Pemanfaatan Aplikasi Game Edukasi IPA (GEMPA) dalam Pembelajaran IPA Pada Mahasiswa Prodi PGMI

  • Eko Bayu Gumilar STAI Muhammadiyah Blora
  • Kristina Gita Permatasari STAI Muhammadiyah Blora

Abstract

Hasil Penelitian ini bertujuan untuk memahami pemanfaatan aplikasi Game Edukasi IPA (Gempa) dalam pembelajaran IPA pada Mahasiswa Program Studi PGMI. Desain penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui sebaran angket. Hasil penelitian didapatkan bahwa: 1) Pengetahuan tentang aplikasi GEMPA sejumlah 92%; 2) tekhnik penggunaan aplikasi GEMPA dalam kegiatan perkuliahan mengalami kemudahan dengan jumlah 85%; 3) kesulitan yang dihadapi dalam proses penggunaan aplikasi GEMPA sejumlah 80%; 4) teknik integrasi aplikasi GEMPA sangat mudah untuk diterapkan dalam kegiatan pembelajaran IPA di Program studi PGMI yakni sejumlah 90%; 5) Presentase kebermanfaatan dalam penggunaan aplikasi GEMPA dalam proses pembelajaran IPA di Program studi PGMI yakni sejumlah 95% dengan tingkat manfaat yakni 76 – 100 %. Dengan demikian, pemanfaatan aplikasi Game Edukasi IPA (Gempa) dapat digunakan dalam mengembangkan materi dari bahan ajar bagi Dosen, Guru, dan Mahasiswa dalam kegiatan proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Game Edukasi IPA (GEMPA), Pembelajaran IPA, Mahasiswa PGMI

References

Afandi, M. (2018). JIP:Jurnal Ilmiah PGMI Volume 4 No 2, Desember 2018 Analisis Kemampuan Mahasiswa dalam Men... Muhammad Afandi. 4(2), 183–196.

Ariani, Z. (2021). EDUKASI PENGELOLAAN SAMPAH PADA ANAK DENGAN POLA PEMBERDAYAAN PARA ORANG TUA DI MASA PANDEMI COVID-19. 6(1), 11–17.

Fauyan, M. (2019). Developing Interactive Multimedia Through Ispring on Indonesian Learning with the Insight Islamic Values in Madrasah Ibtidaiyah. 6, 177–190.

H, R. E. P., & Wulandari, T. A. (2020). PEMANFAATAN APLIKASI ZOOM CLOUD MEETING SEBAGAI MEDIA E-LEARNING DALAM MENCAPAI PEMAHAMAN MAHASISWA. Jurnal Commson, 4.

Hidayat, M. T., Junaidi, T., & Yakob, M. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Tradisi Lisan Aceh. 25(3), 401–410.

Khotimah, K. (n.d.). APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM ( IPA ) DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY ( Studi Kasus : Kelas IV SDN Sukun 2 Malang ). 1–6.

Khotimah, S. H. (2019). Improving Mathematical Literacy Ability of Elementary School Students through A Field Trip Learning. 6, 219–230.

Kürüm, E. Y. (2016). Teaching Speaking Skills. Annals of the University of Oradea: Economic Science, 25(1), 264–273.

Lisnani, G. E. (2020). DALAM PEMBELAJARAN IPA. JIPI (Jurnal IPA Dan Pembelajaran IPA), 4(2), 155–167. https://doi.org/10.24815/jipi.v4i2.16018

Maftukhatul, K., & Sigit, S. (2020). Penerapan Flipped Learning Pada Pembelajaran Daring Efek Pandemi Covid-19 dalam Meningkatkan Motivasi Peserta Didik. UNNES Semarang, 2016.

Naimah, K., & A, M. (2017). Penerapan Metode Genius Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MIN 1 Teladan Palembang. JIP (Jurnal Ilmiah PGMI), 3, 62–75.

Samiha, Y. T. (2017). Interaktif dalam Pembelajaran IPS. JIP (Jurnal Ilmiah PGMI), 3, 89–97.

Samira Al Hosni. (2014). Speaking Difficulties Encountered by Young EFL Learners. English Language Teaching, 2(6), 22–30. https://www.researchgate.net/publication/270340628%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.10.032%0Ahttp://www.sciencepublishinggroup.com/j/her

Setyawan, B. (2019). AUGMENTED REALITY DALAM. 07(01), 78–90.

Sri Wahyuni, Zainur Rasyid Ridho, D. N. R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Materi Tata Surya. 6(2), 99–110. https://doi.org/10.24815/jipi.v6i2.24624

Waseso, H. P., & Fuadi, S. I. (2020). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA WHATSAPP UNTUK MENINGKATKAN SELF. 7(2), 202–212.

Published
2022-06-12
How to Cite
Eko Bayu Gumilar, & Kristina Gita Permatasari. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Game Edukasi IPA (GEMPA) dalam Pembelajaran IPA Pada Mahasiswa Prodi PGMI. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(2), 177-184. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.570
Abstract viewed = 492 times
PDF downloaded = 457 times