Analisis Kebutuhan Mahasiswa terhadap Pengembangan E-Modul Fisika Matematika I di Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jambi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengemukakan hasil analisis kebutuhan mahasiswa terhadap bahan ajar Fisika Matematika I, dimana bahan ajar ini berupa e-modul.Penelitian ini mengambil subjek mahasiswa kelas reguler A angkatan 2019 Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jambi yang berjumlah sebanyak 35 orang mahasiswa. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian dengan metode campuran (mixed method). Penelitian dengan metode campuran ialah menggabungkan penelitian kuantitatif dan kualitatif. Data pada penelitian kuantitatif diperoleh dari angket kebutuhan mahasiswa, dan data kualitatif diperoleh dari hasil wawancara pada mahasiswa. Data kuantitatif dianalisis menggunakan statistik deskriptif dengan bantuan aplikasi SPSS v.25 dimana hasil yang diperoleh adalah 62,9% menyatakan bahwa e-modul Fisika Matematika I ini dibutuhkan. Sedangkan data kualitatif dianalisis menggunakan Miles & Huberman dimana hasil wawancara ini menunjukkan bahwa mahasiswa membutuhkan bahan ajar tambahan pada perkuliahan Fisika Matematika I yang menggunakan bahasa Indonesia dan yang lebih menarik agar mahasiswa mampu memahami materi dengan mudah dan terperinci. Dengan adanya e-modul ini, mahasiswa diharapkan dapat belajar secara mandiri atau tanpa bimbingan langsung dari dosen.
Downloads
References
Astalini, A., Kurniawan, D. A., & Putri, A. D. (2018). Identifikasi Sikap Implikasi Sosial dari IPA, Ketertarikan Menambah Waktu Belajar IPA, dan Ketertarikan Berkarir Dibidang IPA Siswa SMP Se-Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 93–108. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i2.2142
Astalini, Darmaji, Kurniawan, W., Anwar, K., & Kurniawan, D. A. (2019). Effectiveness of Using E-Module and E-Assessment. IJIM, 13(9), 21–39.
Cholik, C. A. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Meningkatkan Pendidikan di Indonesia. Syntax Literate : Jurnal Ilmiah Indonesia, 2(6), 21–30.
Dayati, F. B. (2021). Kesulitan Belajar Mata Kuliah Matematika Fisika I Melalui Pembelajaran Daring Mahasiswa. Jurnal Pendidikan, Sains, Dan Humaniora, 9(6), 865–870.
Diani, R., & Hartati, N. S. (2018). Flipbook berbasis literasi Islam: Pengembangan media pembelajaran fisika dengan 3D pageflip professional. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 234–244. https://doi.org/10.21831/jipi.v4i2.20819
Ellianawati, & Wahyuni, S. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Matematika Berbasis Self Regulated Learning Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Mandiri. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 8(1), 33–40.
Kurniawan, D. A., Astalini, A., Darmaji, D., & Melsayanti, R. (2019). Students ’ attitude towards natural sciences. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 8(3), 455–460. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i3.16395
Marisda, D. H., & Handayani, Y. (2020). Model Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Tugas Sebagai Alternatif Pembelajaran Fisika Matematika. Fisika PPs UNM, 2(1), 9–12.
Maryuliana, Subroto, I. M. I., & Haviana, S. F. C. (2016). Sistem Informasi Angket Pengukuran Skala Kebutuhan Materi Pembelajaran Tambahan Sebagai Pendukung Pengambilan Keputusan Di Sekolah Menengah Atas Menggunakan Skala Likert. Jurnal Transistor Elektro Dan Informatika, 1(2), 1–12.
Ningsih, I. Y., & Arief, M. (2021). Bauran Promosi Pada Dealer Yamaha Tretan Motor Dengan Pendekatan Mixed Methods. Jurnal Kajian Ilmu Manajemen, 1(1), 1–8.
Nisa, H. U., & Supriyanto, T. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Sastra Legenda Bermuatan Kearifan Lokal Berbahasa Jawa. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 192–200.
Nurhidayah, Sairi, A. P., Hamdi, H., & Alfitri, S. R. A. (2018). Peningkatan Motivasi Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Fisika Metematika II Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Jambi. Jurnal Ilmu Fisika Dan Pembelajarannya (JIFP), 2(1), 21–27.
Pawestri, U., Kurniawati, I., Prodi, M., Matematika, P., & Prodi, D. (2013). Analisis Kesulitan Pembelajaran Matematika dengan Pengantar Bahasa Inggris pada Materi Pokok Bentuk Logaritma Kelas X IMERSI SMA Negeri Karangpandan Karanganyar 2012/2013. Jurnal Pendidikan Matematika Solusi, 1(1), 1–7.
Rahayu, I. (2020). The Development Of E-Modules Project Based Learning for Students of Computer and Basic Networks at Vocational School. Journal of Education Technology, 4(4), 398–403.
Rini, T. A., & Cholifah, P. S. (2020). Electronic Module with Project Based Learning: Innovation of Digital Learning Product on 4.0 Era. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(2), 155–161.
Rizki, S., & Linuhung, N. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Program Linear Berbasis Kontekstual dan ICT. Aksioma: Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 5(2), 137–144.
Rozy, A. F., & Anggana, Y. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Elektronika Berbasis 3D Pageflip pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika di SMK Negeri 1 Kediri. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Guru, 6(1), 1–7.
Sakti, H. G., & Hikayati, S. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Air ( Auditory , Intellectualy , Repetition ) Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Lembar Lombok Barat Tahun Pelajaran 2016 / 2017. Society, Jurnal Jurusan Pendidikan IPS Ekonomi, VIII(2), 68.
Sofyan, H., Anggereini, E., & Saadiah, J. (2019). Development of E-Modules Based on Local Wisdom in Central Learning. European Journal of Educational Research Volume, 8(4), 1137–1143. https://doi.org/10.12973/eu-jer.8.4.1137
Sugihartini, N., & Jayanta, N. L. (2017). Pengembangan E-Modul Mata Kuliah Strategi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 14(2), 221–230.
Sukendra, I. K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika FMIPA dengan Mengontrol Disiplin Belajar. Widyari: Jurnal Pendidikan, 21(1). https://doi.org/10.5281/zenodo.3742507
Wilujeng, I., & Permatasari, I. (2019). Pengembangan Buku Ajar Fisika Matematika Berbasis Kajian Kritis Materi Fisika Sekolah dan Integrasi Nilai- Nilai Karakter. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Integrasinya, 2(2), 1–12.
Copyright (c) 2021 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.