Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Flipbooks dalam Pembelajaran Fisika untuk Melatih Keterampilan Metakognisi Siswa SMAN 10 Gowa

  • Nurfadillah Nurfadillah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Windy Cahyana Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Dian Pramana Putra Universitas Muhammadiyah Makassar

Abstract

Penelitian  ini bertujuan  untuk mengetahui Penerapan model discovery learning berbantuan media flipbooks dalam pembelajaran fisika untuk melatih keterampilan metakognisi siswa SMAN 10 Gowa tahun Ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen (Pre-Experimental Design). Desain penelitian yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Pada desain ini, sebelum diberi perlakuan, maka terlebih dahulu sampel diberikan tes awal (pretest) dan di akhir pembelajaran sampel diberi tes akhir (posttest. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas X MIPA 1 di SMA Negeri 10 Gowa yang berjumlah 34 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrument Dalam penelitian ini menggunakan tes keterampilan metakognisi . Data yang diperoleh diolah dengan mengggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian Setelah dilakukan pengujian data skor pretest dan posttest membuktikan bahwa data terdistribusi normal , selanjutnya berdasarkan hasil pengujian hipotesis penelitian dengan menggunakan uji-t, untuk nilai thitung  sebesar 8,9424 sedangkan ttabel sebesar 2,036. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa  thitung > ttabel yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima, hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang berarti terhadap keterampilan metakognisi peserta didik kelas X MIPA 1 setelah diajar menggunakan model pembelajaran discovery learning berbantuan media flipbook.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Discovery learning , Flipbooks, Metakognisi.

References

Aswadi, R., Fadiawati, N., & Abdurrahman, A. (2018). Meningkatkan Kemampuan Metakognisi Siswa pada Pembelajaran Fisika Menggunakan Lembar Kerja Siswa Berbasis Inkuiri Terbimbing. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 5(1), 43-54.

Hamid, A. (2019). Berbagai Metode Mengajar bagi Guru dalam Proses Pembelajaran. Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 9(2), 1-16.

Hayati, S., Budi, A. S., & Handoko, E. (2015, October). Pengembangan media pembelajaran flipbook fisika untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) (Vol. 4, pp. SNF2015-II).

Nafisa, D., & Wardono, W. (2019). Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Multimedia Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 854-861. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29280

Nurmala, R. S., & Priantari, I. (2017). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi dan Hasil Belajar Kognitif Melalui Penerapan Discovery Learning Improving Communication Skills and Cognitive Study Result Through Discovery Learning. BIOMA: Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi, 2(1).

Nurulhidayah, M. R., Lubis, P. H., & Ali, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Media Simulasi Phet Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 95-103. https://doi.org/10.24127/jpf.v8i1.2461.

Putri, R. H., Lesmono, A. D., & Aristya, P. D. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Fisika Siswa MAN Bondowoso. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(2), 173-180.

Rahman, A., Wahyuni, I., Noviani, A., Biologi, J. P., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2018). Profil kemampuan berpikir kritis dan kemampuan metakognitif siswa berdasarkan jenis kelamin. Jurnal Pendidikan Biologi, 10(1), 28-43. https://doi.org/10.17977/um052v10i1p28-43.

Rahmayani, A., Siswanto, J., & Budiman, M. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Menggunakan Mediavideo Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 246-253. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.18055

Retnawati, Heri. 2016. Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Parama Publishing

Safitri, P. T., Yasintasari, E., Putri, S. A., & Hasanah, U. (2020). Analisis kemampuan metakognisi siswa dalam memecahkan masalah matematika model PISA. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1), 11-21.https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.941

Sari, P., Dwikoranto, D., & Lestari, N. A. (2021). Analisis Respon dan Ketertarikan Peserta Didik Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Fisika Berbasis Environmental Learning di SMA. PENDIPA Journal of Science Education, 5(3), 337-344.https://doi.org/10.33369/pendipa.5.3.337-344.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Wardana, R. W., Prihatini, A., & Hidayat, M. (2021). Identifikasi Kesadaran Metakognitif Peserta Didik dalam Pembelajaran Fisika. PENDIPA Journal of Science Education, 5(1), 1-9. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.1.1-9

Published
2022-03-07
How to Cite
Nurfadillah, N., Cahyana, W., & Dian Pramana Putra. (2022). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Flipbooks dalam Pembelajaran Fisika untuk Melatih Keterampilan Metakognisi Siswa SMAN 10 Gowa. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(1), 29-34. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i1.534
Abstract viewed = 903 times
PDF downloaded = 582 times