Analisis Korelasi Kemampuan Berpikir Kreatif dengan Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran IPA
Abstract
Pada abad ke 21 menuntut seseorang untuk selalu kreatif dalam membuat suatu inovasi yang baru, menemukan suatu prinsip, mampu bekerja sama dan memecahkan masalah. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis hubungan antara kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas VIII di MTsN 4 Ponorogo pada materi tekanan zat dengan implementasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen. Sampel pada penelitian merupakan peserta didik kelas VIII A dengan jumlah 22 peserta didik. Data dianalisis dengan menggunakan uji korelasi Spearman berbantuan aplikasi SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan berpikir kreatif dengan diterapkannya model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang mana 0,000 < 0,05 dan koefisien korelasi sebesar 0,719 sehingga menunjukkan adanya arah hubungan yang positif dan kuat.
Downloads
References
Anila, R. B., Masruri, R., Irawati, F., Primandiri, P. R., & Santoso, A. M. (2015). Penerapan Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar, Keterampilan Inkuiri, dan Keterampilan Argumentasi Ilmiah Siswa SMPN Kediri Pada Materi Perubahan dan Pencemaran Lingkungan. Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi UNS 2015, 446–449.
Awalin, N. A., & Ismono. (2021). The Implementation of Problem Based Learning Model With STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) Approach to Train Students’ Science Process Skills of XI Graders on Chemical Equilibrium Topic. INSECTA Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 2(1), 1–14.
Chiang, C. L., & Lee, H. (2016). The Effect of Project-Based Learning on Learning Motivation and Problem-Solving Ability of Vocational High School Students. International Journal of Information and Education Technology, 6(9), 709–712. https://doi.org/10.7763/ijiet.2016.v6.779
De Caroli, M. E., & Sagone, E. (2012). Creative Thinking and Big Five Factors of Personality Measured in Italian School Children. Faculty of Educational Science University of Catania Italy.
EPRILIAN, DIANTY. Sudirman, A. Sofiani, S. R. (2015). PENERAPAN MODEL TREFFINGER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA. PGSD UPP Metro FKIP UNILA Jln. Budi Utomo No. 4 Metro Selatan, Kota Metro Selatan, Kota Metro.
Firdaus, H. M., Widodo, A., & Rochintaniawati, D. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif dan Proses Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP pada Pembelajaran Biologi. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 1(1), 21–28. https://doi.org/10.17509/aijbe.v1i1.11452
Fitriyati, I., Hidayat, A., & Munzil. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Penalaran Ilmiah Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pembelajaran Sains, 1(1), 27–34. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&ved=2ahUKEwiux_Kfjb3tAhUljOYKHbDWBf8QFjACegQIBBAC&url=http%3A%2F%2Fjournal2.um.ac.id%2Findex.php%2Fjpsi%2Farticle%2Fdownload%2F651%2F791&usg=AOvVaw1V25vKd1_OePG5O57YnqiH
Ilmiah, M., & Ichsan, M. (2014). STRATEGI PEMBELAJARAN FIQH DENGAN PROBLEM-BASED LEARNING. Jurnal Ilmiah Didaktika, 14(2), 238–259.
Khoiriyah, A. J., & Husamah, H. (2018). Problem-based learning: Creative thinking skills, problem-solving skills, and learning outcome of seventh grade students. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 4(2), 151–160. https://doi.org/10.22219/jpbi.v4i2.5804
Maula, M. M., Prihatin, J., & Fikri, K. (2014). Pengaruh Model PjBL ( Project-Based Learning ) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pengelolaan Lingkungan. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 1(2), 1–6.
Mayarni, M., & Yulianti, Y. (2020). Hubungan antara Kemampuan Berpikir Kritis dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Ekologi. PENDIPA Journal of Science Education, 4(3), 39–45. https://doi.org/10.33369/pendipa.4.3.39-45
Nuzliah. (2015). KONTRIBUSI MOTIVASI BELAJAR, KREATIVITAS TERHADAP PROBLEM SOLVING (PEMECAHAN MASALAH) SISWA DALAM BELAJAR SERTA IMPLIKASI TERHADAP BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMPN 29 PADANG. Jurnal Edukasi, 1(2), 157–174.
Putri, A. T., Idrus, I., & Yennita, Y. (2017). Analisis Korelasi Sikap Ilmiah Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Melalui Model Pbl. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.1-9
Santrock, J. . (2011). Educational Psychology 5th Edition. McGraw-Hill Companies, Inc.
Sarira, P. M., Priyayi, D. F., & Astuti, S. P. (2019). Hubungan Argumentasi Ilmiah Dan Hasil Belajar Kognitif Pada Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl). Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 7(2), 1–10. https://doi.org/10.23971/eds.v7i2.1258
Shofiyah, N. (2015). Deskripsi Literasi Sains Awal Mahasiswa Pendidikan IPA Pada Konsep IPA. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(2), 113. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i2.13
Teti Rohaeti, I. (2013). Penerapan Model Treffinger Pada Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif siswa SMP. Universitas Pendidikan Indonesia, repository, 1–10.
Tilaar, H. A. R. (2010). Paradigma Baru Pendidikan Nasional. PT. Rineka Cipta.
Yazar Soyadı, B. B. (2015). Creative and Critical Thinking Skills in Problem-based Learning Environments. Journal of Gifted Education and Creativity, 2(2), 71–71. https://doi.org/10.18200/jgedc.2015214253.
Copyright (c) 2022 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.