Pengaruh Kemampuan Logika Abstrak Terhadap Hasil Belajar Matematika di Kelas VIII SMP Negeri 2 Aek Kuasan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan logika abstrak terhadap hasil belajar matematika di kelas VIII SMP Negeri 2 Aek Kuasan Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-A sebanyak 30 orang. Dari hasil perhitungan diperoleh rata-rata nilai kemampuan logika abstrak dan hasil belajar matematika siswa adalah 6,77 dan 6,53. Diperoleh uji linieritas dengan persamaan regresi Y = 0,85 + 0,84X dilakukan dengan uji F dan diperoleh data X dan Y mempunyai hubungan linier dan signifikan. Dengan menggunakan rumus korelasi product moment diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,922. Karena rhitung > rtabel berarti terdapat hubungan yang positif antara variabel X dan Y. Untuk uji hipotesis digunakan uji t. Dari perhitungan diperoleh thitung > ttabel (12,602 > 2,048) maka H0 ditolak dah Ha diterima, yang artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kemampuan logika abstrak terhadap hasil belajar matematika di kelas VIII SMP Negeri 2 Aek Kuasan. Besar kontribusi pengaruh kemampuan logika abstrak terhadap hasil belajar matematika adalah 85,01 %, dan selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Hardaniwati, Menuk. 2003. Kamus Pelajar Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Hermawan, Hendy. 2010. Teori Belajar dan Motivasi. Bandung: CV Citra Praya.
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung : PT.Tarsito.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Sukardi, Dewa Ketut dan Desak P. E. Nila Kusumawati. 2009. Analisis Tes Psikologis Teori dan Praktek dalam Penyelenggaraan Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Sukino. 2007. Matematika untuk SMP Kelas VIII. Jakarta: Erlangga.
Sukmadinata, Nana, Syodih, 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT.Remaja Rosdakarya.
Surajiyo, dkk. 2006. Dasar-Dasar Logika. Jakarta: Bumi Aksara.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat. Jakarta : Putra Garfika.
Wahyudin. 2008. Kurikulum, Pembelajaran, dan Evaluasi: Pelengkap untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogis Para Guru dan Calon Guru Profesional. Jakarta: CV IPA Abong.
Wulandari et al. 2014. Jurnal Edumatica Volume 04 Nomor 02, Oktober 2014 Pengaruh Kemampuan Logika Abstrak Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smp Negeri 14 Kota Jambi
Copyright (c) 2022 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.