indana, S. (2020). HoTs dan Literasi Sains. 1–153.

Downloads

Published

2025-10-25