Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Strategi Konflik Kognitif berbasis Eksperimen untuk Mereduksi Miskonsepsi Peserta Didik SMA Konsep Fluida Statis
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran fisika strategi konflik kognitif berbasis eksperimen yang memenuhi kriteria: valid, praktis, dan efektif agar layak digunakan untuk mereduksi miskonsepsi peserta didik SMA pada materi fluida statis. Desain penelitian menggunakan four-D model yang cobakan pada tiga kelas X MIA dengan peserta didik sebanyak 90 orang di SMA Negeri 08 Maluku Tengah Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian menggunakan one group pretest–posttest design. Data yang dikumpulkan berupa data validasi perangkat pembelajaran, data kepraktisan perangkat pembelajaran, dan data keefektifan perangkat pembelajaran. Analisis data yang digunakan: 1) Analisis deskriptif kualitatif meliputi: Ketuntasan indikator, hasil belajar, penurunan miskonsepsi. 2) Analisis CRI meliputi: Intensitas miskonsepsi dan penurunan potensi miskonsepsi. Maka didapatkan data hasil penelitian sebagai berikut: 1) Validitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan kategori valid; 2) Kepraktisan perangkat pembelajaran ditinjau dari keterlaksanaan pembelajaran dengan kategori baik; 3) Keefektifan perangkat pembelajaran: (a) Ketuntasan klasikal mencapai 100%; (b) Hasil penurunan miskonsepsi yang dialami oleh peserta didik kelas XMIA-1 64,33%, kelas XMIA-2 42,33%, kelas XMIA-3 32,50%; Penurunan miskonsepsi oleh rata-rata mencapai 63,53%; Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran fisika strategi konflik kognitif berbasis eksperimen yang dikembangkan memenuhi kriteria validitas, kepraktisan, dan keefektifan sehingga layak digunakan untuk mereduksi miskonsepsi peserta didik SMA pada materi fluida statis.
Downloads
References
Banawi, A., Sopandi, W., Kadarohman, A., & Solehuddin, M. (2022). Five-Tier Multiple-Choice Diagnostic Test Development: Empirical Evidences to Improve Students’ Science Literacy. Proceedings of the International Conference on Madrasah Reform 2021 (ICMR 2021), 633(Icmr 2021), 131–138. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220104.020
Hasan, S., Bagayoko, D., & Kelley, E. L. (1999). Misconceptions and the certainty of response index (CRI). Physics Education. https://doi.org/10.1088/0031-9120/34/5/304
Hammer, D. (1996). “More than misconceptions: multiple perspectives on student knowledge and reasoning and appropriate role for education research”. Am. J. Phys, pp.1316-1325.
Hasanah, D. I., & Wasis, W. (2021). Cognitive Conflict Strategy Assisted by PhET Simulation to Remediate Student’s Misconceptions on Wave Material. Asatiza: Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.46963/asatiza.v2i1.247
Hewson, P.W., Hewson, M.G.A. The role of conceptual conflict in conceptual change and the design of science instruction. Instr Sci 13, 1–13 (1984). https://doi.org/10.1007/BF00051837
Hidayatullah, Z., Jumadi, Nadhiroh, N., Kartika, E., Ainun, A., & Erlangga, sony yunior. (2020). Identification of Misconception and Cognitive Conflict of Physics: A Case Related to Conceptual Change. 12(1), 64–71.
Kamilah, D. S., & Suwarna, I. P. (2019). Pengembangan Three-Tier Test Digital untuk mengidentifikasi miskonsepsi pada Konsep Fluida Statis. Edusains, 8(2), 212–220. https://doi.org/10.15408/es.v8i2.5192
Masyuni, S., & Asyhari, A. (2019). Implementasi pendekatan konflik kognitif berbasis metode eksperimen terhadap penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(2), 184–193. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i2.4324
Nasrah, Jasruddin, & Tawil, M. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran Fisika berbasis pendekatan Contexstual Teaching and Learning (CTL) untuk Memotivasi dan Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Balocci Pangkep. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2), 235–248. https://doi.org/10.26618/jpf.v5i2.709
Nurhidayah, Suharto, B., & Leny. (2020). The Application of a Guided Inquiry Model in an Effort to Reduce Students ’ Misconceptions in the Redox Reaction Material. JCAE: Journal of Chemistry And Education, 4(2), 67–72.
Ose, L. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan PMR untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1), 101–108. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i1.6981
Palisoa, N. (2020). Strategi Strategi Konflik Kognitif Dapat Mereduksi Beban Miskonsepsi Mahasiswa Calon Guru Kimia Pada Konsep Ikatan Kimia. Molluca Journal of Chemistry Education (MJoCE). https://doi.org/10.30598/mjocevol10iss2pp109-114
Paul Suparno. (2013). Miskonsepsi dan perubahan konsep dalam pendidikan fisika / Paul Suparno. Jakarta: Grasindo.
Prodjosantoso, A. K., Hertina, A. M., & Irwanto. (2019). The misconception diagnosis on ionic and covalent bonds concepts with three tier diagnostic test. International Journal of Instruction, 12(1), 1477–1488. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12194a
Ratumanan, T. G., & Laurens. (2011). Evaluasi hasil belajar yang relevan dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Surabaya: Unesa University Press.
Suharsimi Arikunto. (2013). Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara
Suparno, P. (2013). Miskonsepsi dan perubahan konsep dalam pendidikan fisika. Jakarta: Grasindo.
Sugiyono. (2014). Metode penelitian kombinasi. Bandung: AlfaBeta.
Thiagarajan & Semmel. (1974). Instructional development for traning teacher of exceptional children a sourcebook. Indiana: Indiana University
Wahab, A., Junaedi, J., & Azhar, M. (2021). Efektivitas Pembelajaran Statistika Pendidikan Menggunakan Uji Peningkatan N-Gain di PGMI. Jurnal Basicedu, 5(2), 1039–1045. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.845
Wartono, W., Batlolona, J. R., & Putirulan, A. (2018). Cognitive Conflict Strategy and Simulation Practicum to Overcome Student Misconception on Light Topics. Journal of Education and Learning (EduLearn). https://doi.org/10.11591/edulearn.v12i4.10433
Copyright (c) 2022 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.