Penerapan Metaphorical Thinking untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis dan Habits of Mind Siswa SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengkaji masalah pencapaian dan peningkatan kemampuan representasi matematis dan habits of mind antara siswa yang menggunakan pendekatan metaphorical thinking dengan pembelajaran biasa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 1 Tanjungpinang. Sampelnya 36 siswa kelas VII.7 sebagai kelompok eksperimen dan 36 siswa kelas VII.5 sebagai kelompok kontrol. Analisis data menggunakan uji t, Mann-Whitney dan Anova dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan pencapaian dan peningkatan kemampuan representasi matematis antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Untuk habits of mind siswa diperoleh bahwa tidak terdapat perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.
Downloads
References
Afrilianto, M. (2012). Peningkatan Pemahaman Konsep dan Kompetensi Strategis Matematis Siswa SMP dengan Pendekatan Metaphorical Thinking. Infinity Journal, 1(2), 192–202.
Anastasiadou, S., & Gagatsis, A. (2007). Exploring the effects of representations on the learning of statistics in Greek primary school. In Proc. Cerme, 5.
Carreira, S. (2001). Where there’s a model, there’s a metaphor: Metaphorical thinking in students’ understanding of a mathematical model. Mathematical Thinking and Learning, 3(4), 261–287.
Costa, A. L., & Kallick, B. (2012). Belajar dan Memimpin dengan ‘Kebiasaan Pikiran’16 Karakteristik Penting untuk Sukses. Jakarta: PT. Indeks.
HDR. (2009). Human Development Report. http://hdr.undp.org/en/statistics
Hendriana, H. (2012). Pembelajaran matematika humanis dengan metaphorical thinking untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Infinity Journal, 1(1), 90–103.
Kartini, K. (2009). Peranan representasi dalam pembelajaran matematika. In Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika.
Lai, M. Y. . (2013). Constructing meanings of mathematical registers using metaphorical reasoning and models. Mathematics Teacher Education and Development, 15(1), 29–47.
Lim, K., & Selden, A. (2009). Mathematic habits of Mind. Proceeding of the 31st Annual Meeting of the North American Chapter of the International Group for the Psychology of Mathematics Education., 5, 1576–1583.
Mubarak, H., Harun, M. Y., & Yassir, Y. (2019). Penerapan Pendekatan Metaphorical Thinking Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa VIII MTsN 1 Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 3(2), 54–60.
Mukhtar. (2013). Peningkatan Kemampuan Abstraksi dan Generalisasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Metaphorical Thinking. SPs UPI Bandung.
Muslim, A. P. (2013). Peningkatan Kemampuan Representasi dan Disposisi Matematis Siswa SMP Melalui Penerapan Thinking Aloud Pair Problem Solving Disertai Hypnoteaching (HYPNO-TAPPS). Sps UPI Bandung.
National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and Standards of Mathematics Education. http://www.nctm.org
Nuryanto, S. A. (2011). Keefektifan Model Pembelajaran Discovery Learning dan Pembelajaran Kontekstual Dengan Berbantuan Media Power Point Serta Lembar Kerja Siswa Terhadap Prestasi Belajar Materi Pokok Kesebangunan dan Kekongruenan pada Siswa Kelas IX Semester 1 SMP Pondok Mode. IKIP PGRI Semarang.
Roesdiana, L. (2016). Pembelajaran dengan pendekatan metaphorical thinking untuk mengembangkan kemampuan komunikasi dan penalaran matematis siswa. Judika (Jurnal Pendidikan Unsika), 4(2).
Ruseffendi, H. E. T. (2010). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung : Tarsito.
Safitri, P. T. (2013). Pembelajaran Quick On The Draw Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis dan Habits Of Mind Siswa Sekolah Menengah Pertama: Studi Kuasi Eksperimen pada Siswa SMP di Kota Tangerang. SPs UPI Bandung.
Sutawidjaja, A., & Afgani, J. (2011). Pembelajaran matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.
TIMSS. (2011). Trends in International Mathematics and Science Study. http://timss.org/en/statistics
Wahyudin. (2008). Pembelajaran dan Model-Model Pembelajaran (Pelengkap untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogis Para Guru dan Calon Guru Profesional). Bandung.
Copyright (c) 2022 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.