Analisis Kreatifitas Siswa dengan Pemanfaatan Limbah Plastik dan Kertas sebagai Media Alat Peraga Biologi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreatifitas belajar siswa dengan memanfaatkan limbah plastik dan kertas sebagai media alat peraga biologi. Jenis Penelitian ini adalah penelitian Mixsed Methods Research Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMPN 5 Moyo Hilir sedangkan sampel penelitian berjumlah 49 siswa, yaitu kelas VIII-2 sebanyak 25 siswa sebagai kelas VIII-1 sebanyak 24 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi. Analisis data yang digunakan selama penelitian adalah analisis deskriptif dan teknik persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kreatifitas siswa berdasarkan hasil observasi diperoleh kreatifitas siswa untuk kelas VIII 1 sebesar 75% dengan kategori kreatif dan kelas VIII 2 sebesar 80% dengan kategori kreatif. Keseluruhan hasil kreatifitas siswa kelas VIII di SMP negeri 5 Moyo hilir dengan kategori 77,5% dengan kategori kreatif
Downloads
References
Birgili, B. (2015). Creative and Critical Thinking Skills in Problem-Based Learning Invironments. Journal of Gifted Education and Creativity. 2 (2). 70-80. https://doi.org/10.1820/JGEDC.2015214253.
Blamires, M., & Peterson, A. (2014). Can creativity be assessed? Towards an evidence informed framework for assessing and planning progress in creativity. Research at Birmingham. 44(2). 147-162. https://doi.org/10.1080/0305764X.2013.860081
Daud, A. M., Omar, J., Turiman, P., & Osman, K. (2011). Creativity in Science Education. Sciverse ScienceDirect. 59 (12). 467-474. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2020.09.302.
Djamarah & Zain. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Ekawati, E., & Sumaryana. (2011). Pengembangan instrumen penilaian Pembelajaran matematika SD/ SMP. Yogyakarta. Departemen pendidikan nasional.
Faridah, F. (2017). Upaya Mengembangkan Bahan Ajar IPA dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas IV SDN 63 Kota Bima. Jurnal pendidikan MIPA. 7 (2). 131-137.
Hairunisa., Hakim, A.R., & Nurjumiati. (2019). Studi Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Kreativitas Mahasiswa Program Studi Pgsd Pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPA. Jurnal pendidikan MIPA. 9 (2). 93-96.
Karimah, N. (2016). Kemampuan berpikir kreatif siswa berdasarkan gaya belajar pada materi garis dan sudut. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika. 233-243.
Kasmaienezhadfard, S., Talebloo, B., Roustaee, R., & Pourrajab., M. (2015). Students’ Learning Through Teaching Creativity: Teachers’Perception. Journal of Education, Health and Community psychology. 4 (1). 1-13.
Nursofah. Komala, R. Rusdi. (2018). The Effect of Research Based Learning Model and Creative Thinking Ability on Students Learning Outcomes. Indonesian Journal of Science and Education. 2 (2). 168-173. https://doi.org/10.31002/ijose,v2i2.584.
Rusmaini. (2014). Ilmu Pendidikan. Palembang: Grafika Telindo Press.
Sarib, N., Mariamah, Muslim., & Fatmah. Pengaruh Metode Reciprocal Teaching terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA Kelas X di SMA Kae Woha Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal pendidikan MIPA. 8 (1). 45-51.
Sarnita, F., Fitriani, A., & Widia. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model PBL Berbasis STEM untuk Melatih Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa Tuna Netra. Jurnal pendidikan MIPA. 9 (1). 38-44.
Trianto. (2010). Pengembangan Model Tematik Pembelajaran Tematik. PT Prestasi Pustakarya. Jakarta.
Young, M. H., & Balli, S.J. (2014). Gifted and Talented Education: Student and Parent Perspectives. Gofted child today. 37(4). 236-246. https://doi.org/10.1177/10762175145.
Copyright (c) 2020 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.