Analisis Pentingnya Keterampilan Proses Sains terhadap Kemampuan Berpikir Kritis di SMA Se-Kecamatan Pemayung
Abstract
Keterampilan proses sains sangat penting dikuasai siswa untuk membantu meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pentingnya keterampilan proses sains terhadap kemampuan berpikir kritis. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan teknik analisis data yaitu analisis deskriptif. Populasi yang digunakan yaitu guru di SMA N 8 Batanghari dan Man 5 Batanghari dengan sampel yang digunakan yaitu guru Fisika di SMA N 8 Batanghari dan MAN 5 Batanghari. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu lembar wawancara
Downloads
References
Anggereni, S., Rismawati, & Ashar, H. (2019). Perbandingan Pengetahuan Prosedural Menggunakan Model Discovery Terbimbing Dengan Model Inquiry Terbimbing. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 156–161.
Anisaul, Khasanah. Binti, & Ayu, Indah Dwi. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Penerapan Model Pembelajaran Brain Based Learning. Jurnal Eksponen, 7(2), 46–53.
Astuti, R., Sunarno, W., & Sudarisman, S. (2015). Pembelajaran Ipa Dengan Pendekatan Ketrampilan Proses Sains Menggunakan Metode Eksperimen Bebas Termodifikasi Dan Eksperimen Terbimbing. Seminar Nasional Pendidikan Sains, 13(1), 339–345.
Candra, R., & Hidayati, D. (2020). Penerapan Praktikum Dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Dan Kerja Peserta Didik Di Laboratorium Ipa. Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 6(1), 26–37. Https://Doi.Org/10.32923/Edugama.V6i1.1289
Darmaji, D., Astalini, A., Kurniawan, D. A., & Br.Ginting, A. A. (2021). Relationship Of Science Process Skills On Critical Thinking Ability Review By Gender In Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(4), 711–735. Https://Doi.Org/10.24815/Jpsi.V9i4.21391
Darmaji, D., Astalini, A., Kurniawan, D. A., Perdana, R., & Putra, D. S. (2019). A Study Relationship Attitude Toward Physics, Motivation, And Character Discipline Students Senior High School, In Indonesia. International Journal Of Learning And Teaching, 11(3), 99–109.
Duran, M., Isik, H., Mihladiz, G., & Ogus, O. (2011). The Relationship Between The Pre-Service Science Teachers ’ Scientific Process Skills And Learning Styles. Western Anatolia Journal Of Education Science, 467–476.
Erina, R., & Kuswanto, H. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Instad Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Kognitif Fisika Di Sma. Jurnal Inovasi Pendidikan Ipa, 1(2), 202. Https://Doi.Org/10.21831/Jipi.V1i2.7507
Guilherme, A. (2016). Do We Have A Right To Education Or A Duty To Educate Ourselves? An Enquiry Based On Fichte’s Views On Education. Power And Education, 8(1), 3–18. Https://Doi.Org/10.1177/1757743815624116
Hadija, H., Anas, M., & Tahang, L. (2020). Penerapan Metode Praktikum Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Ipa Fisika Peserta Didik Pada Materi Pokok Getaran Dan Gelombang Kelas Viii Smp Negeri 2 Bungku Selatan. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 5(1), 19. Https://Doi.Org/10.36709/Jipfi.V5i1.10481
Hanh, H. T. M., Khue, H. T., Hai, D. M., & Hoi, D. D. (2021). Awareness Of Education University’s Preschool Students About The Impact Of 4.0 Industrial Revolution In Education And Role Of Stem Education In Teaching. Journal Of Physics: Conference Series, 1835(1), 0–10. Https://Doi.Org/10.1088/1742-6596/1835/1/012098
Herzon, H. H., Budijanto, & Utomo, D. H. (2018). Pengaruh Problem-Based Learning (Pbl) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(1), 42–46. Http://Journal.Um.Ac.Id/Index.Php/Jptpp/
Jannah, U., Prastowo, S. H. B., & Subiki. (2018). Analisis Keterampilan Proses Sains Teintegrasi Dalam Pembelajaran Fisika Pada Siswa Smk Negeri 5 Jember Kelas X Materi Suhu Dan Kalor. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(4), 341–348.
Kahar, M. S. (2018). Motivation Analysis Learning In The Implementation Of Physics Practicum. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan Mipa, 8(1), 1–6. Https://Doi.Org/10.30998/Formatif.V8i1.2304
Maison, Darmaji, Kurniawan, Dwi, A., Dewi, Utari, P., & Kartina, L. (2019). Analysis Of Science Process Skills In Physic Education Students. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 23(2), 197–205.
Masyitoh, R., & Santoso, H. (2012). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Biologi Menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing Disertai Lks Pada Siswa Kelas X.2 Sma Muhammadiyah 2 Metro Tahun Pelajaran 2011/2012. Bioedukasi (Jurnal Pendidikan Biologi), 3(2), 1–11. Https://Doi.Org/10.24127/Bioedukasi.V3i2.269
Mufidah, E. (2019). Pembelajaran Berbasis Praktikum Ipa Untuuk Melatih Keterampilan Komunikasi Ilmiah Bagi Mahasiswa Pgmi. Karangan: Jurnal Kependidikan, Pembelajaran, Dan Pengembangan, 01(02), 120–140.
Mujizatullah. (2018). Pengintegrasian Pendidikan Karakter Keagamaan Pada Pembelajaran Hakikat Ilmu Fisika Dan Keselamatan Kerja Di Laboratorium Madrasah Aliyah Puteri Aisyiah Di Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar, 6(2), 115–128.
Nasution, S. W. R. (2018). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Education And Development, 3(1), 1–5.
Nisa, U. M. (2017). Metode Praktikum Untuk Meningkatkan Pemahaman Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Mi Yppi 1945 Babat Pada Materi Zat Tunggal Dan Campuran. Journal Biology Education, 14(1), 62–68.
Nurazizah, S., Sinaga, P., & Jauhari, A. (2017). Profil Kemampuan Kognitif Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sma Pada Materi Usaha Dan Energi. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), 197–202. Https://Doi.Org/10.21009/1.03211
Pulkkinen, J., Räikkönen, E., Jahnukainen, M., & Pirttimaa, R. (2020). How Do Educational Reforms Change The Share Of Students In Special Education? Trends In Special Education In Finland. European Educational Research Journal, 19(4), 364–384. Https://Doi.Org/10.1177/1474904119892734
Rabiah, R., & Malago, J. D. (2018). Peningkatan Keterampilan Proses Dan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Berbasis Kontekstual Siswa Kelas Viii A Smp Negeri 1 Watampone. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 14(1), 29–39. Http://103.76.50.195/Jsdpf/Article/View/6318
Rubel, L. H., & Nicol, C. (2020). The Power Of Place: Spatializing Critical Mathematics Education. Mathematical Thinking And Learning, 22(3), 173–194. Https://Doi.Org/10.1080/10986065.2020.1709938
Sari, R. T., & Angreni, S. (2021). View Of Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pgsd Dalam Pembelajaran Ipa Menggunakan Penuntun Pratikum Berbasis Inkuiri Terbimbing. Jp2sd (Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar), 9(1), 40–47. Https://Ejournal.Umm.Ac.Id/Index.Php/Jp2sd/Article/View/14124/9574
Sugiarti. (2018). Penilaian Psikomotor Siswa Pada Pembelajaran Fisika Melalui Model Pembelajaran Guided Inquiry. Journal Of Physics And Science Learning, 2(1), 78–84.
Sulistiani, E., & Masrukan. (2016). Pentingnya Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Menghadapi Tantangan Mea. Seminar Nasional Matematika X Universitas Semarang 2016, 605–612.
Sulthon, S. (2017). Pembelajaran Ipa Yang Efektif Dan Menyenangkan Bagi Siswa Mi. Elementary: Islamic Teacher Journal, 4(1), 39–54. Https://Doi.Org/10.21043/Elementary.V4i1.1969
Suryaningsih, Y. (2017). Pembelajaran Berbasis Praktikum Sebagai Sarana Siswa Untuk Berlatih Menerapkan Keterampilan Proses Sains Dalam Materi Biologi. Bio Educatio, 2(2), 279492.
Syarifah, T. J., Usodo, B., & Riyadi, R. (2018). Higher Order Thingking (Hot) Problems To Develop Critical Thinking Ability And Student Self Efficacy In Learning Mathematics Primary Schools. Social, Humanities, And Educational Studies (Shes): Conference Series, 1(1), 917–925. Https://Doi.Org/10.20961/Shes.V1i1.23676
Tanti, Kurniawan, Dwi Agus, Kuswanto, Utami, W., & Wardhana. (2020). Science Process Skills And Critical Thinking In Science : Urban And Rural Disparity. Jurnal Pendidikan Ipa Indonesia, 9(4), 489–498. Https://Doi.Org/10.15294/Jpii.V9i4.24139
Trimahesri, I., & Hardini, A. T. A. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Menggunakan Model Realistic Mathematics Education. Thingking Skiills Adn Creativity Journal, 2(2), 111–120. Https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/Tscj/Article/View/22272
Copyright (c) 2022 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.