Pengaruh Penggunaan Metode Diskusi Tipe Buzz Group terhadap Prestasi Belajar Biologi Peserta Didik Kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Majene
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui seberapa jauh peningkatan prestasi belajar peserta didik dengan menggunakan metode diskusi tipe buzz group; (2) mengetahui perbedaan prestasi belajar antara kelas X MIA 1 yang menggunakan metode diskusi tipe buzz group dan kelas X MIA 4 yang tidak menggunakan metode diskusi tipe buzz group. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian pretest posttest two group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Majene. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling dengan kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 4 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing kelas 25 peserta didik. Hasil pengolahan data pada uji hipotesis bahwa nilai kelas t eksperimen lebih kecil dari pada nilai t kelas kontrol (-33.417 < -17.748) maka kesimpulan adalah lebih besar perubahan nilai dikelas eksperimen dibanding kelas kontrol. Penggunaan metode diskusi tipe buzz group lebih efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar lebih tinggi ditunjukkan dengan perbedaan rata-rata gain ternormalisasi untuk kelompok eksperimen (0.65) yang secara kuantitasi lebih besar daripada kelompok kontrol (0.40). Pada penelitian ini, metode diskusi tipe buzz group berpengaruh terhadap prestasi belajar biologi peserta didik pada konsep ekologi.
Downloads
References
Hosnan. 2013. Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad Ke 21. Bogor: Ghalia Indonesia
Juanda. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Majene: Universitas Sulawesi Barat
Julaikah. 2015. Penerapan Metode Diskusi dan Kerja Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Pokok “Rangka Manusia Dan Fungsinya” Siswa Kelas IV SDN Paleran. Jurnal pendidikan dan sains, (Online), (http://www.jurnalpendidikan.net/2015/04/penerapan-metode-diskusi-dan-kerja.html, diakses 17 Juni 2016)
Maswandi. 2010. Pengaruh Pembelajaran Partisipatif Terhadap Hasil Belajar Biologi. Jakarta: Pascasarjana IPA FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Sainab. 2013. Telaah Kurikulum Biologi I Mata Pelajaran IPA (Sains). Majene: Universitas Sulawesi Barat
Salim, E. 2014. Upaya Meningkatkan Kemampuan Sains Anak Melalui Metode Inkuiri pada Kelompok B Di TK Mojokerto 3 Kedawung Sragen Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Penelitian PAUDIA, (Online), (file http://e-jurnal.upgrismg.ac.id/index.php/paudia/article/download/511/464, diakses 13 Juni 2016)
Sumarni. 2016. Penerapan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Kecil Toraranga Pada Mata Pelajaran PKn Pokok Bahasan Sistem Pemerintahan Kabupaten, Kota dan Provinsi. Jurnal Kreatif Tadulako (Online) Vol. 3, No. 4ISSN 2354-614X, (http://belajarpsikologi.com/search/pengertian+diskusi+dan+macam+macam+diskusi/, diakses 6 juni 2016)
Suminah. 2013. Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menerapkan Metode Diskusi Tipe Buzz Group pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Online) Vol. 1, No. 2, (http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/2377, diakses 13 juni 2016)
Tiro, Arif, Muhammad. 2013. Metode Elips. Makassar: Andira Publisher
Wahab. 2012. Biostatistik Dasar. Majene: Kutub Wacana
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.