Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Google Classroom Terhadap Self Efficacy Siswa SMP Negeri 1 Kisaran
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas pembelajaran yang menggunakan Google Classroom terhadap Self Efficacy siswa SMP Negeri 1 Kisaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Subjek pada penelitian ini adalah kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Kisaran. Penelitian ini memperoleh hasil angket Self Efficacy siswa sebesar 78,8% dengan kategori efektif, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan Google Classroom terhadap Self Efficacy siswa SMP Negeri 1 Kisaran adalah efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.
Downloads
References
Adni, D. N., Nurfauziah, P., & Rohaeti, E. E. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Ditinjau Dari Self Efficacy Siswa. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(5), 957–964.
Apriyanah, P., Nyeneng, P. D. I, & Suana, W. (2018). Efektivitas Model Flipped Classroom Pada Pembelajaran Fisika Ditinjau Dari Self Efficacy dan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah, 2(2), 65–74.
Azimah, R. N., Khasanah, I. N., Pratama, R., Azizah, Z., Febriantoro, W., & Purnomo, S. (2020). Analisis Dampak Covid-19 Terhadap Sosial Ekonomi Pedagang Di Pasar Klaten Dan Wonogiri. EMPATI: Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial, 9(1), 59–68. https://doi.org/10.15408/empati.v9i1.16485
Azriati, S. A., & Surya Edi. (2017). Analisis Keefektifan Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Script Pada Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, I(December), 1–11.
Daut, M. (2016). Kemampuan Koneksi Matematika Dalam Pembelajaran Matematika. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 2(1), 58–67.
Dewayani, A. G., & Suprapto, N. (2019). Keterkaitan Self-Efficacy Dalam Pembelajaran Fisika Materi Gas Ideal dan Teori Kinetik Gas Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa. Inovasi Pendidikan Fisika, 08(02), 512–515.
Fajariah, E. S., Dwidayati, N. K., & Cahyono, E. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Self-Efficacy Siswa dalam Implementasi Model Pembelajaran Arias Berpendekatan Saintifik. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(2), 259–265.
Faruq, F., Dafik, Suharto, Fatahillah, A., & Murtikusuma, R. P. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Online Pokok Bahasan Barisan Aritmatika Berbantuan Microsoft Visual Basic. Kadikma, 9(2), 89–97.
Fatmawati, U. (2020). Pemahaman Covid-19 dan Dampaknya Terhadap Proses Pembelajaran Daring Selama Pandemi Bagi Mahasiswa Prodi Farmasi Fakultas Ilmu Kesehatan Dan Sains Universitas PGRI Madiun. Prosiding Seinfiks, 1(1), 48–66.
Hanifah, W., & Putri, K. Y. . (2020). Efektivitas Komunikasi Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Jakarta Angkatan 2018. Jurnal Ilmu Komunikasi, III(II), 24–35.
Jumroh, Mulbasari, A. S., & Fitriasari, P. (2018). Self-Efficacy Siswa Dalam Pembelajaran Based Learning Di Kelas VII SMP Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 4(1), 29–42.
Kurnia, R. D. M., Mulyani, I., Rohaeti, E. E., & Fitrianna, A. Y. (2017). Hubungan Antara Kemandirian Belajar Dan Self Efficacy Terhadap Kemampuan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 59–64.
Lubis, C. M., & Surya, E. (2016). Analisis Keefektifan Belajar Matematika Melalui Pendidikan Stop Think Do Pada Siswa MTS. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(3), 483–492. https://doi.org/10.30738/.v4i3.455
Novferma, N. (2016). Analisis kesulitan Dan Self Efficacy Siswa SMP Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berbentuk Soal Cerita. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 76–87.
Putri, R. I., & Santosa, R. H. (2015). Keefektifan Strategi React Ditinjau Dari Prestasi Belajar, Kemampuan Penyelesaian Masalah, Koneksi Matematis, Self Efficacy. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 262–272.
Rahmadani, E., & Sirait, S. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Linear. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu Universitas Asahan Ke-4 Tahun 2020 Tema : ”Sinergi Hasil Penelitian Dalam Menghasilkan Inovasi Di Era Revolusi 4.0”tidisiplin Ilmu Universitas Asahan Ke-4, September, 28–36.
Rahmanto, M. A., & Bunyamin. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Daring Melalui Google Classroom. Jurnal Pendidikan Islam, 11(November), 119–135.
Rohmawati, A. (2015). Efektivitas pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15–32. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.21009/JPUD.091.02
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Cetakan ke). ALFABETA.
Suparni. (2020). Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap kemampuan Pemecahan Masalah Dan Self Efficacy siswa SMP/MTS. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(4), 293–302. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i4.293-302
Supriyadi, E. W. A., Suharto, & Hobri. (2017). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Berdasarkan NCTM (National Council of Teachers of Mathematics) Siswa SMK Kelas XI Jurusan Multimedia pada Pokok Bahasan Hubungan Antar Garis. Kadikma, 8(1), 128–136. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/kadikma/article/view/5273
Suyarno, Y. (2017). Pengukuran Self-Efficacy Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Di MTS N 2 Ciamis. 1(2), 39–44.
Widagdo, B. W., Handayani, M., & Suharto, A. (2020). Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Perilaku Peserta Didik Pada Proses Pembelajaran Daring Menggunakan Metode Pengukuran Skala Likert. Jurnal Teknologi Informasi ESIT, 63(2), 63–70.
Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 236–240. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142
Copyright (c) 2022 JURNAL PENDIDIKAN MIPA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.