Pengembangan LKS Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Pembelajaran IPA di SDN Sakuru
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS berbasis CTL yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi daur air kelas V SDN Sakuru. Jenis Penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) yang terdiri dari beberapa tahap, meliputi: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, ujicoba pemakaian dan produksi masal. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Sakuru. Uji coba produk dilakukan di kelas VI dengan jumlah 10 siswa dan uji coba pemakaian dilakukan di kelas V dengan jumlah 26 siswa. Teknik analisis data menggunakan uji deskriptif, (1) Analisis kelayakan produk dari Tim Ahli, (2) Analisis peningkatan hasil belajar siswa yaitu dengan mencari nilai rata-rata dan ketuntasan klasikal yang diperoleh dari pretest dan posttest siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) LKS yang dikembangkan mengandung komponen CTL yang terdiri dari kegiatan percobaan dan pengamatan; (2) LKS berbasis CTL valid berdasarkan validasi dari Tim ahli dan Guru; (3) LKS berbasis CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata pretest 65,16 dan rata-rata nilai posttest 81,15, sedangkan ketuntasan secara klasikal pada pretest 42,3% sedangkan pada posttest meningkat menjadi 88,45%. Simpulan penelitian ini adalah LKS yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Downloads
References
Bahri, M. W. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Fisika Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya) (hal. 312). Jember: FKIP Universitas Jember. DOI: https://doi.org/10.20961/prosidingsnfa.v2i0.16420
Brahmantara Insan P, P. H. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Berbasis Contextual Teaching and Learning Di Lingkungan Sekolah Pada Mata Pelajaran IPA Kelas III SD Muhamamdiyah Pakel Program Plus Yogyakarta. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 121.
Hairunisa, A. R. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Model Inkuiri Terbimbing Berbasis Multiple Intelligences untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik SMP. Jurnal Pendidikan MIPA, 52-59. DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v8i1.58
Hairunisa, A. R. (2019). Studi Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Kreativitas Mahasiswa Program Studi PGSD Pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPA. Jurnal MIPA STKIP Taman Siswa Bima, 93-96. DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v9i2.190
Ika Ayu Puspita, S. W. (2017). Pengembangan LKS Fisika Berbasis Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Collaborative Skills Siswa di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 376-382.
Lamapaha, Y. F. (2017). Pengembangan lembar kerja siswa berbasis kontekstual berorientasi penalaran saintifik. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 58-68. DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v5i1.13541
Mulyani, S. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Kearifan Lokal Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 179-184.
Ratnawati, P. T. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Model Contextual Teaching and Learning Pada Materi Pesawat Sedehana di Kelas V SD Negeri 04 Koto Salak. Menara Ilmu, 99-112.
Yanuarti Dwi Lestari, W. (2014). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Contexual Teaching and Learning (CTL) Pada Materi Perubahan Lingkungan. BioEdu, 571-579.
Copyright (c) 2020 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.