Validitas LKPD Digital Gerak Harmonik Sederhana Berbasis PhET Simulation

  • Endang Susilawati STKIP Taman Siswa Bima
  • Agustinasari Agustinasari STKIP Taman Siswa Bima

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan LKPD Digital Gerak Harmonik Sederhana Berbasis Phet Simulation. Penelitian ini berfokus pada hasil validitas LKPD yang diujikan ke ahli, guru, dan ujian kepraktisan pada mahasiswa. Metode penelitian ini menggunakan jenis Reasearch & Development. Tahapan pengembangan produk LKPD terdiri dari 5 tahapan: a. studi pendahuluan, b. melakukan perencanaan, c. mengembangkan produk awal dan penilaian kelayakan, d. melakukan uji coba terbatas, e. revisi produk berdasarkan uji coba terbatas. Hasil penelitian menunjukkan secara umum kualitas LKPD Digital Gerak Harmonik Sederhana Berbasis PhET Simulation yang telah dikembangkan termasuk pada kategori sangat baik yaitu pada 92%. Dengan demikian produk yang telah dikembangkan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: LKPD Digital Gerak Harmonik Sederhana, PhET Simulation

References

Al Fajri, M. H., Alatas, F., & Daryono. (2016). Seminar Nasional Pendidikan IPA-Biologi FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 28 September 2016. September.

Ango, M. L. (2002). Mastery of Science Process Skills and Their Effective Use in the Teaching of Science : An Educology of Science Education in the Nigerian Context. 16(1), 11–30.

Astra, I. M., & Jannah, M. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Pre-Solution Posing Terhadap Hasil Belajar Fisika Dan Karakter Siswa Sma. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 8(2), 135–143. https://doi.org/10.15294/jpfi.v8i2.2153

Basilaia, G., & Kvavadze, D. (2020). Transition to Online Education in Schools during a SARS-CoV-2 Coronavirus (COVID-19) Pandemic in Georgia. Pedagogical Research, 5(4). https://doi.org/10.29333/pr/7937

Cholifa, R., & Wibawa, S. C. (2016). Pembuatan Lembar Kerja Siswa Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Produktif Multimedia Kelas XI Di SMKN 1 Driyorejo. It-Edu, 1(02).

Finkelstein, N., Adams, W., Keller, C., Perkins, K., & Wieman, C. (2006). High-tech tools for teaching physics: The physics education technology project. Physics Education, 2(3), 110–121. http://jolt.merlot.org/vol2no3/finkelstein.htm

Gunawan, G., Harjono, A., Sahidu, H., & Herayanti, L. (2017). Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 6(2), 257–264. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i1.8750

Gunawan, G., & Liliasari, L. (2012). MODEL VIRTUAL LABORATORY FISIKA MODERN UNTUK MENINGKATKAN DISPOSISI BERPIKIR KRITIS CALON GURU. Cakrawala Pendidikan, 2, 185–199. https://doi.org/10.1109/iceta.2013.6674403

Hamzah, F. (2015). Studi Pengembangan Modul Pembelajaran IPA berbasis Intregrasi ISLAM-SAINS Pada Pokok Bahasan Sistem Reproduksi Kelas IX madrasah Tsanawiyah. 1(September), 41–54.

Herman. (2015). Pengembangan LKPD Tekanan Hidrostatik Berbasis Keterampilan Proses Sains. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika UNM, 11(2), 120–131. https://ojs.unm.ac.id/index.php/JSdPF/article/download/1478/557.

Jimoyiannis, A., & Komis, V. (2001). Computer simulations in physics teaching and learning : a case study on students ’ understanding of trajectory motion. 36, 183–204.

Lloyd, M., & Bahr, N. (2010). Thinking Critically about Critical Thinking in Higher Education. 4(2).

Menteri, P. (2006). Peraturan Menteri nomor 22 Tahun 2006 1. 1–43.

Ravista, N. D. (2021). Validity and Practicality of Guided Inquiry-Based E-Modules accompanied by Virtual Laboratory to Empower Critical Thinking Skills. 7. https://doi.org/10.29303/jppipa.v7iSpecialIssue.1083

Simbolon, D. H., & Sahyar. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Eksperimen Riil Dan Laboratorium Virtual Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Effects of Guided Inquiry Learning Model Based Real Experiments and Virtual Laboratory Towards the Results of Students’ Ph. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 21, 299–316.

Susilawati, E., Siahaan, P., Agustinasari, Yulianci, S., & Samsudin, A. (2020). Developing Physics Learning Module Based on Guided Inquiry (PLM-BGI) for Work and Energy. 456(Bicmst), 172–175. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201021.040

Yudha, S. F. A., Yulkifli, & Yohandri. (2019). Validity of student worksheet based on guided inquiry learning model assisted by digital practicum tool. Journal of Physics: Conference Series, 1185(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1185/1/012058

Published
2022-03-15
How to Cite
Endang Susilawati, & Agustinasari, A. (2022). Validitas LKPD Digital Gerak Harmonik Sederhana Berbasis PhET Simulation. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(1), 35-42. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i1.522
Abstract viewed = 618 times
PDF downloaded = 566 times