Pengembangan Video Penunjang Praktikum Berbasis Problem Based Learning pada Materi Radiasi Termal dan Difraksi LASER
Abstract
Radiasi termal dan difraksi laser tak jarang dipandang mahasiswa sebagai materi yang sulit untuk dipahami karena materinya yang bersifat abstrak, sehingga perlu sebuah metode pembelajaran yakni dengan melakukan praktikum agar mahasiswa dapat mempelajari materi secara real. Untuk melakukan praktikum dibutuhkan media pembelajaran berupa video penunjang praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan video penunjang praktikum dan mengetahui respon mahasiswa terhadap video penunjang praktikum yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model penelitian four-D (4D) yang meliputi tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design) dan tahap pengembangan (development), dan tahap penyebaran (disseminate). Video penunjang praktikum divalidasi oleh dua validator ahli yang merupakan dosen Pendidikan Fisika Universitas Jambi, diperoleh hasil validasi dalam kategori sangat layak dengan skor untuk validasi media yaitu 92,5% sedangkan untuk validasi materi memperoleh skor 100%. Untuk respon mahasiswa terhadap video penunjang praktikum pada uji coba terbatas berada dalam kategori sangat layak dengan skor 82,87%.
Downloads
References
Alatas, F., & Solehat, D. (2022). Pengembangan Media Audiovisual Praktikum Fisika Dasar Berbasis I-SETS (Islamic-Science, Environment, Tecnology, Society) sebagai Solusi Praktikum saat New Normal. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 13(1), 103-117.
Ariyati, E. (2010). Pembelajaran berbasis praktikum untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Matematika dan IPA, 1(2), 2-5.
Astro, R. B., Doa, H., & Meke, K. D. P. (2021). Pengembangan petunjuk praktikum gaya gesek di bidang miring berbasis video tracking untuk meningkatkan minat mahasiswa. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(2), 335-342.
Azizah. (2015). Myxoedema ascites. Postgraduate Medical Journal, 53(620), 343–344. https://doi.org/10.1136/pgmj.53.620.343
Fauzia. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas II SDN Wonorejo 01. Glosains: Jurnal Sains Global Indonesia, 2(2), 49–59. https://doi.org/10.36418/glosains.v2i2.21
Fitriyah, D. (2021). Pengembangan Video Tutorial Praktikum Kimia Umum Berbasis Kehidupan Sehari-Hari Di Masa Covid-19. TANJAK: Journal of Education and Teaching, 2(1), 63–69. https://doi.org/10.35961/tanjak.v2i1.241
Hasan, S. H., & Larumbia, L. (2021). Kelayakan Media Pembelajaran Praktikum Fisika Teknik Menggunakan Video Tutorial. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 5(2), 271–277. https://doi.org/10.29408/edumatic.v5i2.4139
Mustamiroh, M., & Ramadhayanti, F. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Software Wondershare Filmora Pada Mata Pelajaran Ipa Di Sd. Jurnal Pendidikan Mipa, 11(2), 186–192. https://doi.org/10.37630/jpm.v11i2.514
Nida, H. H. (2020). Penerapan Model Poe2we Dalam Pembuatan Video Pembelajaran Fisika Dengan Bantuan Aplikasi Filmora Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Kognitif Dan Psikomotor Siswa.
Nurpavitra, D., & Sudjanarti, D. (2019). Pembuatan Iklan Video Di Sosial Media Menggunakan Aplikasi Wondershare Filmora Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Toki Food Malang. JAB : Jurnal Aplikasi Bisnis, 5(1), 2–5.
Solikin, I., & Amalia, R. (2019). Materi digital berbasis web mobile menggunakan Model 4D. Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi, 8(3), 321-328
Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Untuk Penelitian Yang Bersifat: Eksploratif, Enterpretif, Interaktif Dan Konstruktif. Alfabeta. Bandung.
Subamia, I. D. P., Wahyuni, I. G. A. N. S., & Widiasih, N. N. (2014). Pengembangan Perangkat Penunjang Praktikum IPA SMP Berorientasi Lingkungan. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 47(1), 29–39. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPP/article/view/4954
Warsita, Bambang. (2013). Kreativitas dalam Pengembangan Media Video/Televisi Pembelajaran. Jurnal Teknodik, 13 (2): 85-99.
Yusuf, A. Z. A., Faelasofi, R., & Rahayu, S. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Wondershare Filmora Pada Pembelajaran Matematika. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(2), 615. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i2.8232
Copyright (c) 2022 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.