Implementasi Metode Pembelajaran Interaktif dan Efektif pada Mata Kuliah Keperawatan: Narative Literatur Review

  • Nurul Khusnul Khotimah UIN Alauddin Makassar

Abstract

Memilih dan menentukan metode yang tepat untuk diterapkan pada Mata kuliah Keperawatan Medikal Bedah (KMB)  Progam Studi Keprawatan memerlukan studi yang komprehensif. Narative literature review ini berawal dari permasalahan yang dihadapi peneliti dimana dalam pelaksanaan pembelajaran Mata kuliah Keperawatan Medikal Bedah (KMB) belum menemukan metode-metode yang tepat, efektif. Beberapa metode yang diterapkan peneliti ditemuan terdapat lebih dari 30% mahasiswa yang tidak tuntas hasil belajarnya, sehingga perlu dilakukan pembelajaran remedial. Salah satu metode penelitian yang digunakan adalah Narative literature review. Pertanyaan pengembangan yang digunakan peneliti dalam melakukan Narative literature review disesuaikan dengan  tipe review scoping yaitu PCC (Population, Concept dan Context). Berdasarkan artikel yang direview diperoleh bahwa implementasi metode-metode pembelajaran interaktif dan efektif pada  mata kuliah kmb program studi keperawatan  antara lain: Blended learning, PBL (problem base learning), e-learning, Pure PBL, Hybrid PBL. Penggunaan metode ini disesuaikan dengan kondisi dari tiap-tiap kebutuhan disebuah perguruan tinggi. Diharapkan dosen bisa melakukan modifikasi motode ajar sesuai learning outcome.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Metode pembelajaran interaktif dan efektif, Keperawatan

References

Ghani, S. M. A., Hamid, N. F. A., & Lim, T. W. (2021). Comparison between conventional teaching and blended learning in preclinical fixed prosthodontic training : A cross- ­ sectional study. July, 1–9. https://doi.org/10.1111/eje.12712

Grønlien, H. K., Christoffersen, T. E., Ringstad, Ø., Andreassen, M., & Lugo, R. G. (2021). A blended learning teaching strategy strengthens the nursing students’ performance and self-reported learning outcome achievement in an anatomy, physiology and biochemistry course – A quasi-experimental study. Nurse Education in Practice, 52(February). https://doi.org/10.1016/j.nepr.2021.103046

Hamonangan Tambunan. (2010). Model Pembelajaran Berbasis E-Learning Suatu Tawaran Pembelajaran Masa Kini dan Masa yang Akan Datang. Jurnal Generasi Kampus, 3(2), 1–24.

Haryati, D. S., & Rohimah, Y. T. (2016). Metode Pembelajaran Problem Besed Learning Dalam Upaya Meningkatkan Pencapaian Pembelajaran Mata Kuliah Keperawatan Medikal Bedah III Pada Mahasiswa Semester IV Jurusan Keperawatan Politeknik Kesehatan Surakarta. Interest : Jurnal Ilmu Kesehatan, 5(1), 22–26. https://doi.org/10.37341/interest.v5i1.9

Jamshidi, H., Hemmati Maslakpak, M., & Parizad, N. (2021). Does problem-based learning education improve knowledge, attitude, and perception toward patient safety among nursing students? A randomized controlled trial. BMC Nursing, 20(1), 1–9. https://doi.org/10.1186/s12912-021-00588-1

Khotimah, N. K., Ashar, M. U., & Nurhidayah, N. (2021). Penerapan Metode Diskusi Berbasis E-Learning dengan Penggunaan Aplikasi Edmodo, Zoom Cloud Meeting dan Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Materi Sistem Pencernaan pada Program Studi Keperawatan UIN Alauddin Makassar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(1), 61–71. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i1.31

Malik, A. S., & Malik, R. H. (2018). What really is hybrid problem-based learning curriculum? A review. Quest International Journal of Medical and Health Sciences, 1(227), 8–18. https://ojs.qiu.edu.my/journal/index.php/qijmhs/article/view/7

Merlin, N. M., & Vanchapo, A. R. (2020). Pengaruh Pembelajaran dengan Metode e-Learning Terhadap Pemahaman Materi Kuliah Keperawatan Medikal Bedah II pada Mahasiswa Keperawatan Semester IV STIKes Maranatha Kupang. Jurnal Penelitian Kesehatan “SUARA FORIKES” (Journal of Health Research “Forikes Voice”), 11(3), 331. https://doi.org/10.33846/sf11322

Nurs, N. M., Kusnanto, Mishbahatul, E., Kurniawati, N. D., Sukartini, T., Efendi, F., & Kusumaningrum, T. (2020). Pedoman Penyusunan Skripsi-Literature Review dan Tesis-Systematic Review.

Rohendi, H., Ujeng, U., & Mulyati, L. (2020). Pengembangan Model Blended Learning Dalam Meningkatkan Learning Outcome Mahasiswa Di Lahan Praktik Klinik Keperawatan. Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Husada: Health Sciences Journal, 11(2), 336–350. https://doi.org/10.34305/jikbh.v11i2.205

Salari, M., Roozbehi, A., Zarifi, A., & Tarmizi, R. A. (2018). Pure PBL, Hybrid PBL and Lecturing: Which one is more effective in developing cognitive skills of undergraduate students in pediatric nursing course? BMC Medical Education, 18(1), 1–15. https://doi.org/10.1186/s12909-018-1305-0

Shorey, S., Kowitlawakul, Y., Devi, M. K., Chen, H. C., Soong, S. K. A., & Ang, E. (2018). Blended learning pedagogy designed for communication module among undergraduate nursing students: A quasi-experimental study. Nurse Education Today, 61, 120–126. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2017.11.011

Shorey, S., Kowitlawakul, Y., Devi, M. K., Chen, H., Kit, S., Soong, A., & Ang, E. (2017). Medicine , National University of Singapore ; National University Health System SC. Nurse Education Today. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2017.11.011

Su, F. (2019). Blended Learning Pedagogy in Higher Education. Encyclopedia of Educational Innovation, 1–6. https://doi.org/10.1007/978-981-13-2262-4_19-1

Published
2022-06-10
How to Cite
Nurul Khusnul Khotimah. (2022). Implementasi Metode Pembelajaran Interaktif dan Efektif pada Mata Kuliah Keperawatan: Narative Literatur Review. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(2), 150-155. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.552
Abstract viewed = 500 times
PDF downloaded = 648 times