Pemanfaatan Aplikasi Game Edukasi IPA (GEMPA) dalam Pembelajaran IPA Pada Mahasiswa Prodi PGMI
Abstract
Hasil Penelitian ini bertujuan untuk memahami pemanfaatan aplikasi Game Edukasi IPA (Gempa) dalam pembelajaran IPA pada Mahasiswa Program Studi PGMI. Desain penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui sebaran angket. Hasil penelitian didapatkan bahwa: 1) Pengetahuan tentang aplikasi GEMPA sejumlah 92%; 2) tekhnik penggunaan aplikasi GEMPA dalam kegiatan perkuliahan mengalami kemudahan dengan jumlah 85%; 3) kesulitan yang dihadapi dalam proses penggunaan aplikasi GEMPA sejumlah 80%; 4) teknik integrasi aplikasi GEMPA sangat mudah untuk diterapkan dalam kegiatan pembelajaran IPA di Program studi PGMI yakni sejumlah 90%; 5) Presentase kebermanfaatan dalam penggunaan aplikasi GEMPA dalam proses pembelajaran IPA di Program studi PGMI yakni sejumlah 95% dengan tingkat manfaat yakni 76 – 100 %. Dengan demikian, pemanfaatan aplikasi Game Edukasi IPA (Gempa) dapat digunakan dalam mengembangkan materi dari bahan ajar bagi Dosen, Guru, dan Mahasiswa dalam kegiatan proses pembelajaran.
Downloads
References
Afandi, M. (2018). JIP:Jurnal Ilmiah PGMI Volume 4 No 2, Desember 2018 Analisis Kemampuan Mahasiswa dalam Men... Muhammad Afandi. 4(2), 183–196.
Ariani, Z. (2021). EDUKASI PENGELOLAAN SAMPAH PADA ANAK DENGAN POLA PEMBERDAYAAN PARA ORANG TUA DI MASA PANDEMI COVID-19. 6(1), 11–17.
Fauyan, M. (2019). Developing Interactive Multimedia Through Ispring on Indonesian Learning with the Insight Islamic Values in Madrasah Ibtidaiyah. 6, 177–190.
H, R. E. P., & Wulandari, T. A. (2020). PEMANFAATAN APLIKASI ZOOM CLOUD MEETING SEBAGAI MEDIA E-LEARNING DALAM MENCAPAI PEMAHAMAN MAHASISWA. Jurnal Commson, 4.
Hidayat, M. T., Junaidi, T., & Yakob, M. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Tradisi Lisan Aceh. 25(3), 401–410.
Khotimah, K. (n.d.). APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM ( IPA ) DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY ( Studi Kasus : Kelas IV SDN Sukun 2 Malang ). 1–6.
Khotimah, S. H. (2019). Improving Mathematical Literacy Ability of Elementary School Students through A Field Trip Learning. 6, 219–230.
Kürüm, E. Y. (2016). Teaching Speaking Skills. Annals of the University of Oradea: Economic Science, 25(1), 264–273.
Lisnani, G. E. (2020). DALAM PEMBELAJARAN IPA. JIPI (Jurnal IPA Dan Pembelajaran IPA), 4(2), 155–167. https://doi.org/10.24815/jipi.v4i2.16018
Maftukhatul, K., & Sigit, S. (2020). Penerapan Flipped Learning Pada Pembelajaran Daring Efek Pandemi Covid-19 dalam Meningkatkan Motivasi Peserta Didik. UNNES Semarang, 2016.
Naimah, K., & A, M. (2017). Penerapan Metode Genius Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MIN 1 Teladan Palembang. JIP (Jurnal Ilmiah PGMI), 3, 62–75.
Samiha, Y. T. (2017). Interaktif dalam Pembelajaran IPS. JIP (Jurnal Ilmiah PGMI), 3, 89–97.
Samira Al Hosni. (2014). Speaking Difficulties Encountered by Young EFL Learners. English Language Teaching, 2(6), 22–30. https://www.researchgate.net/publication/270340628%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.10.032%0Ahttp://www.sciencepublishinggroup.com/j/her
Setyawan, B. (2019). AUGMENTED REALITY DALAM. 07(01), 78–90.
Sri Wahyuni, Zainur Rasyid Ridho, D. N. R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Materi Tata Surya. 6(2), 99–110. https://doi.org/10.24815/jipi.v6i2.24624
Waseso, H. P., & Fuadi, S. I. (2020). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA WHATSAPP UNTUK MENINGKATKAN SELF. 7(2), 202–212.
Copyright (c) 2022 JURNAL PENDIDIKAN MIPA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.