Analisis Perbandingan Motivasi Belajar Fisika Siswa pada Kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 di MAN 5 Batanghari

  • Firdaus Firdaus Universitas Jambi
  • Astiara Steviana Universitas Jambi
  • M. Feby Khoiru Sidqi Universitas Jambi

Abstract

Tujuan penelitian untuk melihat perbandingan motivasi belajar siswa kelas X MIPA 1 dan kelas X MIPA 2. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan instrument berupa angket motivasi belajar siswa. Sampel penelitian yaitu siswa kelas X MIPA 1 dan kelas X MIPA 2 di MA Negeri 5 Batanghari tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 50 responden. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu menggunakan software IBM SPSS 26, dengan melakukan uji normalitas dan Uji perbandingan. Adapun hasil uji perbandingan ini yaitu nilai signifikan pengujian dua arah sig. (2 tailed) sebesar 0.203 pada Equal variance not assumed, dan nilai signifikan pengujian dua arah Sig.(2-tailed) untuk Equal variance assumed sebesar 0,204. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil motivasi belajar siswa antara siswa kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Analisis Perbandingan, Motivasi Belajar Fisika

References

Astalini, A., & Kurniawan, D. A. (2019). Pengembangan Instrumen Sikap Siswa Sekolah Menengah Pertama Terhadap Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Pendidikan Sains (Jps), 7(1), 1-7.

Astalini, A., Kurniawan, D. A., & Putri, A. D. (2018). Identifikasi Sikap Implikasi Sosial dari IPA, Ketertarikan Menambah Waktu Belajar IPA, dan Ketertarikan Berkarir Dibidang IPA Siswa SMP Se-Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 93–108.

Astalini, A., Kurniawan, D. A., Darmaji, D., & Kurniawan, N. (2020). Analisis Sikap Siswa Terhadap Ipa Di Smp Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Pendidikan Sains (Jps), 8(1), 18-26.

Darmaji, D., Kurniawan, D. A., Astalini, A., & Nasih, N. R. (2019). Persepsi Mahasiswa pada Penuntun Praktikum Fisika Dasar II Berbasis Mobile Learning. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(4), 516–523.

Giancolli, D. C. (2014). Fisika: Prinsip dan Aplikasi edisi ke 7 jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kurniawan, D. A., Astalini, & Anggraini, L. (2018). Evaluasi Sikap Siswa Smp Terhadap Ipa Di Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Ilmiah Didaktika, 19(1), 124–139.

Kurniawan, D. (2008). Uji t 2-Sampel Independen. Jurnal Statistik.

Oktaviana, D. (2016). Penerapan rpp berbasis multiple intelligences untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa pada materi kalor dan perpindahan kalor kelas x mia 4 sma negeri 3 kota jambi. Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1).

Raharjo, S. B. (2012). Evaluasi trend kualitas pendidikan di indonesia. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 16(2), 511-532.

Raningsih, N. K., & Putra, I. M. P. D. (2015). Pengaruh rasio-rasio keuangan dan ukuran perusahaan pada return saham. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 13(2), 582-598.

Suharyanto, A. (2015). Pendidikan dan Proses Pembudayaan dalam Keluarga. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 7(2), 162-165.

Utami, S. A, Hendri, M & Darmaji. (2017a). Hubungan lingkungan belajar terhadap hasil belajar fisika kelas XI MIA SMA N 1 Muaro Jambi. Jurnal EduFisika, 2(2).

Wasty Soemanto. (2003). Psikologi Pendidikan. Malang: Rineka Cipta.

Published
2022-03-15
How to Cite
Firdaus, F., Astiara Steviana, & M. Feby Khoiru Sidqi. (2022). Analisis Perbandingan Motivasi Belajar Fisika Siswa pada Kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 di MAN 5 Batanghari. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(1), 43-47. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i1.525
Abstract viewed = 386 times
PDF downloaded = 331 times