Uji Kelayakan Panduan Praktikum Perkembangan Hewan Berbasis Inkuiri pada Materi Metamorfosis
Abstract
Penelitian bertujuan untuk menghasilkan panduan praktikum berbasis inkuiri yang layak dari segi materi dan media. Berdasarkan angket studi pendahuluan yang diisi oleh mahasiswa yang telah mengontrak mata kuliah perkembangan hewan, ditemukan berbagai permasalahan pada praktikum metamorfosis. Permasalahan tersebut diantaranya mahasiswa masih mengalami kesulitan mendapatkan hasil yang sesuai dengan teori, masih membutuhkan panduan praktikum yang lebih detail, penggunaan alat dan bahan yang lebih spesifik, dan penambahan prosedur kerja panduan praktikum yang lebih rinci. Oleh karena itu, perlu dikembangkanlah panduan praktikum perkembangan hewan pada materi metamorfosis. Penelitian pengembangan menggunakan model 4D (Four D). Penelitian juga mengulas tahap pengembangan pada tahap 4D (Four D). Analisis data yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian diperoleh rata-rata validasi materi tahap 1 sebesar 51,18% (kategori cukup baik), validasi tahap 2 sebesar 73,38%, dan validasi tahap 3 sebesar 91,06%. Sedangkan validasi media tahap 1 diperoleh sebesar 37,68% (kategori cukup baik), validasi tahap 2 sebesar 61,44% (kategori baik), dan validasi tahap 3 sebesar 90,17% (kategori sangat baik). Proses validasi materi dan media dilakukan bertahap dan mengalami perbaikan panduan praktikum metamorfosis dan disimpulkan layak untuk digunakan.
Downloads
References
Aminah, N. (2015). Analisis Validasi Pengembangan Perangkat embelajaran Matematika dengan Model Plomp Pada Materi Geometri. Aksioma: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/aks.v6i1/Maret.857
Festiana, I., Sarwanto dan Sukarmin. (2014). "Pengembangan Modul Fisika Berbasis Masalah Pada Materi Listrik Dinamis Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sma". Inkuiri, 3(3):53–64. doi: 10.20961/inkuiri.v3i2.9682.
Kartikasari, Y., & Widodo, M. (2015). Kelayakan Isi dan Bahasa Pada Buku Teks Bupena Bahasa Indonesia Kelas VII. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya), 3(3), 1–6.
LKPP-UNHAS. (2015). "Bahan Ajar, Buku Ajar, Modul, dan Panduan Praktik". Pendidikan, Hal. 1-12.
Purnamasari, S. dan Setiyadi, M. W. (2019). "Pengaruh Zat Kimia Pada Berbagai Suhu Terhadap Denyut Jantung Katak (Rana Sp.) Dalam Upaya Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Fisiologi Hewan Sry". 7(2):123–131.
Purnanto, A. W., & Mustadi, A. (2018). Analisis Kelayakan Bahasa Dalam Buku Teks Tema 1 Kelas I Sekolah Dasar Kurikulum 2013. Profesi Pendidikan Dasar, 3(2), 102–111. https://doi.org/10.23917/ppd.v3i2.2773
Rismawati, E., Widodo, M., & Agustina, E. S. (2015). Kelayakan Penyajian Buku Teks Mahir Berbahasa Indonesia Kelas VII SMP/MTS Kurikulum 2013. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya), 3(5), 1–10.
Rodiyana, R. (2015). "Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Siswa SD". Jurnal Cakrawala Pendas, I(1):34–43.
Sari, T., Hasnunidah, N., & Marpuang, R. (2018). Pengembangan Buku Penuntun Praktikum Energi dalam Sistem Kehidupan dengan Model Argument Driven Inquiry (ADI). Jurnal Bioterdidik Wahana Ekspresi Ilmiah, 6(1), 1–12. Retrieved from http://jurnal.fkip.unila.ac.id
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suparman, Badjuri, & Anwar, K. (2018). Keefektifan Model Pembelajaran PBL Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Dimensi Tiga Pada Siswa Kelas XII IPA. Jurnal Ilmu Sejarah. Sosial, Budaya Dan Kependidikan, 5(2), 116–128.
Syamsu, F. D. (2017). Pengembangan Penuntun Praktikum IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing unuk Siswa SMP Kelas VII Semester Genap. BIOnatural, 4(2), 13–27.
Widyaningrum, D. A. dan Wijayanti, T. (2019). "Implementasi buku petunjuk praktikum biokimia berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan kerja ilmiah". Edubiotik : Jurnal Pendidikan, Biologi dan Terapan 4(02):58–67. doi: 10.33503/ebio.v4i02.437.
Copyright (c) 2022 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.