Analisis Kebutuhan Mahasiswa terhadap Penggunaan E-Modul pada Perkuliahan Fisika Matematika I Materi Vektor
Abstract
Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana level serta pendapat mahasiswa mengenai e-modul materi vektor yang akan dikembangkan. Jenis penelitian ini ialah mixed method dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah purposive sampling. Sampel yang digunakan merupakan mahasiswa aktif kelas reguler C 2019 yang pernah mengontrak mata kuliah fisika matematika I. Instrumen yang digunakan ialah berupa angket dan lembar wawancara yang dimana di analisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa sebagian besar sampel berpendapat bahwa e-modul merupakan gagasan yang sangat baik, hal ini dapat dilihat dari hasil statistik deskriptif nilai rata-rata sebesar 23,07 dimana berada pada kategori dibutuhkan, hasil data kuantitatif ini diperkuat dengan hasil wawancara yang sebagian besar mendukung pembuatan e-modul ini.. Penggunaan e-modul pada mata kuliah Fisika Matematika dapat membantu mahasiswa belajar secara mandiri. Penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi untuk penelitian e-modul Fisika Matematika ke depannya.
Downloads
References
Amilia, T. N., Andriani, N., & Zulherman. (2016). Matematika Pokok Bahasan Bilangan Kompleks Di. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 3(2), 1–7.
Astalini, Darmaji, Kurniawan, W., Anwar, K., & Kurniawan, D. A. (2019). Effectiveness of Using E-Module and E-Assessment. IJIM, 13(9), 21–39.
Ayu, H. D., Saputra, S., Sarwanto, S., & Mulyani, S. (2021). Diagnostic analysis of student concept in environmental physics. Journal of Physics: Conference Series, 1869(1), 012177. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1869/1/012177
Busetto, L., Wick, W., & Gumbinger, C. (2020). How to use and assess qualitative research methods. Neurological Research and Practice, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.1186/s42466-020-00059-z
Darmaji, Astalini, Kurniawan, D. A., Parasdila, H., & Iridianti. (2019). E-Module Based Problem Solving in Basic Physics Practicum for Science Process Skills. IJOE, 15(15), 4–17.
Darmaji, D., Kurniawan, D. A., Astalini, A., Kurniawan, W., Anwar, K., & Lumbantoruan, A. (2019). Students’ perceptions of electronic’s module in physics practicum. Journal of Education and Learning (EduLearn), 13(2), 288–294. https://doi.org/10.11591/edulearn.v13i2.13005
Ellianawati, & Wahyuni, S. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Matematika Berbasis Self Regulated Learning Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Mandiri. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 8(1), 33–40. https://doi.org/10.15294/jpfi.v8i1.1992
Hasyim, N., & Haling, A. (2017). The e-Learning Needs Analysis in Graduate Programs of Universitas Negeri Makassar. Journal of Educational Science and Technology (EST), 3(3), 233–242.
Huda, S., Firmansyah, M., Rinaldi, A., Sugiharta, I., Astuti, D. W., Fatimah, O., & Prasetyo, A. E. (2019). Understanding Of Mathematical Concepts In The Linear Equation With Two Variables: Impact Of E-Learning And Blended Learning Using Google Classroom. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 261–270.
Kimbrel, L. A. (2020). The Impact of a Structured Protocol on Graduate Student Perception of Online Asynchronous Discussions. Journal of Curriculum and Teaching, 9(3), 172–181. https://doi.org/10.5430/jct.v9n3p172
Mahande, R. D. (2019). IS Success Model for EDMODO E-learning User Satisfaction through TAM on Students. Journal of Educational Science and Technology (EST), 5(2), 140–152.
Marshman, E., Kalender, Z. Y., Schunn, C., Nokesh-Malach, T., & Singh, C. (2017). A longitudinal analysis of students’ motivational characteristics in introductory physics courses: Gender differences. Canadian Journal of Physics, 1–23.
Mazidah, Erna, M., & Anwar, L. (2020). Developing an Interactive Chemistry E-Module for Salt Hydrolysis Material to Face the Covid-19 Pandemic Developing an Interactive Chemistry E-Module for Salt Hydrolysis Material to Face the Covid-19 Pandemic. Journal of Physics: Conference Series, 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1655/1/012051
Mulyadi, R, S., Atmazaki, & Agustina. (2020). The Development Of E-Modules Based on Adobe Flash For Indonesian Subjects At IAIN Bukittinggi The Development Of E-Modules Based on Adobe Flash For Indonesian Subjects At IAIN Bukittinggi. Journal Of Physics Conference Series, 1471, 1–9. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1471/1/012002
Nisa, W. L., & Andriani, N. (2020). Development of E-Modules Based on Multi-representations in Solid-State Physics Introductory Subject. Berkala Ilmiah Fisika, 8(2), 73–81. https://doi.org/10.20527/bipf.v8i2.7690
Nurabadi, A., Sucipto, S., Juharyanto, J., & Gunawan, I. (2018). The Implementation of Education Management Standards in the School Laboratory State University of Malang for Improving Educational Quality. Education and Humanities Research, 269, 127–132. https://doi.org/10.2991/coema-18.2018.33
Odhier, P. O., Ajowi, J. O., & Mwebi, B. (2019). Investigation on Contributions of Principals on School Machinery and Equipment Management in Secondary Schools in Kenya. International Journal of Novel Research in Humanity and Social Science, 6(5), 73–88.
Petrova, L. (2020). Discrete Quantum Transitions, Duality: Emergence of Physical Structures and Occurrence of Observed Formations (Hidden Properties of Mathematical Physics Equations). Journal of Applied Mathematics and Physics, 08(09), 1911–1929. https://doi.org/10.4236/jamp.2020.89144
Rahayu, I., & Sukardi. (2020). The Development Of E-Modules Project Based Learning for Students of Computer and Basic Networks at Vocational. Journal Of Education Technology, 4(4), 398–403.
Riantoni, C., Yuliati, L., Mufti, N., & Nehru, N. (2017). Problem solving approach in electrical energy and power on students as physics teacher candidates. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(1), 55–62. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i1.8293
Saputri, D. F., Fadilah, S., & Wahyudi, W. (2016). Efektivitas Penggunaan Buku Ajar Fisika Matematika Berbasis Inkuiri dalam Perkuliahan Fisika Matematika. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 02(2), 7–14. https://doi.org/10.21009/1.02202
Sari, U., Hajiomer, A., Güven, K., & Faruk, Ö. (2017). Effects of the 5E Teaching Model Using Interactive Simulation on Achievement and Attitude in Physics Education. International Journal of Innovation in Science and Mathematics Education, 25(3), 20–35.
Serevina, V., Sunaryo, Raihanati, Astra, I. M., & Sari, I. J. (2018). Development of E-Module Based on Problem Based Learning ( PBL ) on Heat and Temperature to Improve Student ’ s Science Process Skill. The Turkish Online Journal of Educational Technology, 17(3), 26–36.
Sitorus, D. S., Siswandari, & Kristiani. (2019). Character Value To Improve Students ’ Learning Outcomes And. Cakrawala Pendidikan, 38(1), 120–129. https://doi.org/10.21831/cp.v38i1.20878
Sutarno, S., Setiawan, A., Kaniawati, I., & Suhandi, A. (2017). Pre-Service Physics Teachers’ Problem-solving Skills in Projectile Motion Concept. Journal of Physics: Conference Series, 895(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012105
Trianggono, M. M. (2017). Analisis Kausalitas Pemahaman Konsep Dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 3(1), 1. https://doi.org/10.25273/jpfk.v3i1.874
Vebrianto, R., & Syafaren, A. (2018). BIOMIND Module : A Quality Teaching and Assessment Media. Journal of Educational Science and Technology (EST), 4(1), 62–73.
Wartono, W., Hudha, M. N., & Batlolona, J. R. (2018). How are the physics critical thinking skills of the students taught by using inquiry-discovery through empirical and theorethical overview? Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(2), 691–697. https://doi.org/10.12973/ejmste/80632
Copyright (c) 2022 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.