Pengaruh Model Discovery Learning Melalui Kegiatan Praktikum IPA Terpadu Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model discovery learning melalui kegiatan praktikum IPA terpadu terhadap kemampuan berpikir kritis siswa MTs Hidayatullah Mataram pada kelas VIIIA danVIIIB tahun pelajaran 2021/2022. Jumlah populasi 200 siswa dan sampel 50 siswa, teknik pengambilan sampel dengan menggunakan cluster random sampling. Jenis penelitian adalah quasi eksperimental design dengan pendekatan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yaitu dibagi menjadi 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas ekperimen diajarkan dengan model discovery learning dan pada kelas kontrol diajarkan denag model konvensional. Pengumpulan data menggunakan metode tes dan nontes. Metode non tes yang digunakan adalah observasi, dan dokumentasi dan metode tes berupa soal keterampilan berpikir kritis. Setelah penelitian, data-data yang diperoleh dilakukan uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan uji-t diperoleh ttabel = 2, 056 dan thitung = 3,492, maka diketahui nilai thitung (2, 056) ttabel (3,492) dengan dk yang besarnya dk = n1 + n2 : 2 dengan taraf signifikansinya 5%. Karena thitung lebih besar dari ttabell pada taraf signifikan 5% maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa model discovery learning melalui kegiatan praktikum IPA terpadu berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.
Downloads
References
Adisti Fernandaa, Sri Haryania , Agung Tri Prasetyaa, dan Mahmud Hilmi. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Xi Pada Materi Larutan Penyangga Dengan Model Pembelajaran Predict Observe Explain. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1), 2326 2336. https://doi.org/10.15294/jipk.v13i1.16183
Adriana Agustina Lonny Hamadi, Desy Fajar Priyayi, Susanti Puji Astuti. (2018). Pemahaman Guru Terhadap Keterampilan Proses Sains (KPS) dan Penerapannya Dalam Pembelajaran IPA SMP Di Salatiga. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 6(2), 42-46. https://doi.org/10.23971/eds.v6i2.935
Ali, L. U. (2018). Pengelolaan Pembelajaran IPA Ditinjau Dari Hakikat Sains Pada SMP Di Kabupaten Lombok Timur. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 6(2), 103. https://doi.org/10.33394/j-ps.v6i2.1020.
Alfira Mulya Astuti. (2016). Statistika Penelitian. Mataram: Insan Madani Publishing.
Andayani, S. (2020). Development of Learning Tools Based on Discovery Learning Models Combined with Cognitive Conflict Approaches to Improve Students’ Critical Thinking Ability. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(2), 238–242. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i2.438
Aries Anisa. (2017). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Pembelajaran IPA Berbasis Potensi Lokal Jepara. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(1), 1-11. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i1.8607
Baeti, N. S., Binadja, A., & Susilaningsih, E. (2014). Pembelajaran Berbasis Praktikum Bervisi Sets Untuk Meningkatkan Keterampilan Laboratorium dan Penguasaan Kompetensi. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 1260–1270.
Bahtiar, B. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Dasar Berbasis Model Pembelajaran P3e Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Program Studi Tadris Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 4(2), 176–184. https://doi.org/10.29303/jpft.v4i2.780
Bahtiar, Rahayu, Y. S., & Wasis. (2018). Developing Learning Model P3E to Improve Students’ Critical Thinking Skills of Islamic Senior High School. Journal of Physics: Conference Series, 947, 012067. https://doi.org/10.1088/1742-6596/947/1/012067
Diharjo, F. R., Budijanto, & Utomo, H. D. (2017). Pentingnya Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Dalam Paradigma Pembelajaran Konstruktivistik. Prosiding TEP & PDs Transformasi Pendidikan Abad 21, 4(39), 445–449.
Ekawati, Y., Sunarno, W., & Cari, C. (2018). Pembelajaran Fisika Melalui Discovery Learning Dengan Metode Eksperimen Dan Demonstrasi Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreativitas Siswa Smk Kelas X Pada Materi Sifat Mekanik Bahan. Inkuiri: Jurnal Pendidikan IPA, 6(3), 17. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v6i3.17832.
Eka Supriyati, Octaviana Ika Setyawati, Dwi Yuli Purwanti, Lintang Sirfa Salsabila, Baskoro Adi Prayitno. (2018). Profil Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA Swasta di Sragen pada Materi Sistem Reproduksi. BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi, 11(2), 74-80. http://dx.doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v11i2.21792
Galuh Rahayuni. (2016). Hubungan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Literasi Sains Pada Pembelajaran Ipa Terpadu Dengan Model PBM DAN STM. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 2(2), 131-146. http://dx.doi.org/10.30870/jppi.v2i2.926
Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia (Trends In International Mathematics And Science Study). Prosiding Seminar Nasional & Call ForPapers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi, 1(1), 562–569.
Hadiryanto, S., & Thaib, D. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Konsep Respirasi. EduHumaniora Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 8(1), 55. https://doi.org/10.17509/eh.v8i1.5122
Ika Rahmawati, Arif Hidayat, Sri Rahayu. (2016). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP Pada Materi Gaya dan Penerapannya. Proceding Seminar Nasional, 1(1), 1112-1119. ISBN: 978-602-9286-21-2
I Putu Suardika Putra, I Wayan Lasmawan, & Ni Ketut Suarni. (2021). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas IV SD. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2), 203–213. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i2.290
Istiqamah, N., Doyan, A., & Taufik, M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Dan Inkuiri Terbimbing Berbasis Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Fisika Dan Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 2(1). https://doi.org/10.29303/jppipa.v2i1.30
Lieung, K. W. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Musamus Journal of Primary Education, 073–082. https://doi.org/10.35724/musjpe.v1i2.1465
M. Hamdani, Prayitno, & Karyanto. (2019). The ImproveAbility To Think Critically Through The Experimental Method. Proceeding Biology Education Conference, 16(1), 139–145.
Makmun, D., Surtikanti, K. H., Munandar, A., & Subhar, S. T. (2012). Keterampilan Esensial Dan Kompetensi Motorik Laboratorium Mahasiswa Calon Guru Biologi Dalam Kegiatan Praktikum Ekologi. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2), 141–148. https://doi.org/10.15294/jpii.v1i2.2131
Minawati, Z., Haryani, S., & Pamelasari, D. S. (2014). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Ipa Terpadu Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Tema Sistem Kahidupan Dalam Tumbuhan Untuk SMP Kelas VIII. Unnes Science Education Journal, 3(3), 587–592. http://dx.doi.org/10.15294/USEJ.V3I3.4265
Masani Romauli H M, Ishak. G. Bachtiar, Kadir, Vina Iasha. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Ipa Melalui Pendekatan Keterampilan Proses. Jurnal Basicedu, 4(3), 577- 585. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.401.
Mauliana Wayudi, Suwatno, Budi Santoso. (2020). Kajian analisis keterampilan berpikir kritis siswa sekolah menengah atas. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 5(1), 67-82. https://doi.org/10.17509/jpm.v5i1.25853.
Mega Yati L, dan Nirva Diana. (2018). Keterampilan Proses Sains (KPS) Pada Pelaksanaan Praktikum Fisika Dasar 1. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(1), 49-54. https://doi.org/10.24042/ijsme.v1i1.2474.
Ni Putu Sri Handayani, Ni Ketut Suarni, & Ida Bagus Putu Arnyana. (2021). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kritis Dan Literasi Sains Siswa Kelas V SD. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(1), 12–22. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i1.270
Nisa, M. U. (2017). Metode Praktikum untuk Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa Kelas V MI YPPI 1945 Babat pada Materi Zat Tunggal dan Campuran. Proceeding Biology Education Conference, 14(1), 62–68.
Nurlatifah, Bahtiar, & Kafrawi, M. (2019). Pengaruh Penerapan Pendektan Saintifik Berbasis Eksperimen Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 184–188. https://doi.org/10.24252/jpf.v7i2.10086
Nurmayani, L., Doyan, A., & Verawati, N. N. S. P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 4(1), 98–104. https://doi.org/10.29303/jpft.v4i1.548
Patandung, Y. (2017). Pengaruh model discovery learning terhadap peningkatan motivasi belajar IPA Siswa. Journal of Educational Science and Technology (EST), 3(1), 9. https://doi.org/10.26858/est.v3i1.3508
Pertiwi, U. D., Atanti, R. D., & Ismawati, R. (2018). Pentingnya Literasi Sains Pada Pembelajaran IPA SMP Abad 21. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 1(1), 24–29. https://doi.org/10.31002/nse.v1i1.173
Prani Eka, I. A., Wartono, & Sulur. (2016). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Penguasaan Konsep Fisika Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Interactive Demonstration. Jurnal Riset Pendidikan Fisika, 1(1), 1–4. http://dx.doi.org/10.17977/um058v1i1p1-4
Qurniati, D., Andayani, Y., & -, M. (2015). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 1(2). https://doi.org/10.29303/jppipa.v1i2.20
Rachmantika, R. A., & Wardono. (2019). Peran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Pemecahan Masalah. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2(1), 439–443.
Rahman, D., Adlim, & Mustanir. (2015). Analisis Kendala Dan Alternatif Solusi Terhadap Pelaksanaanpraktikum Kimia Pada Slta Negeri Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 3(2), 1–13.
Rizki, A., Khaldun, I., & Pada, A. U. T. (2021). Development of Discovery Learning Student Worksheets to Improve Students’ Critical Thinking Skills in Chemical Balance Materials. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(4), 707–711. https://doi.org/10.29303/jppipa.v7i4.829
Saputra, Syifa. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati [Preprint]. INA-Rxiv. https://doi.org/10.31227/osf.io/bxj6g
Septikasari, R., & Frasandy, N. R. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, 8(2), 107–117. https://doi.org/10.15548/jta.v8i2.1597
Yuliana Ika, Hestiningtyas YP, Chandra Sundaygara. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari keterampilan argumentasi siswa melalui model Argument Based Science Inquiry (ABSI). Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika, 7(2), 93-100. https://doi.org/10.12928/jrkpf.v7i2.17093.
Yuliati, Y. (2017). Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.592
Copyright (c) 2022 JURNAL PENDIDIKAN MIPA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.