Pengaruh Kemampuan Logika Abstrak Terhadap Hasil Belajar Matematika di Kelas VIII SMP Negeri 2 Aek Kuasan

  • Eva Margaretha Saragih Universitas Asahan
  • Rianita Simamora Universitas Nommensen Medan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan logika abstrak terhadap hasil belajar matematika di kelas VIII SMP Negeri 2 Aek Kuasan Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-A sebanyak 30 orang. Dari hasil perhitungan diperoleh rata-rata nilai kemampuan logika abstrak dan hasil belajar matematika siswa adalah 6,77 dan 6,53. Diperoleh uji linieritas dengan persamaan regresi Y = 0,85 + 0,84X dilakukan dengan uji F dan diperoleh data X dan Y mempunyai hubungan linier dan signifikan. Dengan menggunakan rumus korelasi product moment diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,922. Karena rhitung > rtabel berarti terdapat hubungan yang positif antara variabel X dan Y. Untuk uji hipotesis digunakan uji t. Dari perhitungan diperoleh thitung > ttabel (12,602 > 2,048) maka H0 ditolak dah Ha diterima, yang artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kemampuan logika abstrak terhadap hasil belajar matematika di kelas VIII SMP Negeri 2 Aek Kuasan. Besar kontribusi pengaruh kemampuan logika abstrak terhadap hasil belajar matematika adalah 85,01 %, dan selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Kemampuan Logika Abstrak, Hasil Belajar Matematika

References

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Hardaniwati, Menuk. 2003. Kamus Pelajar Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hermawan, Hendy. 2010. Teori Belajar dan Motivasi. Bandung: CV Citra Praya.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung : PT.Tarsito.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Sukardi, Dewa Ketut dan Desak P. E. Nila Kusumawati. 2009. Analisis Tes Psikologis Teori dan Praktek dalam Penyelenggaraan Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukino. 2007. Matematika untuk SMP Kelas VIII. Jakarta: Erlangga.

Sukmadinata, Nana, Syodih, 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT.Remaja Rosdakarya.

Surajiyo, dkk. 2006. Dasar-Dasar Logika. Jakarta: Bumi Aksara.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat. Jakarta : Putra Garfika.

Wahyudin. 2008. Kurikulum, Pembelajaran, dan Evaluasi: Pelengkap untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogis Para Guru dan Calon Guru Profesional. Jakarta: CV IPA Abong.

Wulandari et al. 2014. Jurnal Edumatica Volume 04 Nomor 02, Oktober 2014 Pengaruh Kemampuan Logika Abstrak Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smp Negeri 14 Kota Jambi

Published
2022-03-17
How to Cite
Eva Margaretha Saragih, & Rianita Simamora. (2022). Pengaruh Kemampuan Logika Abstrak Terhadap Hasil Belajar Matematika di Kelas VIII SMP Negeri 2 Aek Kuasan. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(1), 64-69. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i1.541
Abstract viewed = 177 times
PDF downloaded = 133 times