Pengaruh Siswa Tinggal dipondok atau Pulang Kerumah Terhadap Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA
Abstract
Salah satu lembaga pendidikan non formal yang ada diindonesia sejak sebelum kemerdekaan yakni pesantren. Terdapat dua tipe pondok pesantren diindonesia yaitu pondok pesantren modern dan salaf dimana setiap tipe memiliki karakteristik yang berbeda terhadap minat berlajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh siswa yang tinggal dipondok pesantren atau pulang kermuah terhadap minat belajar siswa mata pelajaran IPA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif, objek penilitian yaitu siswa kelas viii di SMP BUSTANUL MAKMUR genteng banyuwangi. Dihasilkan bahwa variabel bebas (siswa tinggal di pondok atau pulang ke rumah) berpengaruh signifikan sebesar 0, 048 terhadap (variabel terikat) minat belajar siswa pada materi IPA. Berdasarkan hasil tersebut maka perlu adanya perlakukan lebih terhadap siswa yang tinggal dipondok pesantren sehingga minat belajar siswa meningkat.
Downloads
References
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Astuti, R. D. P. (2017). Pondok Pesantren Modern di Perkotaan: Studi Kasus Pondok Pesantren Al – Adzkar Tangerang Selatan. MASYARAKAT: Jurnal Sosiologi, 22(2), 257–279. https://doi.org/10.7454/mjs.v22i2.6873
Catur, A. N., Suhelayanti, Rezeki, N. C. Y., Elfani, J., & Fauzi, K. S. A. (2021). Pembelajaran Sains. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.
Firmansyah, D. (2015). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DANI. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 3(1), 34–44. https://doi.org/10.24114/jtp.v6i2.4996
Kiftiah, M. (2013). Analisis Minat Belajar Santri dalam Kelompok Ilmu Umum di Pondok Pesantren Al-Ansor Padangsidumpuan (p. 55). p. 55. Padangsidimpuan.
Kompri. (2018). Manajemen dan kepemimpinan pondok pesantren. jakarta: PRENADAMEDIA GROUP. Retrieved from https://www.google.co.id/books/edition/Manajemen_Kepemimpinan_Pondok_Pesantren/j6ZeDwAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=pendidikan+pondok+pesantren&printsec=frontcover
Ma`arif, M. A., & Rofiq, M. H. (2018). POLA PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN PESANTREN BERKARAKTER: Studi Pondok Pesantren Nurul Ummah Mojokerto. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 13(1), 1. https://doi.org/10.19105/tjpi.v13i1.1635
Shofiyyah, N. A., Ali, H., & Sastraatmadja, N. (2019). Model Pondok Pesantren di Era Milenial. BELAJEA: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 1. https://doi.org/10.29240/belajea.v4i1.585
Subiantoro. (2021). K.H. Imam Zarkasyi Pemikiran Sang Pelopor Pendidikan Islam Modern. Jakarta: TRUSSMEDIA GRAFIKA.
Sujana, A. (2014). Dasar-dasar IPA; Konsep dan Aplikasinya. Bandung: UPI PRESS.
Thohir, K. (2020). Model Pendidikan Pesantren Salafi. Surabaya: SCOPINDO.
Toha, K. (2020). MODEL PENDIDIKAN PESANTREN SALAFI. surabaya: SCOPINDO.
Copyright (c) 2022 JURNAL PENDIDIKAN MIPA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.