Validitas LKPD Digital Gerak Harmonik Sederhana Berbasis PhET Simulation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan LKPD Digital Gerak Harmonik Sederhana Berbasis Phet Simulation. Penelitian ini berfokus pada hasil validitas LKPD yang diujikan ke ahli, guru, dan ujian kepraktisan pada mahasiswa. Metode penelitian ini menggunakan jenis Reasearch & Development. Tahapan pengembangan produk LKPD terdiri dari 5 tahapan: a. studi pendahuluan, b. melakukan perencanaan, c. mengembangkan produk awal dan penilaian kelayakan, d. melakukan uji coba terbatas, e. revisi produk berdasarkan uji coba terbatas. Hasil penelitian menunjukkan secara umum kualitas LKPD Digital Gerak Harmonik Sederhana Berbasis PhET Simulation yang telah dikembangkan termasuk pada kategori sangat baik yaitu pada 92%. Dengan demikian produk yang telah dikembangkan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Downloads
References
Al Fajri, M. H., Alatas, F., & Daryono. (2016). Seminar Nasional Pendidikan IPA-Biologi FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 28 September 2016. September.
Ango, M. L. (2002). Mastery of Science Process Skills and Their Effective Use in the Teaching of Science : An Educology of Science Education in the Nigerian Context. 16(1), 11–30.
Astra, I. M., & Jannah, M. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Pre-Solution Posing Terhadap Hasil Belajar Fisika Dan Karakter Siswa Sma. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 8(2), 135–143. https://doi.org/10.15294/jpfi.v8i2.2153
Basilaia, G., & Kvavadze, D. (2020). Transition to Online Education in Schools during a SARS-CoV-2 Coronavirus (COVID-19) Pandemic in Georgia. Pedagogical Research, 5(4). https://doi.org/10.29333/pr/7937
Cholifa, R., & Wibawa, S. C. (2016). Pembuatan Lembar Kerja Siswa Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Produktif Multimedia Kelas XI Di SMKN 1 Driyorejo. It-Edu, 1(02).
Finkelstein, N., Adams, W., Keller, C., Perkins, K., & Wieman, C. (2006). High-tech tools for teaching physics: The physics education technology project. Physics Education, 2(3), 110–121. http://jolt.merlot.org/vol2no3/finkelstein.htm
Gunawan, G., Harjono, A., Sahidu, H., & Herayanti, L. (2017). Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 6(2), 257–264. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i1.8750
Gunawan, G., & Liliasari, L. (2012). MODEL VIRTUAL LABORATORY FISIKA MODERN UNTUK MENINGKATKAN DISPOSISI BERPIKIR KRITIS CALON GURU. Cakrawala Pendidikan, 2, 185–199. https://doi.org/10.1109/iceta.2013.6674403
Hamzah, F. (2015). Studi Pengembangan Modul Pembelajaran IPA berbasis Intregrasi ISLAM-SAINS Pada Pokok Bahasan Sistem Reproduksi Kelas IX madrasah Tsanawiyah. 1(September), 41–54.
Herman. (2015). Pengembangan LKPD Tekanan Hidrostatik Berbasis Keterampilan Proses Sains. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika UNM, 11(2), 120–131. https://ojs.unm.ac.id/index.php/JSdPF/article/download/1478/557.
Jimoyiannis, A., & Komis, V. (2001). Computer simulations in physics teaching and learning : a case study on students ’ understanding of trajectory motion. 36, 183–204.
Lloyd, M., & Bahr, N. (2010). Thinking Critically about Critical Thinking in Higher Education. 4(2).
Menteri, P. (2006). Peraturan Menteri nomor 22 Tahun 2006 1. 1–43.
Ravista, N. D. (2021). Validity and Practicality of Guided Inquiry-Based E-Modules accompanied by Virtual Laboratory to Empower Critical Thinking Skills. 7. https://doi.org/10.29303/jppipa.v7iSpecialIssue.1083
Simbolon, D. H., & Sahyar. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Eksperimen Riil Dan Laboratorium Virtual Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Effects of Guided Inquiry Learning Model Based Real Experiments and Virtual Laboratory Towards the Results of Students’ Ph. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 21, 299–316.
Susilawati, E., Siahaan, P., Agustinasari, Yulianci, S., & Samsudin, A. (2020). Developing Physics Learning Module Based on Guided Inquiry (PLM-BGI) for Work and Energy. 456(Bicmst), 172–175. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201021.040
Yudha, S. F. A., Yulkifli, & Yohandri. (2019). Validity of student worksheet based on guided inquiry learning model assisted by digital practicum tool. Journal of Physics: Conference Series, 1185(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1185/1/012058
Copyright (c) 2022 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.