Analisis Penilaian Sikap Siswa Biologi Selama Pembelajaran Daring Pada Era Tatanan Baru
Abstract
Penerapan pembelajaran daring tentunya diiringi oleh permasalahan baru dalam proses pembelajaran maupun dalam mengevaluasi siswa. Permasalahan pembelajaran daring yang diterapkan dalam era tatanan baru tentunya muncul terkait kesulitan guru dalam mengevaluasi siswa terutama dalam menilai sikap siswa selama pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara guru dalam mengakses penilaian sikap siswa selama proses pembelajaran agar dapat menjadi refrensi terhadap guru yang kesulitan dalam memberikan penilaian sikap terhadap siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan deskritif. Teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner terkait mengenai analisis teknik penilaian sikap siswa selama pembelajaran daring pada era tatanan baru yang diisi oleh responden. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi data. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh bahwa penilaian sikap dalam pembelajaran daring sulit dilakukan dan hasilnya kurang akurat, Penilaian sikap selama pembelajaran daring masih sebatas guru melihat respon siswa dalam hal mengerjakan tugas yang diberikan., dan penilaian sikap menjadi hal yang perlu untuk dibenahi selama pembelajaran daring di era new normal dari segi kesiapan guru menyiapkan instrument dan mengkondisikan siswa agar mengembangkan karakter selama pembelajaran daring.
Downloads
References
Ade Mutiarawati. 2020. “Pengaruh Pendekatan Konstruktivisme Terhadap Karakter Kepercayaan Diri Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Di SMPN 15 Kota Bekasi.” JURNAL PENDIDIKAN MIPA. doi: 10.37630/jpm.v9i2.228.
Alifah, Fitriani Nur. 2019. “PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN AFEKTIF.” Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam. doi: 10.19109/tadrib.v5i1.2587.
Arif Rahman. 2018. “Hubungan Motivasi Dan Sikap Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Kelas VIII SMP Negeri 1 Wera.” JURNAL PENDIDIKAN MIPA. doi: 10.37630/jpm.v8i1.60.
Audina, Ise, Susetyo Susetyo, and M. Arifin. 2019. “PENILAIAN SIKAP SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA OLEH GURU KELAS VII DI SMP NEGERI 1 KOTA BENGKULU.” Jurnal Ilmiah KORPUS. doi: 10.33369/jik.v2i2.6520.
Kusaeri, Kusaeri. 2019. “PENILAIAN SIKAP DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA.” JPM : Jurnal Pendidikan Matematika. doi: 10.33474/jpm.v5i2.1588.
Mardiana, Harisa. 2020. “Lecturers’ Attitudes towards Online Teaching in the Learning Process.” Register Journal. doi: 10.18326/rgt.v13i1.77-98.
Mariamah, and Susantri. 2018. “Penerapan Model Accelerated Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X4 SMAN 3 Kota Bima.” JURNAL PENDIDIKAN MIPA. doi: 10.37630/jpm.v8i1.44.
Noviati, Wiwi. 2020. “Kesulitan Pembelajaran Online Mahasiswa Pendidikan Biologi Di Tengah Pandemi Covid19.” Jurnal Pendidikan MIPA.
Prawati, Siska. 2016. “Penerapan Metode Pemberian Tugas Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas V SDN No 1 Pangalasiang.” Jurnal Kreatif Tadulako Online.
Puspita Sari, Ni Putu Nanik, and I. Ketut Sudiana. 2019. “PENILAIAN SIKAP SEBAGAI DAMPAK PENGIRING PEMBELAJARAN PRAKTIKUM KIMIA.” Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha. doi: 10.23887/jjpk.v3i2.21143.
Ramdhayani, Eryuni, Muslimin Ibrahim, and Madlazim Madlazim. 2017. “PEMBELAJARAN SIKAP MELALU ANALOGI DALAM MENGAJARKAN BIOLOGI.” JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains). doi: 10.26740/jpps.v5n1.p874-884.
Retnawati, Heri. 2016. “HAMBATAN GURU MATEMATIKA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DALAM MENERAPKAN KURIKULUM BARU.” Jurnal Cakrawala Pendidikan. doi: 10.21831/cp.v3i3.7694.
Setiawan, Ari, and Siti Partini Suardiman. 2018. “Assessment of the Social Attitude of Primary School Students.” Research and Evaluation in Education. doi: 10.21831/reid.v4i1.19284.
Tiara, Shintia Kandita, and Eka Yuliana Sari. 2019. “ANALISIS TEKNIK PENILAIAN SIKAP SOSIAL SISWA DALAM PENERAPAN KURIKULUM 2013 DI SDN 1 WATULIMO.” EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru. doi: 10.17509/eh.v11i1.11905.
Zuhera, Yuni, Sy Habibah, and Mislinawati. 2017. “Kendala Guru Dalam Memberikan Penilaian Terhadap Sikap Siswa Dalam Proses Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 Di SD Negeri 14 Banda Aceh.” Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Copyright (c) 2020 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.