Pengaruh Siswa Tinggal dipondok atau Pulang Kerumah Terhadap Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA

  • Jamalludin Jamalludin Universitas Jember
  • Sudarti Sudarti Universitas Jember
  • Rif’ati Dina Handayani Universitas Jember

Abstract

Salah satu lembaga pendidikan non formal yang ada diindonesia sejak sebelum kemerdekaan yakni pesantren. Terdapat dua tipe pondok pesantren diindonesia yaitu pondok pesantren modern dan salaf dimana setiap tipe memiliki karakteristik yang berbeda terhadap minat berlajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh siswa yang tinggal dipondok pesantren atau pulang kermuah terhadap minat belajar siswa mata pelajaran IPA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif, objek penilitian yaitu siswa kelas viii di SMP BUSTANUL MAKMUR genteng banyuwangi.  Dihasilkan bahwa variabel bebas (siswa tinggal di pondok atau pulang ke rumah) berpengaruh signifikan sebesar 0, 048 terhadap (variabel terikat) minat belajar siswa pada materi IPA. Berdasarkan hasil tersebut maka perlu adanya perlakukan lebih terhadap siswa yang tinggal dipondok pesantren sehingga minat belajar siswa meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: pondok pesantren, minat belajar, pendidikan non formal

References

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Astuti, R. D. P. (2017). Pondok Pesantren Modern di Perkotaan: Studi Kasus Pondok Pesantren Al – Adzkar Tangerang Selatan. MASYARAKAT: Jurnal Sosiologi, 22(2), 257–279. https://doi.org/10.7454/mjs.v22i2.6873

Catur, A. N., Suhelayanti, Rezeki, N. C. Y., Elfani, J., & Fauzi, K. S. A. (2021). Pembelajaran Sains. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.

Firmansyah, D. (2015). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DANI. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 3(1), 34–44. https://doi.org/10.24114/jtp.v6i2.4996

Kiftiah, M. (2013). Analisis Minat Belajar Santri dalam Kelompok Ilmu Umum di Pondok Pesantren Al-Ansor Padangsidumpuan (p. 55). p. 55. Padangsidimpuan.

Kompri. (2018). Manajemen dan kepemimpinan pondok pesantren. jakarta: PRENADAMEDIA GROUP. Retrieved from https://www.google.co.id/books/edition/Manajemen_Kepemimpinan_Pondok_Pesantren/j6ZeDwAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=pendidikan+pondok+pesantren&printsec=frontcover

Ma`arif, M. A., & Rofiq, M. H. (2018). POLA PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN PESANTREN BERKARAKTER: Studi Pondok Pesantren Nurul Ummah Mojokerto. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 13(1), 1. https://doi.org/10.19105/tjpi.v13i1.1635

Shofiyyah, N. A., Ali, H., & Sastraatmadja, N. (2019). Model Pondok Pesantren di Era Milenial. BELAJEA: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 1. https://doi.org/10.29240/belajea.v4i1.585

Subiantoro. (2021). K.H. Imam Zarkasyi Pemikiran Sang Pelopor Pendidikan Islam Modern. Jakarta: TRUSSMEDIA GRAFIKA.

Sujana, A. (2014). Dasar-dasar IPA; Konsep dan Aplikasinya. Bandung: UPI PRESS.

Thohir, K. (2020). Model Pendidikan Pesantren Salafi. Surabaya: SCOPINDO.

Toha, K. (2020). MODEL PENDIDIKAN PESANTREN SALAFI. surabaya: SCOPINDO.

Published
2022-06-17
How to Cite
Jamalludin, J., Sudarti, S., & Rif’ati Dina Handayani. (2022). Pengaruh Siswa Tinggal dipondok atau Pulang Kerumah Terhadap Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(2), 245-248. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.574
Abstract viewed = 308 times
PDF downloaded = 197 times