Analisis Perbandingan Motivasi Belajar Fisika Siswa pada Kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 di MAN 5 Batanghari
Abstract
Tujuan penelitian untuk melihat perbandingan motivasi belajar siswa kelas X MIPA 1 dan kelas X MIPA 2. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan instrument berupa angket motivasi belajar siswa. Sampel penelitian yaitu siswa kelas X MIPA 1 dan kelas X MIPA 2 di MA Negeri 5 Batanghari tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 50 responden. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu menggunakan software IBM SPSS 26, dengan melakukan uji normalitas dan Uji perbandingan. Adapun hasil uji perbandingan ini yaitu nilai signifikan pengujian dua arah sig. (2 tailed) sebesar 0.203 pada Equal variance not assumed, dan nilai signifikan pengujian dua arah Sig.(2-tailed) untuk Equal variance assumed sebesar 0,204. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil motivasi belajar siswa antara siswa kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2.
Downloads
References
Astalini, A., & Kurniawan, D. A. (2019). Pengembangan Instrumen Sikap Siswa Sekolah Menengah Pertama Terhadap Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Pendidikan Sains (Jps), 7(1), 1-7.
Astalini, A., Kurniawan, D. A., & Putri, A. D. (2018). Identifikasi Sikap Implikasi Sosial dari IPA, Ketertarikan Menambah Waktu Belajar IPA, dan Ketertarikan Berkarir Dibidang IPA Siswa SMP Se-Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 93–108.
Astalini, A., Kurniawan, D. A., Darmaji, D., & Kurniawan, N. (2020). Analisis Sikap Siswa Terhadap Ipa Di Smp Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Pendidikan Sains (Jps), 8(1), 18-26.
Darmaji, D., Kurniawan, D. A., Astalini, A., & Nasih, N. R. (2019). Persepsi Mahasiswa pada Penuntun Praktikum Fisika Dasar II Berbasis Mobile Learning. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(4), 516–523.
Giancolli, D. C. (2014). Fisika: Prinsip dan Aplikasi edisi ke 7 jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kurniawan, D. A., Astalini, & Anggraini, L. (2018). Evaluasi Sikap Siswa Smp Terhadap Ipa Di Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Ilmiah Didaktika, 19(1), 124–139.
Kurniawan, D. (2008). Uji t 2-Sampel Independen. Jurnal Statistik.
Oktaviana, D. (2016). Penerapan rpp berbasis multiple intelligences untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa pada materi kalor dan perpindahan kalor kelas x mia 4 sma negeri 3 kota jambi. Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1).
Raharjo, S. B. (2012). Evaluasi trend kualitas pendidikan di indonesia. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 16(2), 511-532.
Raningsih, N. K., & Putra, I. M. P. D. (2015). Pengaruh rasio-rasio keuangan dan ukuran perusahaan pada return saham. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 13(2), 582-598.
Suharyanto, A. (2015). Pendidikan dan Proses Pembudayaan dalam Keluarga. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 7(2), 162-165.
Utami, S. A, Hendri, M & Darmaji. (2017a). Hubungan lingkungan belajar terhadap hasil belajar fisika kelas XI MIA SMA N 1 Muaro Jambi. Jurnal EduFisika, 2(2).
Wasty Soemanto. (2003). Psikologi Pendidikan. Malang: Rineka Cipta.
Copyright (c) 2022 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.