Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning Topik “Leuit: Tatali Paranti Karuhun dalam Ketersediaan Pangan” untuk Memfasilitasi Kemampuan Literasi Sains
DOI:
https://doi.org/10.37630/jpm.v15i4.3530Keywords:
E-Modul, Problem Based Learning, Literasi SainsAbstract
Kemampuan literasi sains merupakan satu dari sekian kemampuan yang harus dimiliki siswa pada abad ke-21 ialah. Dimana bahan ajar ialah salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan literasi sains peserta didik. Bahan ajar dalam bentuk e-modul kemudian bisa menjadi salah satu solusi untuk memfasilitasi kemampuan literasi sains seperta didik dengan mengintegrasikannya dengan model pembelajaran Problem based learning yang mengangkat topik isu ketersediaan pangan dilingkungan masyarakat adat. Metode yang digunakan ialah metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D dari Thiagarajan yang dibatasi pada tahap development. Sample yang digunakan berjumlah 33 orang peserta didik dengan 9 ahli validator. Instrumen yang digunakan dalam mengukur kevalidan produk ialah angket validasi dan angket untuk uji keterbacaan peserta didik. Hasil persentase penilaian validasi sebesar 85,68% dengan kategori “Sangat layak”, dan hasil persentase uji keterbacaan peserta didik sebesar 83,17% dengan kategori “Baik”. Sehingga e-modul ini dapat digunakan dilapangan dengan revisi.
Downloads
References
. O. (2024). Pisa 2022. In Perfiles Educativos (Vol. 46, Issue 183). https://doi.org/10.22201/iisue.24486167e.2024.183.61714
Blesh, J., Hoey, L., Jones, A. D., Friedmann, H., & Perfecto, I. (2019). Development pathways toward “zero hunger.” World Development, 118, 1–14. https://doi.org/10.1016/j.worlddev.2019.02.004
Fitriani, M. A., & Putri, A. A. (2020). Analisis pengembangan bahan ajar. 2(1), 170–187. 2, 170–187.
Hutabarat, C. E. M. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Modul STEM dengan Model Learning Cycle 5E Pada Pelajaran IPA di Kelas 8 Sekolah Menengah Pertama. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 1063–1070. https://doi.org/10.58230/27454312.331
Ilmiah, J., Mahasiswa, P., Aqilah, S., Islam, U., Sumatera, N., Islam, U., & Sumatera, N. (2025). Efek Perubahan Iklim terhadap Pola Curah Hujan dan Dampaknya pada Lingkungan. 3(1), 300–305.
Indrawan, D. R., Uswatun, D. A., Lyesmaya, D., Herdiana, H., & Ilhami, B. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Literasi Sains Siswa Kelas 3 Sd. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 558. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8876
Jumriani, Ramadhani, S. F., & Rahmah, N. (2024). Analisis Komparatif Capaian Pembelajaran IPA Sekolah Menengah Pertama pada Kurikulum Merdeka dan Kurikulum Merdeka Revisi 2024. Saqbe : Sains Dan Pembelajaran, 2(2), 64–73.
Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Ayu Amalia, D., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2020). Analisis Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 311–326. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Nafiati, D. A. (2021). Revisi taksonomi Bloom: Kognitif, afektif, dan psikomotorik. Humanika, 21(2), 151–172. https://doi.org/10.21831/hum.v21i2.29252
Najuah, Lukitoyo, P. S., & Wirianti, W. (2020). Modul Elektronik: Prosedur Penyusunan dan Aplikasinya. In Yayasan Kita Menulis.
Nugraha, D., & Octavianah, D. (2020). Diskursus Literasi Abad 21 di Indonesia. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(1), 107. https://doi.org/10.30734/jpe.v7i1.789
Sahroni, O. (2020). Hakikat Pendidikan Karakter Dengan Sains (Saling Beririsan Kah? BIO EDUCATIO : (The Journal of Science and Biology Education), 5(2), 44–49. https://doi.org/10.31949/be.v5i2.2602
Salma, N. R., Salsabila, S. H. A., Khairunnisaa’, R. A., Ullifa, W. C., Liani, G. A., Astuti, S. M., & Nurhaura, V. N. (2024). Analisis pengaruh typological error dan ambiguitas terhadap reaksi kognitif pengguna Twitter (penelitian terhadap mahasiswa Universitas Negeri Semarang). Jurnal Mediasi, 3(1), 119–130. http://jurnalilmiah.org/journal/index.php/mediasi
Sulistina, O., Purwandari, A., Deaningtyas, S. A., Putrikundia, S. A., & Faradillah, N. I. (2024). Peran Pendekatan Socio-Scientific Issue (Ssi) Dalam Meningkatkan Scientific Literacy Pada Pembelajaran Kimia. UNESA Journal of Chemical Education, 13(2), 118–128. https://doi.org/10.26740/ujced.v13n2.p118-128
Sunaryati, T., Kaddafi, T., Mujwah, M. B., Aulia, S., Satia, S. A., & Didik, P. (2024). EVALUASI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MEMBENTUK KARAKTERISTIK SISWA DI SEKOLAH. 7, 10748–10753.
Suryani, L., Noer Hodijah, S. R., & Taufik, A. N. (2022). Pengembangan E-Modul IPA Berbasis Science Process Skills dengan Tema Transportasi si-Hijau untuk Melatih Keterampilan Komunikasi Sains Siswa SMP Kelas VIII. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 322–330. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.2.322-330
Taufik.A.N, Kristina.H , Gibran.B.F , Sabililah.A , Septiani.S , Warraihanah.D.A , Nurmalia.L , Syofiarni, S., & Oyok Tati Risalah. (2023). Pengembangan E-Book Kontekstual Berorientasi Kearifan Lokal Banten untuk Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(4), 1095–1104. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i4.1251
Tauhid, K., Aini, H. N., Agustin, P., Aliyah, R. R., & Ajar, B. (2024). PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN BAHAN AJAR DI SEKOLAH DASAR. 3, 9701–9713.
Wasis, Rahayu, Y. S., Sunarti, T., & Indana, S. (2020). HoTs dan Literasi Sains. 1–153.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Tela Piyana, Dwi Indah Suryani, Annisa Novianti Taufik

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.









