Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Google Classroom Terhadap Self Efficacy Siswa SMP Negeri 1 Kisaran

  • Sri Rafiqoh Politeknik Tanjungbalai
  • Dewi Astuti Universitas Asahan

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas pembelajaran yang menggunakan Google Classroom terhadap Self Efficacy siswa SMP Negeri 1 Kisaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Subjek pada penelitian ini adalah kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Kisaran. Penelitian ini memperoleh hasil angket Self Efficacy siswa sebesar 78,8% dengan kategori efektif, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan Google Classroom terhadap Self Efficacy siswa SMP Negeri 1 Kisaran adalah efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Google Classroom, Self Efficacy

References

Adni, D. N., Nurfauziah, P., & Rohaeti, E. E. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Ditinjau Dari Self Efficacy Siswa. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(5), 957–964.

Apriyanah, P., Nyeneng, P. D. I, & Suana, W. (2018). Efektivitas Model Flipped Classroom Pada Pembelajaran Fisika Ditinjau Dari Self Efficacy dan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah, 2(2), 65–74.

Azimah, R. N., Khasanah, I. N., Pratama, R., Azizah, Z., Febriantoro, W., & Purnomo, S. (2020). Analisis Dampak Covid-19 Terhadap Sosial Ekonomi Pedagang Di Pasar Klaten Dan Wonogiri. EMPATI: Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial, 9(1), 59–68. https://doi.org/10.15408/empati.v9i1.16485

Azriati, S. A., & Surya Edi. (2017). Analisis Keefektifan Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Script Pada Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, I(December), 1–11.

Daut, M. (2016). Kemampuan Koneksi Matematika Dalam Pembelajaran Matematika. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 2(1), 58–67.

Dewayani, A. G., & Suprapto, N. (2019). Keterkaitan Self-Efficacy Dalam Pembelajaran Fisika Materi Gas Ideal dan Teori Kinetik Gas Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa. Inovasi Pendidikan Fisika, 08(02), 512–515.

Fajariah, E. S., Dwidayati, N. K., & Cahyono, E. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Self-Efficacy Siswa dalam Implementasi Model Pembelajaran Arias Berpendekatan Saintifik. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(2), 259–265.

Faruq, F., Dafik, Suharto, Fatahillah, A., & Murtikusuma, R. P. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Online Pokok Bahasan Barisan Aritmatika Berbantuan Microsoft Visual Basic. Kadikma, 9(2), 89–97.

Fatmawati, U. (2020). Pemahaman Covid-19 dan Dampaknya Terhadap Proses Pembelajaran Daring Selama Pandemi Bagi Mahasiswa Prodi Farmasi Fakultas Ilmu Kesehatan Dan Sains Universitas PGRI Madiun. Prosiding Seinfiks, 1(1), 48–66.

Hanifah, W., & Putri, K. Y. . (2020). Efektivitas Komunikasi Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Jakarta Angkatan 2018. Jurnal Ilmu Komunikasi, III(II), 24–35.

Jumroh, Mulbasari, A. S., & Fitriasari, P. (2018). Self-Efficacy Siswa Dalam Pembelajaran Based Learning Di Kelas VII SMP Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 4(1), 29–42.

Kurnia, R. D. M., Mulyani, I., Rohaeti, E. E., & Fitrianna, A. Y. (2017). Hubungan Antara Kemandirian Belajar Dan Self Efficacy Terhadap Kemampuan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 59–64.

Lubis, C. M., & Surya, E. (2016). Analisis Keefektifan Belajar Matematika Melalui Pendidikan Stop Think Do Pada Siswa MTS. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(3), 483–492. https://doi.org/10.30738/.v4i3.455

Novferma, N. (2016). Analisis kesulitan Dan Self Efficacy Siswa SMP Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berbentuk Soal Cerita. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 76–87.

Putri, R. I., & Santosa, R. H. (2015). Keefektifan Strategi React Ditinjau Dari Prestasi Belajar, Kemampuan Penyelesaian Masalah, Koneksi Matematis, Self Efficacy. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 262–272.

Rahmadani, E., & Sirait, S. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Linear. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu Universitas Asahan Ke-4 Tahun 2020 Tema : ”Sinergi Hasil Penelitian Dalam Menghasilkan Inovasi Di Era Revolusi 4.0”tidisiplin Ilmu Universitas Asahan Ke-4, September, 28–36.

Rahmanto, M. A., & Bunyamin. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Daring Melalui Google Classroom. Jurnal Pendidikan Islam, 11(November), 119–135.

Rohmawati, A. (2015). Efektivitas pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15–32. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.21009/JPUD.091.02

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Cetakan ke). ALFABETA.

Suparni. (2020). Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap kemampuan Pemecahan Masalah Dan Self Efficacy siswa SMP/MTS. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(4), 293–302. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i4.293-302

Supriyadi, E. W. A., Suharto, & Hobri. (2017). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Berdasarkan NCTM (National Council of Teachers of Mathematics) Siswa SMK Kelas XI Jurusan Multimedia pada Pokok Bahasan Hubungan Antar Garis. Kadikma, 8(1), 128–136. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/kadikma/article/view/5273

Suyarno, Y. (2017). Pengukuran Self-Efficacy Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Di MTS N 2 Ciamis. 1(2), 39–44.

Widagdo, B. W., Handayani, M., & Suharto, A. (2020). Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Perilaku Peserta Didik Pada Proses Pembelajaran Daring Menggunakan Metode Pengukuran Skala Likert. Jurnal Teknologi Informasi ESIT, 63(2), 63–70.

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 236–240. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142

Published
2022-03-15
How to Cite
Sri Rafiqoh, & Dewi Astuti. (2022). Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Google Classroom Terhadap Self Efficacy Siswa SMP Negeri 1 Kisaran. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(1), 56-63. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i1.537
Abstract viewed = 309 times
PDF downloaded = 195 times