Penggunaan Multimedia Interaktif dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Kimia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penggunaan multimedia interaktif dalam meningkatkan minat belajar siswa. Siswa yang memiliki minat belajar memiliki kemauan untuk mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik. Akan tetapi, hasil observasi menunjukkan bahwa minat belajar online siswa tergolong rendah. Minat belajar siswa distimulasi dengan penggunaan multimedia interaktif yakni media berbasis sumulasi website dan video interaktif yang dikembangkan oleh peneliti. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif menggunakan sumber triangulasi data dan teori pendukung. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, tes esai berupa pre-test dan post-test untuk mengukur pemahaman konsep, refleksi mengajar dan umpan balik mentor. Data yang didapatkan dilakukan uji n-gain dengan nilai rata-rata pre-test yaitu 81,18 dan postest yaitu 96,41. Artinya pemahaman konsep siswa mengalami peningkatan 15% setelah menggunakan multimedia interaktif. Nilai n-gain yang didapatkan adalah 0,8 berada dalam kategori tinggi. Indikator lain adalah ketertarikan dan perhatian yang ditunjukkan dengan antusiasme dan keterlibatan peserta didik secara personal dalam pembelajaran. Ketercapaian indikator tersebut menggambarkan bahwa penggunaan multimedia interaktif efektif meningkatkan minat belajar online siswa. Pembelajaran berbasis multimedia interaktif menyajikan materi yang menarik melalui tampilan visualisasi gambar, animasi, audio, video dan mengakomodasi respons peserta didik. Disarankan untuk mengembangkan multimedia interaktif dalam bentuk offline, agar siswa tetap bisa menikmati pembelajaran apabila mengalami kendala jaringan.
Downloads
References
Alam, Y. (2018). Dampak minat belajar terhadap prestasi belajar siswa pada SMK PGRI 1 Palembang. MOTIVASI: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(2), 537–591. Retrieved from https://jurnal.um-palembang.ac.id/motivasi/article/view/2078
Anggraini, N. (2017). Simulasi pembelajaran interaktif pada praktikum embedded system berbasis web. Jurnal Multinetics, 3(1), 7. https://doi.org/10.32722/vol3.no1.2017.pp7-14
Arif, M., Sumastuti, E., & Nugraha, A. E. P. (2019). Perbandingan media pembelajaran PPT dengan game e-learning kahoot dalam partisipasi siswa pada pembelajaran ekonomi di kelas XI IPS SMA 1 negeri Bae Kudus 2019. Seminar Nasional Keindonesiaan (FPIPSKR), 150–157. Retrieved from http://conference.upgris.ac.id/index.php/snk/article/view/493
Besare, S. (2020). Hubungan minat dengan aktivitas belajar siswa. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran), 7(1), 18–25. https://doi.org/10.17977/um031v7i12020p018
Darwis, N. A., Ali, S., & Helmi, H. (2020). Kemampuan berpikir kritis ditinjau dari minat belajar fisika, kepercayaan diri, dan kecerdasan emosional peserta didik. Prosiding Seminar Nasional Fisika PPs UNM, 2, 120–123. Retrieved from https://ojs.unm.ac.id/semnasfisika/article/view/14369/8852
Erickson, M. J. (2013). Christian theology. United States of America: Baker Academic.
Habib, A., Astra, I. M., & Utomo, E. (2020). Media pembelajaran abad 21: kebutuhan multimedia interaktif bagi guru dan siswa sekolah dasar. JARTIKA : Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(1), 25–35. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i1.20
Hussain, M., Zhu, W., Zhang, W., & Abidi, S. M. R. (2018). Student engagement predictions in an e-learning system and their impact on student course assessment scores. Computational Intelligence and Neuroscience, 2018. https://doi.org/10.1155/2018/6347186
Irawan, A., Sihkabuden, & Sulthoni. (2017). Pemanfaatan video pembelajaran biologi pembuatan tempe dan yoghrut. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, 3(2), 105–109. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/article/view/2375
Juwairiah, J. (2013). Alat peraga dan media pembelajaran kimia. Visipena, 4(1), 1-13.
Khotimah, H., Supena, A., & Hidayat, N. (2019). Meningkatkan attensi belajar siswa kelas awal melalui media visual. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 17–28. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.22657
Lase, E. K., & Purba, F. J. (2020). Upaya meningkatkan hasil belajar kognitif kimia siswa dengan menggunakan metode latihan (drill). SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.30998/sap.v5i1.6501
Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264
Otoo, D., Iddrisu, W. A., Kessie, J. A., & Larbi, E. (2018). Structural model of students’ interest and self-motivation to learning mathematics. Education Research International, 2018. https://doi.org/10.1155/2018/9417109
Rahim, R., Gumelar, G. R., Ritonga, N. C. M. W., Musyadad, V. F., Purba, D. K. S., Sitompul, L. R., & Haris, A. (2021). Pendekatan pembelajaran guru. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Rahmawati, T. F. (2021). Pembelajaran untuk menjaga ketertarikan siswa di masa pandemi. Yogyakarta: UAD Press.
Rijal, S., & Bachtiar, S. (2015). Hubungan antara sikap, kemandirian belajar, dan gaya belajar dengan hasil belajar kognitif siswa. Jurnal Bioedukatika, 3(2), 15. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v3i2.4149
Rikawati, K., & Sitinjak, D. (2020). Peningkatan keaktifan belajar siswa dengan penggunaan metode ceramah interaktif. Journal of Educational Chemistry (JEC), 2(2), 40. https://doi.org/10.21580/jec.2020.2.2.6059
Rosalina, L., & Junaidi, J. (2020). Hubungan minat belajar dengan hasil belajar pada pembelajaran sosiologi pada kelas XII IPS di SMAN 5 Padang. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(3), 175–181. https://doi.org/10.24036/sikola.v1i3.24
Rozikin, S., Amir, H., & Rohiat, S. (2018). Hubungan minat belajar siswa dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran kimia di SMA negeri 1 Tebat Karai dan SMA negeri 1 Kabupaten Kepahiang. Alotrop: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Kimia, 2(1), 78–81. https://doi.org/10.33369/atp.v2i1.4740
Simanjuntak, J. (2017). Ilmu belajar dan didaktika pendidikan Kristen. Yogyakarta: Andi Offset.
Sinaga, K. (2022). Mental models in chemistry: Prospective chemistry teachers’ mental models of chemical equilibrium. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 11(2), 113–129. https://doi.org/10.26740/jpps.v11n2.p113-129
Supardi, S. U. S., Leonard, L., Suhendri, H., & Rismurdiyati, R. (2015). Pengaruh media pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(1), 71–81. https://doi.org/10.30998/formatif.v2i1.86
Sutisno, A. N. (2019). Telaah filsafat pendidikan. Yogyakarta: K-Media.
Sutrisno. (2021). Meningkatkan minat dan hasil beajar TIK materi topologi jaringan dengan media pembelajaran. Malang: Ahlimedia Press.
Tambunan, S. J., Sitinjak, D. S., & Tamba, K. P. (2019). Pendekatan matematika realistik untuk membangun kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas XI ips pada materi peluang [Realistic mathematics education in building the mathematics problem-solving abilities of grade 11 social science track students s. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 2(2), 119. https://doi.org/10.19166/johme.v2i2.1691
Tung, K. Y. (2013). Filsafat pendidikan Kristen. Yogyakarta: Andi Offset.
Copyright (c) 2022 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.