Implementasi Metode Pembelajaran Interaktif dan Efektif pada Mata Kuliah Keperawatan: Narative Literatur Review
Abstract
Memilih dan menentukan metode yang tepat untuk diterapkan pada Mata kuliah Keperawatan Medikal Bedah (KMB) Progam Studi Keprawatan memerlukan studi yang komprehensif. Narative literature review ini berawal dari permasalahan yang dihadapi peneliti dimana dalam pelaksanaan pembelajaran Mata kuliah Keperawatan Medikal Bedah (KMB) belum menemukan metode-metode yang tepat, efektif. Beberapa metode yang diterapkan peneliti ditemuan terdapat lebih dari 30% mahasiswa yang tidak tuntas hasil belajarnya, sehingga perlu dilakukan pembelajaran remedial. Salah satu metode penelitian yang digunakan adalah Narative literature review. Pertanyaan pengembangan yang digunakan peneliti dalam melakukan Narative literature review disesuaikan dengan tipe review scoping yaitu PCC (Population, Concept dan Context). Berdasarkan artikel yang direview diperoleh bahwa implementasi metode-metode pembelajaran interaktif dan efektif pada mata kuliah kmb program studi keperawatan antara lain: Blended learning, PBL (problem base learning), e-learning, Pure PBL, Hybrid PBL. Penggunaan metode ini disesuaikan dengan kondisi dari tiap-tiap kebutuhan disebuah perguruan tinggi. Diharapkan dosen bisa melakukan modifikasi motode ajar sesuai learning outcome.
Downloads
References
Ghani, S. M. A., Hamid, N. F. A., & Lim, T. W. (2021). Comparison between conventional teaching and blended learning in preclinical fixed prosthodontic training : A cross- sectional study. July, 1–9. https://doi.org/10.1111/eje.12712
Grønlien, H. K., Christoffersen, T. E., Ringstad, Ø., Andreassen, M., & Lugo, R. G. (2021). A blended learning teaching strategy strengthens the nursing students’ performance and self-reported learning outcome achievement in an anatomy, physiology and biochemistry course – A quasi-experimental study. Nurse Education in Practice, 52(February). https://doi.org/10.1016/j.nepr.2021.103046
Hamonangan Tambunan. (2010). Model Pembelajaran Berbasis E-Learning Suatu Tawaran Pembelajaran Masa Kini dan Masa yang Akan Datang. Jurnal Generasi Kampus, 3(2), 1–24.
Haryati, D. S., & Rohimah, Y. T. (2016). Metode Pembelajaran Problem Besed Learning Dalam Upaya Meningkatkan Pencapaian Pembelajaran Mata Kuliah Keperawatan Medikal Bedah III Pada Mahasiswa Semester IV Jurusan Keperawatan Politeknik Kesehatan Surakarta. Interest : Jurnal Ilmu Kesehatan, 5(1), 22–26. https://doi.org/10.37341/interest.v5i1.9
Jamshidi, H., Hemmati Maslakpak, M., & Parizad, N. (2021). Does problem-based learning education improve knowledge, attitude, and perception toward patient safety among nursing students? A randomized controlled trial. BMC Nursing, 20(1), 1–9. https://doi.org/10.1186/s12912-021-00588-1
Khotimah, N. K., Ashar, M. U., & Nurhidayah, N. (2021). Penerapan Metode Diskusi Berbasis E-Learning dengan Penggunaan Aplikasi Edmodo, Zoom Cloud Meeting dan Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Materi Sistem Pencernaan pada Program Studi Keperawatan UIN Alauddin Makassar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(1), 61–71. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i1.31
Malik, A. S., & Malik, R. H. (2018). What really is hybrid problem-based learning curriculum? A review. Quest International Journal of Medical and Health Sciences, 1(227), 8–18. https://ojs.qiu.edu.my/journal/index.php/qijmhs/article/view/7
Merlin, N. M., & Vanchapo, A. R. (2020). Pengaruh Pembelajaran dengan Metode e-Learning Terhadap Pemahaman Materi Kuliah Keperawatan Medikal Bedah II pada Mahasiswa Keperawatan Semester IV STIKes Maranatha Kupang. Jurnal Penelitian Kesehatan “SUARA FORIKES” (Journal of Health Research “Forikes Voice”), 11(3), 331. https://doi.org/10.33846/sf11322
Nurs, N. M., Kusnanto, Mishbahatul, E., Kurniawati, N. D., Sukartini, T., Efendi, F., & Kusumaningrum, T. (2020). Pedoman Penyusunan Skripsi-Literature Review dan Tesis-Systematic Review.
Rohendi, H., Ujeng, U., & Mulyati, L. (2020). Pengembangan Model Blended Learning Dalam Meningkatkan Learning Outcome Mahasiswa Di Lahan Praktik Klinik Keperawatan. Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Husada: Health Sciences Journal, 11(2), 336–350. https://doi.org/10.34305/jikbh.v11i2.205
Salari, M., Roozbehi, A., Zarifi, A., & Tarmizi, R. A. (2018). Pure PBL, Hybrid PBL and Lecturing: Which one is more effective in developing cognitive skills of undergraduate students in pediatric nursing course? BMC Medical Education, 18(1), 1–15. https://doi.org/10.1186/s12909-018-1305-0
Shorey, S., Kowitlawakul, Y., Devi, M. K., Chen, H. C., Soong, S. K. A., & Ang, E. (2018). Blended learning pedagogy designed for communication module among undergraduate nursing students: A quasi-experimental study. Nurse Education Today, 61, 120–126. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2017.11.011
Shorey, S., Kowitlawakul, Y., Devi, M. K., Chen, H., Kit, S., Soong, A., & Ang, E. (2017). Medicine , National University of Singapore ; National University Health System SC. Nurse Education Today. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2017.11.011
Su, F. (2019). Blended Learning Pedagogy in Higher Education. Encyclopedia of Educational Innovation, 1–6. https://doi.org/10.1007/978-981-13-2262-4_19-1
Copyright (c) 2022 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.